Terapi Mata Minus – Mata minus yang juga dikenal sebagai rabun jauh, merupakan kesalahan refraksi mata yang paling umum pada anak-anak dan orang dewasa. Bahkan, orang yang mengalami mata minus saat ini terus mengalami peningkatan. Tidak sedikit orang yang mengalami rabun jauh baik anak-anak maupun orang dewasa. Penderita rabun jauh umumnya tidak bisa mengidentifikasi suatu objek di kejauhan dengan benar. Sehingga, kemampuan visual mengolah objek jarak jauh nampak buram. Penting sekali untuk melakukan terapi mata minus untuk mengembalikan ketajaman visual anda.

Bagaimana Mata Minus dan Apakah Bisa Diobati?

Mata minus atau rabun jauh adalah kelainan refraksi yang memungkinkan individu untuk melihat objek dari dekat, sedangkan objek yang jauh tampak buram dan tidak fokus.  Salah satu penyebab untuk kesalahan fokus ini adalah bentuk mata. Saat mata berkembang dan tumbuh, mata bisa memanjang atau permukaan bola mata menjadi melengkung. Akibatnya, sinar cahaya fokus pada titik yang berada di depan retina, bukan langsung pada permukaan retina. Sehingga mempengaruhi kemampuan fokus mata untuk objek yang jauh, dan menghasilkan visual yang buram.

Meskipun diklasifikasikan sebagai kondisi progresif, tahap pertumbuhan mata biasanya selesai pada awal masa dewasa. Hal ini berarti bahwa bentuk alami mata sudah terbentuk, dan penting menjaga agar mata tidak menjadi lebih melengkung atau memanjang seiring waktu. Berapapun derajat mata minus yang dimiliki seseorang pada masa dewasa awal harus tetap relatif stabil, dan perubahan dalam penglihatan jarak jauh umumnya tidak berlanjut. Namun, mata minus terkadang juga dapat memburuk di masa dewasa karena berbagai faktor, seperti:

  • Sering bekerja dengan visual yang terlalu fokus pada objek dekat, seperti membaca dan lainnya.
  • Cedera otak traumatis atau trauma mata.
  • Kondisi kesehatan seperti diabetes.

Perawatan dan strategi manajemen dapat membantu memulihkan penglihatan jarak jauh. Keberhasilan strategi ini sangat tergantung pada apakah pasien adalah orang dewasa atau anak-anak. Keberhasilan juga dapat dipengaruhi oleh tingkat derajat mata minus yang dialami. Penting melakukan pemeriksaan mata, agar bisa mencegah kondisi rabun jauh memburuk sejak dini.

Baca Juga: Perlunya Vision Therapy Untuk Rehabilitasi Penglihatan Penderita Glaukoma

Manajemen dan Perawatan Mata Minus

Ada beberapa metode dan kontrol mata minus yang terbukti berhasil. Untuk orang dewasa yang matanya telah sepenuhnya matang, ada beberapa pilihan untuk kontrol mata minus. Salah satunya dengan operasi refraktif, atau yang disebut operasi mata lasik. Prosedur ini digunakan untuk membentuk kembali jaringan kornea mata dan memperbaiki kesalahan refraksi. Namun, operasi mata lasik ini tidak dianjurkan untuk anak-anak. Kemudian manajemen dengan lensa resep, yakni dengan kacamata korektif dan lensa kontak. Ini bertujuan untuk mengoreksi mata minus dengan mengubah fokus cahaya mengenai retina, mengubah gambar yang sebelumnya buram menjadi jelas. Lensa resep membengkokkan cahaya, memungkinkannya untuk fokus dengan benar pada titik fokus retina.

Mata minus atau rabun jauh pada anak-anak sedikit berbeda dengan kondisi mata minus pada orang dewasa. Karena pada anak-anak, mata dalam keadaan pertumbuhan yang aktif. Dan perkembangan derajat mata minus bisa semakin bertambah hingga proses pertumbuhan mata anak berhenti. Seorang anak yang menderita mata minus dan tidak segera ditangani dengan tepat sejak dini. Dapat memunculkan risiko masalah penglihatan di kemudian hari. Sangat penting untuk memperlambat perkembangan rabun jauh yang terjadi pada anak-anak.

Tetes Mata Atropin telah terbukti secara signifikan dapat memperlambat perkembangan rabun jauh yang terjadi pada anak-anak. Kemudian, penggunaan kacamata multifokal dan lensa kontak. Dimana keduanya dapat membantu anak memiliki ketajaman visual yang terfokus dengan baik. Selain itu, anak-anak perlu untuk dapat mengakses cahaya alami dengan melakukan aktivitas di luar ruangan. Karena anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar (sampai 14 jam seminggu atau lebih) memiliki lebih sedikit derajat mata minus.

Terapi Mata Minus Dengan Orthokeratology

Orthokeratology atau yang juga dikenal sebagai ortho-k, menggunakan lensa kontak permeabel gas yang dirancang khusus. Lensa ini ditujukan untuk membentuk kembali bola mata saat Anda tidur. Di pagi hari, lensa dilepas dan Anda memiliki penglihatan yang jelas tanpa menggunakan lensa kontak atau kacamata. Salah satu keunggulan yang dihadirkan ortho-k yaitu dapat memperlambat perkembangan kondisi rabun jauh yang terjadi pada anak-anak.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.