Orthokeratology – Orthokeratology atau lensa malam adalah metode koreksi penglihatan siang hari melalui pemakaian lensa ortho-k pada malam hari yang memperbaiki lengkungan kornea. Lensa ortho-k memungkinkan modifikasi kelengkungan abnormal yang terjadi pada kornea. Metode ini digunakan pada malam hari, sehingga mengkompensasi penglihatan yang lebih jelas pada siang hari. Lensa orthokeratology menjadi solusi untuk memperbaiki kelainan refraksi yang berakibat pada terganggunya penglihatan seseorang. Metode ini menjadi cara yang cukup efektif dalam menghambat perkembangan miopia.

Apa itu Orthokeratology?

Orthokeratology merupakan metode pembentukan kembali kornea terdiri dari mengoreksi cacat penglihatan dengan lensa khusus. Lensa orthokeratology digunakan pada malam hari dan melihat dengan jelas tanpa memakai kacamata atau lensa kontak pada siang hari. Orthokeratology adalah teknik yang digunakan untuk memperbaiki dan memperlambat perkembangan miopia dengan memodifikasi kelengkungan kornea. Modifikasi ini dilakukan dengan memakai lensa kaku permeable gas ortho-k pada malam hari. Teknik ini, didedikasikan untuk miopia, serta bisa memperbaiki astigmatisme dan hiperopia.

Orthokeratology adalah teknik reversibel dan non-invasif di mana pemakaian lensa kaku permeable gas digunakan pada malam hari. Penggunaan lensa ini bertujuan untuk mengkompensasi cacat optik dan mendapatkan penglihatan yang jelas tanpa alat bantu optik pada siang hari. Metode orthokeratology memungkinkan adanya koreksi miopia, bahkan menghentikan perkembangannya. Lensa memiliki radius kelengkungan yang disesuaikan dengan bentuk kornea, sehingga penataan ulang epitel kornea bisa berjalan dengan baik. Proses ini akan berjalan secara bertahap hingga anda dapat melihat sepanjang hari tanpa menambahkan koreksi.

Bagaimana Cara Kerja Orthokeratology?

Lensa kaku permeable gas yang dibuat khusus akan dikenakan pada malam hari. Bentuk lensa akan disesuaikan dengan geometri kornea sebelum digunakan di malam hari. Hal ini akan memungkinkan proses perataan kelengkungan kornea yang lebih signifikan untuk mencapai bentuk yang normal. Saat lensa dilepas, kornea akan mempertahankan kelengkungan yang diperlukan untuk mengkompensasi miopia selama 12 hingga 24 jam. Efeknya tidak langsung, seringkali perlu memakai lensa 2 hingga 4 malam penuh sebelum mendapatkan efek akhir. Pada siang hari, kornea secara bertahap mendapatkan kembali bentuk awalnya, sehingga proses pembiasan cahaya bisa dilakukan dengan tepat.

Baca Juga: Dapatkan Penglihatan yang Jelas dengan Ortho-K!

Orthokeratology saat ini adalah satu-satunya cara non-bedah untuk mencapai penglihatan yang baik di siang hari tanpa harus memakai peralatan optik. Prinsip orthokeratology cukup sederhana, dimana anda bisa mengenakan lensa ini pada malam hari yang akan mengubah lengkungan kornea. Lensa orthokeratology juga akan memperbaiki kesalahan bias sehingga memperoleh penglihatan yang jelas tanpa kacamata atau lensa keesokan harinya. Lensa orthokeratology dibuat dengan mengukur topologi kornea mata , begitu dipakai, lensa akan menekan kornea dengan demikian memungkinkan untuk direnovasi.

Untuk Siapa Ortokeratologi Diindikasikan?

Orthokeratology dapat diindikasikan kepada anak-anak dari usia 5 atau 6 tahun untuk memperlambat perkembangan miopi. Pada orang dewasa, ortho-k untuk memperbaiki miopia dengan memodifikasi kelengkungan kornea dengan memakai lensa keras di malam hari. Lensa orthokeratology bisa digunakan pada:

  • Miopia (+/- astigmatisme sedang) progresif pada anak usia 7-8 tahun
  • Pasien dikecualikan dari operasi refraktif, dimana miopia tidak stabil, kornea terlalu tipis
  • Semua pasien yang ingin tidak lagi memakai koreksi optik di siang hari

Atlet dan orang yang bekerja di lingkungan yang sulit untuk memakai kacamata atau lensa kontak juga dapat menggunakan orthokeratology. Lensa malam atau orthokeratology adalah metode perawatan kesehatan mata yang memerlukan resep medis dan pemantauan secara rutin. Sebelum anda memulai untuk metode ini, anda harus mengikuti serangkaian pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter ahli mata yang berpengalaman dan berkualifikasi.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.