Ortho-K – Perubahan gaya hidup saat ini dan kemajuan teknologi menyebabkan tingkat mata minus tumbuh pada tingkat yang mengkhawatirkan di kalangan anak muda. Saat ini, diperkirakan sekitar 30% anak muda mengalami mata minus atau dikenal juga dengan rabun jauh. Banyak orang yang menatap perangkat digital mulai dari smartphone, komputer dan lainnya dengan waktu yang lama. Sehingga mata menjadi lelah dan berakibat pada risiko mata minus. Ortho-k hadir sebagai alternatif yang dapat mengontrol mata minus.

Mengapa Kontrol Mata Minus Begitu Penting?

Rabun jauh atau mata minus telah menjadi salah satu gangguan penglihatan yang paling umum terjadi dan mengkhawatirkan. Ini karena mata minus bisa terus meningkat jika tidak mendapat penanganan yang tepat. Penting sekali melakukan diagnosis mata minus sejak dini untuk mencegah peningkatan risiko yang bisa mengembangkan kondisi yang bisa mengancam penglihatan. Selain itu, ketika seorang anak mengalami rabun, kecenderungan umum yang terjadi adalah tingkat rabun jauh meningkat dari waktu ke waktu.

Penting untuk mengelola perkembangan mata minus atau rabun jauh. Tujuannya untuk menghentikan perkembangan mata minus yang bisa meningkat seiring waktu. Sekarang ini, anda dapat memilih berbagai metode yang telah terbukti efektif untuk menghambat perkembangan kondisi rabun, seperti ortho-k. Dengan mengontrol perkembangan mata minus, maka anda bisa meminimalisir risiko komplikasi yang bisa membahayakan visual anda.

Apa itu Ortho-K?

Orthokeratology (ortho k) adalah penggunaan lensa permeabel gas yang dipasang secara khusus dan dipakai semalaman. Lensa ini bertujuan untuk membentuk kembali permukaan depan mata yaitu kornea pada bentuk yang normal. Saat bangun, lensa ortho-k dilepas dan penglihatan menjadi lebih jernih tanpa perlu lagi memakai kacamata atau lensa kontak. Dengan demikian, anda bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman. Ortho-k ini juga telah terbukti mampu memperlambat perkembangan rabun jauh yang terjadi pada anak-anak.

Ortho-k adalah metode perawatan non-invasif, aman, nyaman dan memberikan hasil yang efektif. Ini adalah lensa khusus yang benar-benar reversibel, sehingga menjadikannya satu alternatif yang tepat untuk memperbaiki kelainan refraksi tanpa operasi. Lensa ortho-k juga menjadi opsi tepat bagi mereka yang menginginkan ketajaman visual yang jelas tanpa perlu bergantung pada bantuan optik. Dengan teknologi ortho-k yang semakin maju dan sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Maka lensa ortho-k dapat di desain khusus untuk mengoptimalkan efek dalam mengontrol perkembangan rabun jauh.

Baca Juga: Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Tentang Terapi Mata Minus

Bagaimana Ortho-K Bekerja?

Berbeda dengan lensa konvensional, ortho-k adalah lensa khusus yang bisa dipakai dengan nyaman dan aman selama tidur. Lensa ortho-k mampu menyerap oksigen dengan baik, sehingga nyaman digunakan di malam hari ketika anda tidur. Dengan tekanan hidrolik yang dimiliki lensa ortho-k, ini akan membentuk kornea denga lembut. Secara perlahan kornea dibentuk dan diperbaiki kelengkungannya yang abnormal. Dengan demikian, kornea mampu meneruskan cahaya yang masuk untuk terfokus pada retina.

Cara kerja ortho-k bisa dianggap seperti kawat gigi yang menyelaraskan bentuk gigi. Dimana ortho-k pada mata seperti penahan yang membantu memperbaiki bentuk kornea yangterlalu melengkung. Oleh karena itu, ortho-k terkadang juga disebut sebagai kawat gigi untuk mata. Lensa ini nyaman dipakai dan mudah sekali digunakan. Selain itu, perawatan dengan ortho-k adalah proses yang sepenuhnya reversibel.

Untuk Siapa Perawatan Ortho-K?

Koreksi penglihatan dengan ortho-k bisa digunakan untuk siapa saja yang ingin terbebas dari kacamata dan lensa kontak di siang hari. Cukup dengan memasukkan lensa setiap malam sebelum tidur, anda bisa bangun dengan penglihatan yang lebih jelas. Hal ini tentu sungguh menakjubkan untuk ketajaman visual yang lebih baik daripada sebelumnya. Baik orang dewasa maupun anak-anak dapat memakai lensa ortho-k.

Untuk orang dewasa, ini adalah alternatif yang aman, reversibel dan lebih efektif untuk koreksi penglihatan. Banyak pasien ortho-k yang merupakan orang dewasa yang memiliki keinbginan terbebas dari penggunaan kacamata atau lensa kontak di siang hari.  Bahkan dengan kemajuan metode perawatan, ortho-k juga dapat memperbaiki presbiopia, masalah ketajaman visual terkait usia. Untuk anak-anak, pengobatan ortho-k secara signifikan dapat memperlambat, dan bahkan menghentikan perkembangan rabun jauh. Ini bisa meminimalisir risiko ketajaman visual yang semakin memburuk di kemudian hari.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.