Orthokeratology – Mata merupakan indera penglihatan dengan peran yang krusial. Sebagai indera penglihatan, mata tidak hanya memberikan pencitraan wujud pada otak mengenai perbedaan warna dan bentuk saja, lebih dari itu mata menjadi salah satu jendela untuk melihat dunia. Mata adalah organ penting karena 80 persen informasi tubuh berasal dari penglihatan. Oleh sebab itu, kesehatan mata perlu untuk dijaga dengan baik sejak dini bahkan sejak masih anak-anak. Mata anak dalam masa perkembangan rawan terkena masalah yang dapat mengganggu ketajaman visual mereka. Berbagai faktor dapat memicu risiko gangguan visual pada anak seperti trauma, infeksi, nutrisi, lingkungan, dan kebiasaan. Kasus yang paling sering terjadi pada anak adalah miopi (rabun jauh).

Apa Itu Miopi (Rabun Jauh)?

Miopi, atau rabun jauh, adalah kondisi mata yang sangat lazim yang dimulai pada masa kanak-kanak dan biasanya terus memburuk selama masa remaja. Miopi terjadi ketika bentuk mata menjadi lebih memanjang pada masa perkembangan anak. Hal ini menyebabkan cahaya dari objek yang jauh fokus di depan retina, sehingga menyebabkan penglihatan kabur dan terdistorsi. Pemanjangan bola mata yang terus-menerus menyebabkan perkembangan miopi semakin memburuk. Meskipun menggunakan kacamata atau lensa kontak biasa guna memperbaiki penglihatan yang buram, hasilnya belum tentu optimal. Kacamata dan lensa kontak berfungsi untuk membantu anda melihat dengan jelas, bukan menghambat perkembangan miopi. Orthokeratologi, menjadi solusi mengatasi akar penyebab miopi sekaligus menghentikan perkembangannya.

Gejala dan Penyebab Miopi

Gejala miopi yang mungkin anda alami diantaranya:

  1. Penglihatan buram ketika melihat benda dalam jarak jauh
  2. Harus menyipitkan mata atau sebagian menutup kelopak mata untuk melihat dengan jelas
  3. Sakit kepala karena kelelahan mata
  4. Terus-menerus menyipitkan mata
  5. Harus duduk lebih dekat dengan televisi, layar lebar, atau di depan kelas
  6. Tampak tidak menyadari adanya benda jauh
  7. Mengedipkan mata secara berlebihan
  8. Terus menggosok mata

Baca Juga: Manfaat Penggunaan Ortho K untuk Penglihatan Lebih Jelas

Miopi (rabun jauh) dapat menyebabkan sinar cahaya hanya fokus pada bagian depan retina mata Anda. Dan akibatnya objek yang dekat terlihat jelas, tetapi objek yang jauh tampak tidak jelas atau buram. Ada tiga penyebab kondisi ini, yaitu:

  1. Permukaan depan mata (kornea) terlalu melengkung dan, karena itu, terlalu kuat
  2. Bola mata terlalu panjang
  3. Kombinasi kedua penyebab di atas

Sedangkan faktor risiko yang dapat mempengaruhi terjadinya miopi meliputi:

  1. Riwayat keluarga

Kondisi ini cenderung menurun dalam keluarga. Anda lebih berisiko jika salah satu atau kedua orang tua anda memiliki riwayat miopi.

  1. Terlalu banyak membaca

Orang yang banyak membaca, menulis, dan melakukan pekerjaan di depan komputer mungkin punya risiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi rabun jauh atau miopi.

  1. Kondisi lingkungan 

Beberapa penelitian menyebutkan kurangnya waktu untuk beraktivitas di luar rumah bisa meningkatkan risiko miopi.

Orthokeratology untuk Mengontrol Miopi

Banyak orang  yang telah menyadari beberapa manfaat ortokeratology seperti kenyamanan dan keamanan. Keuntungan pemakaian lensa orthokeratology memberikan kebebasan dari pemakaian lensa korektif, terutama untuk anak-anak. Seringkali orang tua frustrasi karena terlalu sering memperbaiki atau menyesuaikan kacamata anak mereka. Seberapa sering anak-anak akhirnya mengganti kacamata karena rusak atau tergores. Tidak jarang kacamata menjadi masalah untuk digunakan saat bermain olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Orthokeratology adalah solusi sempurna untuk masalah ini. Untuk anak-anak yang aktif dalam atletik, tidak ada cara koreksi yang lebih baik pada usia berapa pun selain ortokeratology.

Lensa orthokeratology harus dipakai dalam semalam, dan dengan lembut akan memperbaiki bentuk kornea. Lensa-lensa tersebut kemudian dilepas di pagi hari, membuat anak anda memiliki pandangan yang jernih dan jelas sepanjang hari. Seperti disebutkan di atas, orthokeratology  tidak hanya memperbaiki penglihatan tetapi juga dapat memperlambat atau bahkan menghentikan perkembangan miopi pada anak-anak.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata orthokeratology? Hubungi dan kunjungi Vio Optical Clinic yang menyediakan layanan kesehatan mata professional. Kami memberikan berbagai layanan kesehatan mata seperti ortho-k, low vision treatment, contact lense dan lain sebagainya. Segera dapatkan perawatan kesehatan mata terbaik dari Vio Optical Clinic.