Vision Therapy – Masalah penglihatan seringkali menghambat seseorang dalam menjalankan aktivitasnya. Indra penglihatan memiliki peran penting dalam melakukan berbagai aktivitas khususnya yang berkaitan dengan aktivitas visual. Penglihatan yang kabur dan buram akibat masalah atau gangguan penglihatan tentu dapat mempengaruhi kegiatan yang dilakukan. Gangguan penglihatan perlu ditangani dengan tepat melalui program vision therapy. Apa dan bagaimana vision therapy, simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu Vision Therapy?

Vision therapy atau terapi penglihatan adalah program khusus yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan visual seseorang. Program khusus ini dilakukan dengan menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan visual pasien secara efektif. Terapi penglihatan bisa meliputi latihan mata, pengujian, lensa oklusi (penambalan) dan prisma yang berfungsi untuk mengobati berbagai permasalahan visual yang dialami pasien. Setiap program vision therapy dirancang secara khusus untuk memenuhi setiap kebutuhan perawatan secara spesifik oleh setiap individu.

Peran Vision Therapy untuk Penglihatan

Visi adalah proses untuk memperoleh gambaran suatu objek dari apa yang dilihat. Ini lebih dari sekadar kemampuan untuk membedakan detail halus (ketajaman visual). Proses visual juga melibatkan akomodasi (fokus), konvergensi (mata membidik), binokularitas (koordinasi mata), fiksasi dan kemampuan gerakan mata. Serta koordinasi mata-tangan dan persepsi bentuk visual. Dengan tercapainya hal-hal tersebut dengan baik, dapat memberikan proses visual secara efektif.

Visi akan terus berkembang setelah lahir dan dipengaruhi oleh lingkungan visual dan pengalaman seseorang. Masalah penglihatan dapat terjadi bahkan jika Anda memiliki mata yang sehat dan dapat melihat dengan jelas. Kesulitan mungkin terjadi pada kontrol dan koordinasi otot mata Anda. Jika Anda memiliki masalah penglihatan, Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan visual saat melakukan aktivitas yang menuntut kemampuan visual yang baik. Disinilah peran vision therapy dalam membantu mengembalikan kinerja sistem visual dengan baik untuk hasil yang lebih efektif.

Kondisi Apa yang Dapat Diobati Terapi Penglihatan?

Vision therapy adalah program untuk mengoreksi berbagai masalah mata yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menerima dan memproses informasi visual. Vision therapy atau terapi penglihatan adalah program perawatan individual yang dirancang untuk memperbaiki kondisi seperti mata malas (ambliopia), mata juling (strabismus), disfungsi otot mata, dan gangguan penglihatan lainnya. Beberapa kondisi yang membutuhkan vision therapy bisa meliputi:

Baca Juga: Low Vision, Gangguan Penglihatan yang Tidak Dapat Dikoreksi dengan Lensa Korektif

  • Mata malas atau amblyopia

Mata malas atau amblyopia adalah permasalahan mata yang bisa menyebabkan penglihatan memburuk. Kondisi ini paling sering didiagnosis pada anak-anak. Masalah ambliopia terjadi ketika hubungan antara mata dan otak tidak berkembang dengan baik. Sehingga menyebabkan salah satu mata tidak bisa bekerja dengan baik dibandingkan yang lainnya.

  • Strabismus

Strabismus atau yang lebih dikenal dengan juling, adalah kondisi di mana seseorang tidak dapat menyelaraskan kedua mata secara bersamaan dalam kondisi normal. Satu atau kedua mata bisa masuk, keluar, naik atau turun. Strabismus membutuhkan evaluasi dan pengobatan yang tepat untuk membantu kerjasama kedua mata yang lebih baik.

  • Masalah fokus

Untuk bisa melihat dengan baik kita harus mengubah fokus mata saat melihat satu objek ke objek lainnya. Dengan sistem pemfokusan mata yang bekerja dengan sangat baik, maka objek yang dilihat akan selalu tampak dalam fokus. Ketika terjadi masalah fokus, tentu dapat mempengaruhi mata dalam memfokuskan objek yang dilihat. Permasalahan tersebut tentu dapat mempengaruhi kemampuan visual seseorang sehingga menimbulkan penglihatan kabur, berbayang dan tidak jelas.

  • Disfungsi binokular

Kita memiliki dua mata dan untuk dapat melihat dengan baik. Dimana kedua mata tersebut harus digunakan secara bersamaan dan terkoordinasi dengan baik untuk menghasilkan visi yang baik. Namun, jika kedua mata tidak terkoordinasi dengan baik atau mengalami disfungsi binokuler, maka kedua mata akan menerima dua gambar yang berbeda. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya penglihatan ganda dan ketidaknyamanan visual.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.