Vision Therapy – Anda menggunakan mata Anda secara terus-menerus sepanjang interaksi Anda sehari-hari dengan dunia di sekitar Anda. Banyak orang menganggap penglihatan hanya mempengaruhi seberapa baik Anda melihat. Tetapi Anda mungkin memiliki masalah dengan kemampuan visual Anda karena cedera, kondisi mata, atau perkembangan yang buruk di masa kanak-kanak.

Terapi penglihatan atau Vision Therapy adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan visual Anda, dan dapat bermanfaat bagi siapa saja pada usia berapa pun. Jika Anda tertarik dengan terapi penglihatan, kondisi apa yang akan dapat dibantu oleh metode perawatan ini? Lanjutkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang terapi penglihatan, termasuk kondisi seperti apa yang dapat diobati.

Apa itu Terapi Penglihatan?

Terapi penglihatan adalah perawatan khusus yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan visual. Faktanya terapi penglihatan setiap orang adalah unik, perawatan mencakup sesi satu per satu dengan terapis terlatih untuk melatih kembali kemampuan visual tertentu. Program terapi penglihatan mencakup latihan di kantor dan di rumah dengan kesulitan yang meningkat seiring dengan peningkatan kemampuan penglihatan seseorang.

Perawatan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja, termasuk anak-anak dengan masalah penglihatan terkait tambahan pengetahuan, seseorang dengan kondisi ambliopia atau strabismus, atau seseorang dengan cedera otak atau gegar otak yang didapat. Penglihatan setiap orang itu unik, sehingga setiap pasien menerima program perawatan yang disesuaikan dengan pasien tersebut.

Pentingnya Terapi Penglihatan

Alat penglihatan Anda sangat penting, Anda menggunakannya setiap hari saat menyelesaikan berbagai aktivitas. Bagi anak-anak, penglihatan sangat penting untuk perkembangan mereka. Sekitar 80% pembelajaran bersifat visual, jadi masalah penglihatan dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk berprestasi di sekolah.

Ada banyak kemampuan visual penting yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari, termasuk:

  • Pelacakan mata: Bagaimana mata mengikuti benda bergerak
  • Keselarasan simultan: Bagaimana mata memperhatikan titik yang sama dari jarak yang berbeda
  • Persepsi kedalaman: Penilaian tentang seberapa jauh atau dekat objek-objek itu
  • Persepsi visual: Kemampuan untuk menentukan apa yang terjadi di sekitar Anda melalui isyarat visual
  • Mempertahankan fokus: Kemampuan untuk tetap melihat gambar yang jelas dari berbagai jarak

Cedera otak traumatis dan masalah serupa lainnya dapat mempengaruhi kemampuan visual ini. Kemungkinan lain adalah kemampuan ini tidak berkembang, membuat fokus dan tugas visual lainnya menjadi lebih sulit.

Baca Juga: Berbagai Penyebab Masalah pada Mata Anda

Kondisi Apa yang Dapat Diobati dengan Terapi Penglihatan?

Terapi penglihatan dapat membantu mengatasi beberapa masalah yang berkaitan dengan penglihatan Anda. Dari kondisi tertentu hingga seberapa baik mata Anda bekerja, terapi penglihatan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup Anda.

Ambliopia

Banyak orang menyebut ambliopia sebagai mata malas. Kondisi ini terjadi akibat perkembangan abnormal pada masa kanak-kanak, menyebabkan salah satu mata lebih lemah dari mata lainnya. Amblyopia biasanya berkembang antara lahir dan usia 7 tahun, tetapi banyak anak tidak menyadari adanya masalah dengan penglihatan mereka.

Mata yang lebih berkembang secara normal cenderung mengambil alih tugas utama dari mata, menyebabkan mata yang lain menjadi lebih lemah. Ketidakseimbangan antara kedua mata ini dapat menyebabkan beberapa masalah terkait penglihatan, seperti persepsi kedalaman yang buruk dan waktu akan reaksi dalam melihat.

Strabismus

Strabismus adalah masalah penglihatan di mana mata tidak sejajar dengan cara yang benar. Satu mata mulai berpaling karena otot mata gagal bekerja sama. Kondisi ini umumnya turun-temurun. Strabismus dapat menyebabkan penglihatan ganda atau ambliopia karena otak belajar mengabaikan penglihatan dari mata yang tidak normal. Kondisi ini dapat mempengaruhi kemampuan visual seseorang, seperti kesadaran spasial dan rentang perhatian.

Insufisiensi Konvergensi

Insufisiensi konvergensi terjadi saat mata berjuang untuk bekerja sama saat melihat objek di dekatnya. Satu mata mengarah ke luar, bukan ke dalam, menyebabkan penglihatan ganda atau kabur. Kondisi ini biasa terjadi pada anak-anak tetapi bisa berkembang karena cedera otak, seperti gegar otak. Insufisiensi konvergensi dapat membuat kemampuan membaca dan konsentrasi menjadi lebih sulit.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.