Orthokeratology – Orthokeratology atau yang juga disebut dengan ortho-k, adalah mekanisme dalam koreksi optik yang cukup populer dan efektif dalam menghentikan miopia. Orthokeratology menggunakan lensa kontak keras yang khusus untuk membentuk kembali kornea mata secara fisik guna meningkatkan penglihatan seseorang. Penggunaan lensa orthokeratology seringkali menjadi alternatif dalam menangani masalah kelainan refraksi. Apa saja keunggulan orthokeratology guna memiliki penglihatan yang jelas akan dirangkum di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Orthokeratology

Orthokeratology adalah salah satu cara efektif untuk menghentikan perkembangan miopia atau rabun jauh. Tidak hanya itu, lensa khusus ortho-k juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang timbul akibat kelainan refraksi seperti astigmatism dan presbiopi. Dalam metode orthokeratology lensa khusus hanya dipakai pada malam hari dan memberikan efek penglihatan yang lebih baik bagi penggunanya pada hari berikutnya. Keunggulan utama yang diberikan ortho-k adalah untuk koreksi miopia atau rabun dekat dan sampai batas tertentu koreksi astigmatisme.

Metode ortho-k ini sering digunakan untuk seseorang yang mengalami kesulitan memakai kacamata dan lensa kontak pada siang hari. Seperti misalnya mereka yang bekerja di lingkungan dengan suasana berdebu. Kemudian mereka yang menghabiskan banyak waktu dengan layar komputer atau berpartisipasi dalam aktivitas olahraga tertentu yang dapat menyebabkan mereka kehilangan lensa kontak. Lensa ortho-k bekerja dengan memberikan tekanan lembut pada mata untuk mendistribusikan dan mereformasi sel kornea. Perbaikan penglihatan dapat dialami tepat setelah lensa kontak malam hari pertama, dan perbaikan terus-menerus dapat dilakukan selama beberapa minggu, setelah itu mata akan menjadi stabil.

Mekanisme Orthokeratologis

Seperti yang suah di jelaskan di atas bahwa orthokeratology dapat menghentikan peningkatan miopia. Dimana mekanisme lensa ortho-k adalah mengontrol pemanjangan bola mata. Pengaburan hiperopik pada citra tepi akan memicu terjadinya pemanjangan aksial, sehingga hiperopia perifer dapat berperan sebagai pemicu meningkatkan pertumbuhan mata. Koreksi bias yang diberikan oleh lensa orthokeratology akan mendukung terciptanya efek refraksi perifer miopik yang, menurut teori saat ini, dapat membatasi pertumbuhan aksial mata.

Baca Juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan tentang Ortho-K?

Lensa orthokeratology bisa mengurangi pengaburan hipermetropik pada gambar tepi, yang mengurangi peningkatan elongasi mata, sehingga menghasilkan perkembangan miopia yang lebih lambat. Lensa orthokeratologi akan menghasilkan perataan yang sedemikian rupa pada kornea sehingga bentuk kornea berubah dari elips prolate menjadi bulat atau oblate. Kondisi tersebut akan membuat pusat kornea menjadi sama dan lebih datar dari kelengkungan yang terjadi sebelumnya.

Khasiat dan Keamanan Perawatan

Memodifikasi kornea melalui penggunaan lensa ortho-k aman untuk digunakan oleh siapa sja yang memenuhi syarat umum pemakaiannya. Kelengkungan yang terjadi pada kornea sehingga mengakibatkan kesalahan bias akan dimodifikasi strukturnya sehingga kembali pada bentuk yang normal. Orthokeratology yang menghasilkan perubahan bentuk normal kornea, memberikan anda penglihatan yang jelas tanpa bantuan alat optik. Bahkan prosedur ortho-k ini dipercaya dalam menghambat dan menghentikan miopia pada anak dengan efektif.

Sebelum memulai prosedur ortho-k, anda akan dianjurkan untuk mengikuti proses topografi atau pemetaan kornea. Topografi kornea digunakan untuk menentukan kelengkungan kornea dan didasarkan pada analisis permukaan mata. Topografi kornea menentukan bentuk kornea melalui pengetahuan tentang radius dan eksentrisitas apikal. Selain itu, manfaat yang dapat ditawarkan oleh ortokeratologi yaitu:

  1. Keuntungan terbesar dari perawatan lensa ortho-k adalah anda tidak perlu lagi menggunakan kacamata untuk bisa melihat dengan jelas.
  2. Anda tidak perlu lagi mengganti resep kacamata beberapa kali dalam setahun karena resepnya yang terus berubah.
  3. Tidak ada usia minimum untuk menggunakannyakarena ini adalah lensa yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan anak-anak.
  4. Dengan menggunakannya saat kita tidur, kita mendapat kenyamanan bahwa pada siang hari anda bisa menikmati visi yang jelas dengan mata telanjang.

Apabila anda membutuhkan lensa orthokeratology, Vio Optical Clinic adalah pilihan yang tepat untuk anda. Kami memiliki peralatan medis canggih yang lengkap didukung dengan staff professional. Vio Optical Clinic memberikan layanan pemeriksaan secara menyeluruh untuk menentukan langkah yang tepat. Segera hubungi kontak person kami dapatkan layanan kesehatan mata professional bersama Vio Optical Clinic.