Klinik Mata Bekasi – Ketegangan pada mata dapat menjadi hal yang menantang untuk ditangani. Gejala-gejalanya yang tidak nyaman dapat mengganggu produktivitas Anda dan menyebabkan masalah lainnya. Langkah pertama untuk mengatasi masalah mata lelah Anda adalah mengunjungi spesialis mata untuk pemeriksaan mata yang komprehensif dan mendapatkan vision therapy yang tepat.  Namun, apa saja masalah lain yang berkaitan dengan ketegangan mata? Mari kita lihat lebih dekat bagaimana ketegangan mata dapat menyebabkan mual, vertigo, dan migrain.

Efek Ketegangan pada Mata

Jika Anda merasa mata Anda terasa lelah setelah seharian bekerja atau mengetik esai di menit-menit terakhir untuk kelas filsafat Anda, Anda mungkin mengalami ketegangan mata. Mata Anda perlu istirahat seperti halnya anggota tubuh lainnya, dan ketika mata tidak mendapatkan kesempatan untuk beristirahat, hal ini bisa berarti masalah bagi Anda. Kita menjadi semakin bergantung pada perangkat digital, dan perangkat ini hadir di hampir semua aspek kehidupan sehari-hari. Semakin sering kita menggunakan perangkat digital, semakin besar risiko kita mengalami kelelahan mata digital.

Beberapa tanda dan gejala umum dari ketegangan mata karena terpapar gadget antara lain:

  • Mata kering
  • Penglihatan kabur
  • Fotofobia (Sensitivitas terhadap cahaya)
  • Nyeri leher dan punggung
  • Sakit kepala

Tidaklah praktis untuk berhenti menggunakan perangkat digital secara permanen, tetapi membuat beberapa perubahan kecil pada stasiun kerja dan kebiasaan menatap layar dapat membantu Anda meredakannya. Beberapa tips untuk meringankan efek ketegangan karena mata yang terpapar layar gadget meliputi:

  • Menyesuaikan pencahayaan pada pengaturan Anda untuk mengurangi silau, atau membeli layar anti-silau untuk perangkat Anda.
  • Menerapkan aturan 20-20-20: melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama setidaknya 20 detik setiap 20 menit.
  • Menyesuaikan pengaturan font perangkat Anda agar lebih besar dan lebih jelas untuk menghindari menyipitkan mata.

Ketegangan Mata Menyebabkan Migrain, Mual, Vertigo?

Ketegangan mata dapat menyebabkan masalah yang berpotensi melemahkan seperti mual, vertigo, dan sakit kepala migrain. Ketegangan mata bukanlah satu-satunya kondisi mata yang berkontribusi pada masalah ini. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana ketidaksejajaran mata juga dapat menyebabkan masalah ini.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja dan Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Mata Rutin

Mual

Mual menyebabkan ketidaknyamanan pada perut dan sensasi ingin muntah. Mual dapat disebabkan karena bebera hal berikut:

  • Pusing yang ekstrem
  • Mabuk perjalanan
  • Makanan tertentu
  • Efek dari kondisi medis tertentu

Karena mual dapat disebabkan oleh pusing yang sangat hebat, mual juga dapat disebabkan oleh ketegangan mata. Mabuk perjalanan dapat menyebabkan pesan yang dikirimkan ke otak tidak selaras dengan indera, yang dapat menyebabkan mual dan pusing.

Vertigo

Vertigo dapat terjadi pada semua usia, tetapi lebih sering terjadi pada orang berusia 65 tahun ke atas. Karena vertigo adalah sensasi pusing yang berputar, vertigo dapat disebabkan oleh ketegangan mata dan berhubungan dengan mual dan sakit kepala migrain. Gejala umum vertigo dapat meliputi:

  • Kepala terasa ringan
  • Rasa mabuk perjalanan
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala

Penderita vertigo mungkin merasa sangat pusing, seolah-olah kepala atau ruang di sekelilingnya bergerak atau berputar.

Migrain

Ketegangan mata dapat menyebabkan sakit kepala yang parah, yang juga dikenal sebagai migrain. Masalah apa pun antara mata dan otak juga dapat menyebabkan pusing. Migrain biasanya disertai dengan mual, muntah, dan sensitivitas yang ekstrem pada cahaya dan suara. Migrain adalah sakit kepala yang dapat menyebabkan nyeri berdenyut yang parah atau sensasi berdenyut, biasanya di sisi kepala Anda. Meskipun bukan merupakan gejala yang umum, sakit kepala kadang-kadang dapat terjadi sehubungan dengan ketegangan mata.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.