Solusi tepat untuk koreksi penglihatan bisa dilakukan dengan lensa khusus ortho-k. Ini bisa menjadi pilihan perawatan ideal untuk memperbaiki masalah penglihatan akibat kelainan refraksi. Dengan penggunaan lensa khusus ortho-k penglihatan kabur atau buram dapat dikoreksi dengan hasil yang lebih efektif. Melalui lensa ortho-k, ketajaman visual dan kemampuan visual anda semakin meningkat sehingga memberikan penglihatan yang lebih baik.

Ketahui tentang Apa itu Ortho-K?

Orthokeratology yang selanjutnya dikenal sebagai ortho-k, adalah perawatan klinis tanpa operasi yang ditujukan untuk memperbaiki penglihatan. Umumnya, ortho-k digunakan untuk mengendalikan perkembangan miopia. Penggunaan lensa khusus ortho-k dipakai selama jam tidur di malam hari. Ini dapat menjadi alternatif untuk memperbaiki masalah penglihatan dan kelainan refraksi yang aman, nyaman dan efektif. Ortho-k memungkinkan setiap orang bisa melakukan aktivitasnya tanpa kacamata atau lensa kontak di siang hari.

Bagaimana Cara Kerja Ortho-K?

Lensa ortho-k memiliki desain khusus yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pasien. Lensa ini berfungsi untuk meratakan bentuk kornea yang terlalu melengkung secara bertahap. Dimana kelengkungan kornea yang mempengaruhi masalah kelainan refraksi atau kesalahan bias. Ortho-k dengan lembut akan memperbaiki bentuk kornea hingga kelengkungan alaminya berubah. Dengan demikian, bentuk kornea akan diperbaiki secara bertahap sampai bentuk aslinya dipulihkan. Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki masalah penglihatan dengan efektif.

Lensa ortho-k dipakai selama beberapa jam di malam hari saat tidur. Dimana kemudian mata akan mulai beradaptasi dengan model dan bentuk lensa ortho-k. Lensa akan mulai bekerja dengan meratakan bagian tengah kornea. Sehingga, kornea bisa membiaskan cahaya yang memasuki mata dengan tepat. Lensa ortho-k dipakai semalaman untuk meratakan kornea, dan kemudian dilepas pada siang hari. Dengan melepas lensa ortho-k, kornea tetap rata dan penglihatan dikoreksi.

Berapa Jangka Waktu Perawatan Ortho-K?

Secara umum, durasi untuk perawatan ortho-k biasanya berkisar antara satu minggu hingga satu bulan. Adaptasi lensa kontak ortho-k berbeda dengan lensa kontak konvensional, sehingga harus selalu dilakukan evaluasi oleh dokter mata. Penting sekali melakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahui hasil perawatan dengan ortho-k. Waktu yang dibutuhkan untuk perawatan ortho-k bergantung pada kondisi dan tingkat keparahan masalah penglihatan yang dialami pasien. Semakin dini anda memulai perawatan, maka hasilnya juga semakin cepat dan lebih optimal.

Baca Juga: Ketahui tentang Mata Minus (Miopia) dan Perawatannya

Untuk Siapa Ortho-K?

Pada prinsipnya, ortho-k diindikasikan untuk semua orang yang kapasitas penglihatannya berkurang karena miopia dan astigmatisme. Dan ortho-k juga dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kelainan refraksi lainnya. Ortho-K menawarkan hasil memuaskan pada pasien terutama remaja dan anak-anak, yang menunjukkan gejala miopia progresif. Terkadang, ortho-k juga digunakan untuk memperbaiki masalah penglihatan presbiopi.

Keuntungan dari Ortho-K

Ortho-k memungkinkan Anda untuk melihat secara optimal. Bahkan tanpa perlu melakukan operasi, atau menggunakan kacamata serta lensa kontak. Ini juga dapat diterapkan pada pasien dari segala usia. Hasilnya terlihat dari malam pertama dan memberikan penglihatan yang stabil sepanjang hari. Ini adalah perawatan yang sepenuhnya dipersonalisasi dengan kebutuhan pasien. Sehingga memastikan kenyamanan pasien dan tidak menyebabkan kelemahan mata atau cedera mata. Ortho-k adalah metode perawatan yang reversibel dan memberikan hasil koreksi penglihatan secara efektif.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.