Terapi Mata Minus – Penglihatan kabur dan tampak buram menjadi hambatan bagi banyak orang dalam menjalankan aktivitasnya. Penglihatan kabur bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti masalah visual. Mata minus atau dikenal juga sebagai rabun jauh menjadi salah satu masalah visual paling umum yang mengakibatkan penglihatan tampak kabur. Bahkan angka kejadiannya semakin meningkat setiap tahunnya. Mencegahnya berkembang semakin parah sangatlah penting untuk memiliki penglihatan yang sehat.

Kenali Apa itu Mata Minus?

Mata minus merupakan masalah visual akibat kelainan refraksi. Dimana mata tidak bisa memfokuskan cahaya yang masuk dengan tepat di retina. Kesalahan bias tersebut yang kemudian berakibat pada penglihatan yang tampak kabur. Mata minus menyebabkan seseorang kesulitan untuk bisa melihat objek dengan jarak jauh secara jelas. Mereka menemukan bahwa objek yang berada di kejauhan terlihat kabur atau buram. Akan tetapi, mereka bisa melihat dengan baik dalam kondisi yang dekat bahkan sangat dekat.

Pada mata minus, bola mata memanjang atau teregang. Sehingga menciptakan jarak yang lebih jauh antara kornea dan retina. Dimana kondisi tersebut juga menyebabkan bentuk kornea berbeda yakni terlalu melengkung. Hal tersebut kemudian menyebabkan penglihatan tampak kabur saat mata mencoba untuk fokus pada objek yang terlalu jauh. Mata minus bisa terus berkembang dan semakin memburuk jika tidak segera memperoleh penanganan. Bahkan mata minus yang berat dan tinggi berisiko pada komplikasi-komplikasi yang berdampak buruk bagi kesehatan mata.

Apa Saja Gejala Mata Minus?

Gejala mata minus biasanya mulai muncul sejak masa kanak-kanak. Meski begitu, beberapa gejala mata minus juga dapat terjadi ketika telah menginjak masa dewasa. Gejala paling umum mata minus adalah memburuknya penglihatan pada jarak jauh. Ketika anda memiliki penglihatan yang buruk pada objek yang jauh, dan seringkali mendekatkan objek untuk bisa melihat jelas, bisa jadi itu gejala mata minus. Selain penglihatan yang tampak kabur untuk melihat objek jauh, beberapa gejala mata minus lainnya meliputi:

  • Seringkali memicingkan mata pada saat melihat onjek atau benda jarak jauh
  • Objek pada jarak jauh yang terlihat buram namun objek pada jarak dekat terlihat jelas
  • Seringkali mendekatkan suatu objek untuk melihat dengan jelas, seperti buku, smartphone, TV dan lainnya.
  • Mata sering terasa lelah dan tegang
  • Sakit kepala hingga mual

Baca Juga: Peran Vision Therapy dalam Memperbaiki Permasalahan Visual Anak

Gejala mata minus yang dialami setiap orang mungkin berbeda-beda. Meski begitu, saat penglihatan anda tampak kabur, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan mata. Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin guna mencegah gangguan penglihatan.

Apa Saja Penyebab Mata Minus?

Mata minus merupakan masalah penglihatan yang bersifat herediter atau diturunkan. Dimana seseorang yang memiliki orang tua dengan mata minus maka memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Meskipun faktor genetik menjadi faktor penyebab utama mata minus, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang anda lakukan. Seperti misalnya sering menatap layar dalam waktu yang lama dan jarak yang terlalu dekat. Kebiasaan membaca dari jarak yang dekat serta pencahayaan yang kurang memadai juga berisiko pada mata minus.

Terapi Mata Minus (Ortho-K)

Orthokeratology (ortho-k) mengacu pada penggunaan lensa kontak permeabel gas, yang dipakai saat tidur dan dilepas saat bangun tidur. Lensa ini menciptakan perubahan dalam bentuk kornea untuk mengoreksi mata minus. Ortho-k bertujuan untuk meningkatkan ketajaman visual sehingga menghasilkan penglihatan yang jelas dan normal. Ortho-k adalah pilihan ideal sebagai kontrol mata minus yang efektif. Tujuannya yaitu untuk mencegah kondisi mata minus semakin parah dan komplikasi-komplikasi lainnya terkait kesehatan mata.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.