Terapi Mata Minus – Gangguan mata berdampak pada penurunan kualitas penglihatan. Penting sekali untuk segera mengatasi permasalahan penglihatan seperti mata minus. Sebagai salah satu gangguan mata yang paling umum terjadi, mata minus menyebabkan seseorang melihat suatu objek dengan buram dan kabur. Melakukan deteksi dini dapat membantu anda memperbaiki masalah mata minus dan mencegahnya bertambah parah.

Ketahui Tentang Apa itu Mata Minus

Mata minus atau yang disebut juga dengan rabun jauh merupakan salah satu jenis kelainan refraksi. Ini adalah kondisi dimana seseorang kesulitan untuk dapat melihat objek dengan jarak jauh secara jelas. Namun, mereka dapat melihat objek jarak dekat seperti membaca atau melihat layar monitor komputer dengan mudah. Mata minus terjadi ketika pantulan cahaya tidak fokus di retina sehingga muncul penglihatan buram dan kabur. Diperlukan penggunaan alat bantu optik seperti kacamata atau softlens untuk mengoreksi penglihatan buram tersebut.

Apa Saja yang Dapat Menyebabkan Mata Minus?

Pada kondisi mata yang normal, cahaya dari luar jatuh atau fokus tepat di retina. Namun pada kondisi mata minus, cahaya dari luar tersebut justru jatuh atau fokus di depan retina. Sehingga, benda atau tulisan yang letaknya jauh dari mata terlihat buram atau tampak kabur. Ini bisa terjadi karena bola mata lebih panjang dari bentuk seharusnya. Atau bentuk dari kornea yang terlalu melengkung. Kondisi tersebut yang kemudian berakibat pada kelainan refraksi atau disebut juga sebagai kesalahan bias. Beberapa penyebab mata minus paling umum yaitu:

  • Genetik atau keturunan, ini menjadi salah satu penyebab mata minus yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Apabila salah satu orang tua Anda atau bahkan keduanya menderita mata minus, maka risiko mata minus akan lebih besar.
  • Kebiasaan membaca dan bermain gadget yang kurang tepat. Membaca di tempat yang redup dan jarak terlalu dekat ke mata dalam waktu lama dapat menyebabkan mata minus. Anda yang gemar membaca dan bermain gadget dalam jarak dekat atau di tempat gelap memiliki resiko mata minus yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak melakukan kebiasaan tersebut.
  • Jarang sekali melakukan aktivitas atau kegiatan di luar ruangan. Ini dikarenakan tingkat cahaya yang ada di dalam ruangan dan luar ruangan berbeda. Dimana hal tersebut¬† sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata dan risiko mata minus.
  • Kebutuhan asupan vitamin dan nutrisi yang baik untuk mata yang tidak tercukupi. Makanan sehat seperti sayuran dan buah serta vitamin untuk mata seperti lutein, penting untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga: Tahukah Anda tentang Gangguan Mata Malas (Amblyopia)?

Terapi Mata Minus (Orthokeratology)

Salah satu cara efektif untuk mengoreksi penglihatan buram akibat mata minus adalah dengan orthokeratology. Ini adalah perawatan tanpa operasi yang menggunakan lensa ortho-k dengan desain khusus sebagai koreksi penglihatan. Orthokeratology atau ortho-k adalah terapi mata minus yang bersifat alami bukan lewat proses pembedahan sehingga aman. Metode ortho-k tersebut akan membentuk ulang kornea mata agar kembali bulat normal. Dengan demikian, penglihatan menjadi jernih kembali.

Orthokeratology adalah terapi mata minus yang menggunakan lensa kontak rigid gas permeable pada malam hari saat tidur. Kemudian lensa membentuk ulang permukaan kornea dengan tujuan menghilangkan kelainan refraksi. Selain itu, ini juga ditujukan untuk menghambat kenaikan minus pada anak-anak. Prosedur terapi dengan orthokeratology ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu tidak invasif, tidak butuh tindakan bedah, dan bersifat sementara. Ketika anda berhenti untuk menggunakan orthokeratology, maka kornea akan kembali ke bentuk semula dengan bertahap.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.