Penglihatan rendah atau yang disebut juga dengan low vision merupakan gangguan penglihatan yang berpengaruh terhadap penurunan kemampuan visual. Kondisi low vision yang semakin memburuk dapat menyebabkan seseorang kehilangan kemampuan visualnya. Mereka dapat memiliki penglihatan buruk dan buram yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata dan lensa kontak. Meski begitu, penderita low vision masih bisa mempertahankan beberapa kemampuan untuk melihat atau kemampuan visual yang masih bisa digunakan. Pemeriksaan secara menyeluruh serta perawatan yang tepat sangatlah dibutuhkan.

Apa itu Low Vision?

Penglihatan rendah atau low vision merupakan gangguan penglihatan yang mengakibatkan penurunan kemampuan visual secara signifikan. Ini dapat mempengaruhi kemampuan visual seseorang yang memburuk seiring waktu. Dimana seseorang mengalami penglihatan kabur dan buram meskipun memakai lensa korektif. Seringkali low vision ditandai dengan gejala ketidakmampuan untuk melihat di area perifer, sentral atau rabun senja. Low vision tidak dapat dikoreksi hanya dengan lensa korektif seperti kacamata. Dibutuhkan perawatan khusus berupa rehabilitasi penglihatan untuk dapat mengoptimalkan kinerja visual yang masih bisa digunakan.

Apa yang Bisa Menjadi Penyebab Low Vision?

Penglihatan rendah atau low vision dapat membahayakan kemampuan visual anda. Kondisi low vision yang semakin memburuk secara signifikan dapat merusak kemampuan visual. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mengetahui penyebab umum dari low vision untuk mencegah risikonya. Penyebab umum, low vision termasuk degenerasi makula terkait usia, retinopati diabetik, ablasio retina, katarak, glaukoma dan lainnya. Tidak hanya masalah terkait kesehatan mata yang dapat menyebabkan low vision, cedera otak traumatis, cedera mata, dan beberapa kondisi genetik lainnya juga dapat menyebabkan low vision.

Diagnosis dan Perawatan Low Vision

Pemeriksaan optometri secara menyeluruh adalah cara terbaik untuk mendiagnosis low vision. Diman akan dilakukan serangkaian tes yang bertujuan untuk mendeteksi apakah anda menderita low vision atau tidak. Rangkaian tes tersebut bisa meliputi uji ketajaman visual, bidang visual, dan kemampuan untuk mendeteksi warna dan kontras. Meskipun kondisi low vision tidak dapat dikoreksi dengan kacamata resep, beberapa pilihan terapi dapat membantu anda mengoptimalkan visual yang bisa digunakan. Tujuannya untuk membantu anda melanjutkan aktivitas hidup sehari-hari dan meningkatkan kualitas hidup.

Baca Juga: Cara Kerja Orthokeratology dan Manfaatnya

Rehabilitasi penglihatan rendah atau terapi penglihatan adalah perawatan yang dibutuhkan oleh penderita low vision. Dalam rehabilitasi penglihatan rendah atau terapi penglihatan mereka tidak hanya mengikuti latihan visual saja. Tetapi juga akan dibantu dan dilatih menggunakan perangkat optik yang membantu aktivitas visualnya. Dimana semua hal tersebut dilakukan untuk membantu Anda memaksimalkan penglihatan yang Anda miliki. Dengan rangkaian latihan visual dan penggunaan alat optik dapat membantu memaksimalkan penglihatan fungsional Anda dan mempertahankan kemandirian Anda.

Rehabilitasi penglihatan rendah dan terapi penglihatan membantu anda untuk menjaga kualitas hidup Anda. Dimana anda bisa melakukan konseling untuk membantu mengatasi dampak psikososial dari kehilangan penglihatan akibat low vision. Setiap latihan visual dan perangkat optik yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan  setiap pasien. Melalui personalisasi dalam rehabilitasi penglihatan rendah tersebut, diharapkan pasien bisa memperoleh hasil yang maksimal untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Serangkaian perangkat optik dan strategi yang digunakan untuk membantu Anda bisa meliputi:

  • Teknologi elektronik, yaitu alat bantu penglihatan berteknologi tinggi untuk membantu aktivitas visual.
  • Kaca pembesar, yaitu perangkat pembesar yang dapat dipegang dengan tangan, berdiri bebas atau dipasang ke kacamata. Ini memiliki banyak model yang dapat menggabungkan berbagai tingkat pembesaran.
  • Teleskop, yang mana terdiri dari berbagai model teleskop mini dan teropong. Dimana perangkat tersebut ada yang bisa dipakai seperti kacamata, sehingga membantu Anda melihat jarak jauh dengan baik.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.