Vio Optical Clinic – Penglihatan ganda dapat berpengaruh terhadap seseorang dari segala usia, termasuk anak-anak. Jika anak Anda mengalami penglihatan ganda, itu berarti ia melihat dua gambar, bukan satu gambar. Hal ini dapat berupa melihat gambar yang terduplikasi atau tumpang tindih, dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan visual yang signifikan. Penglihatan ganda paling sering merupakan tanda dari kondisi lain yang mendasarinya.

Jika anak Anda melaporkan adanya gangguan penglihatan, termasuk penglihatan ganda, penting untuk mencari bantuan dokter mata. Spesialis mata dapat mengidentifikasi penyebab utama penglihatan ganda dan memberikan vision therapy yang diperlukan untuk membantu memulihkan penglihatan dan mendukung kesehatan mata anak Anda.

Apa itu Penglihatan Ganda?

Penglihatan ganda, yang secara medis dikenal sebagai diplopia, adalah kejadian visual di mana Anda melihat dua gambar, bukan satu. Penglihatan ganda dapat terlihat berbeda pada setiap orang. Gambar dapat terlihat terduplikasi atau tumpang tindih, dan dapat terlihat secara horizontal (berdampingan) atau vertikal (bertumpuk).  Untuk dapat melihat secara normal, mata, otot, saraf, dan otak Anda harus bekerja sama untuk menciptakan satu gambar pada lapang pandang Anda. Namun, jika terdapat masalah pada salah satu bagian ini, Anda mungkin mengalami penglihatan ganda.

Apa Saja Tanda & Gejala Penglihatan Ganda pada Anak?

Beberapa anak, terutama anak kecil, mungkin mengalami kesulitan bersuara saat mengalami masalah penglihatan. Sebagai orang tua atau pengasuh, ada beberapa tanda yang dapat Anda waspadai yang mengindikasikan anak Anda mengalami gangguan penglihatan, termasuk penglihatan ganda. Tanda-tanda bahwa anak Anda mungkin mengalami masalah penglihatan meliputi:

  • Sering menggosok atau mengedipkan mata
  • Sering sakit kepala
  • Menutupi satu mata
  • Menyipitkan mata atau menyipitkan mata
  • Mengeluh tidak nyaman atau kelelahan

Waspadai tanda-tanda ini dan pastikan anak Anda melakukan pemeriksaan mata tahunan adalah cara terbaik untuk mendukung penglihatan yang sehat selama tahun-tahun perkembangan yang kritis ini.

Penyebab Penglihatan Ganda pada Anak-Anak

Penglihatan ganda dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, bukan hanya masalah mata. Penglihatan ganda juga dapat mengindikasikan adanya masalah pada otot, gangguan fungsi saraf, dan bahkan masalah pada otak. Beberapa penyebab potensial penglihatan ganda pada anak-anak meliputi:

  • Kelainan refraksi
  • Ambliopia
  • Mata juling (strabismus)
  • Kondisi neurologis

Kelainan Refraksi

Salah satu penyebab utama penglihatan ganda pada anak-anak adalah kelainan refraksi, seperti miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), atau astigmatisme. Ketika bentuk mata menghalangi cahaya untuk fokus dengan benar pada retina, hal ini dapat menyebabkan penglihatan kabur, ketegangan mata, dan dalam beberapa kasus, penglihatan ganda. Spesialis mata anak Anda dapat mengidentifikasi kelainan refraksi selama pemeriksaan mata rutin. Spesialis mata mereka mungkin akan meresepkan kacamata atau lensa kontak untuk vision therapy, yang dapat memperbaiki masalah penglihatan dan mengurangi penglihatan ganda.

Baca Juga: Pencegahan dan Penanganan: Memahami Perubahan Penglihatan Seiring Bertambahnya Usia

Ambliopia

Penglihatan ganda dapat mengindikasikan bahwa anak Anda mengalami masalah penglihatan yang disebut ambliopia (mata malas). Ambliopi biasanya terjadi ketika salah satu mata memiliki penglihatan yang jauh lebih buruk daripada mata yang lain, dan otak semakin mengandalkan mata yang lebih kuat untuk menghasilkan gambar. Hal ini sering kali menyebabkan penglihatan mata yang lebih lemah terus menurun dari waktu ke waktu. Ambliopi dapat disebabkan oleh kelainan refraksi atau strabismus (mata juling) yang tidak diobati. Diagnosis dan penanganan dini sangat penting untuk mencegah kehilangan penglihatan permanen pada anak-anak dengan kondisi ini.

Strabismus

Strabismus (mata juling) adalah penyebab utama penglihatan ganda pada anak-anak. Ketika mata tidak dapat bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik, mata akan mengarah ke arah yang berbeda, sehingga otak menerima input visual yang saling bertentangan. Otak kemudian berusaha memahami gambar-gambar yang saling bertentangan ini, yang dapat menyebabkan penglihatan ganda.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.