Low Vision – Mata yang sehat penting untuk penglihatan yang baik dan jelas. Ketika kesehatan mata terganggu, tentu penglihatan seseorang juga akan terganggu. Ada banyak jenis masalah penglihatan yang berdampak pada kemampuan serta kualitas visual seseorang. Salah satunya adalah low vision atau penglihatan rendah, yang mana mempengaruhi kualitas visual seseorang yang menurun seiring waktu. Sangat penting untuk segera melakukan perawatan untuk mempertahankan ketajaman visual yang baik.

Ketahui Apa itu Low Vision (Penglihatan Rendah)

Seiring dengan pertambahan usia, kemampuan mata tentu juga berubah. Hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kualitas visual seseorang yang mulai menurun. Pada beberapa kasus masalah penglihatan tersebut dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak. Namun, pada low vision atau penglihatan rendah, masalah tersebut tidak dapat sepenuhnya dikoreksi dengan lensa resep biasa, perawatan medis, atau pembedahan. Meski begitu, anda masih memiliki beberapa penglihatan tersisa yang dapat digunakan.

Low vision tidak hanya sering dialami mereka yang telah berusia lanjut. Namun kondisi ini juga bisa dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa akibat berbagai faktor. Mulai dari kondisi penyakit yang mempengaruhi kondisi mata, cedera hingga masalah perkembangan visual pada anak usia dini. Memiliki low vision atau penglihatan membuat anda merasa sulit untuk melakukan tugas sehari-hari yang berkaitan dengan visual. Seperti membaca koran, belajar, melihat marka jalan, dan lain sebagainya.

Tanda dan Gejala Low Vision

Penderita low vision memiliki penglihatan buram meskipun mereka telah memakai kacamata resep atau lensa kontak. Seseorang dengan low vision membutuhkan perawatan yang terprogram untuk memaksimalkan penglihatannya. Sangat penting mengetahui tanda dan gejala low vision untuk bisa segera melakukan perawatan secara tepat. Ada banyak tanda atau gejala yang bisa mengindikasikan seseorang menderita low vision, seperti:

  • Kesulitan untuk mengenali wajah seseorang seperti teman dan kerabat.
  • Kesulitan untuk melakukan tugas-tugas yang mengharuskan Anda untuk melihat dari dekat. Seperti misalnya membaca, masak, memilih dan mencocokan, memperbaiki barang dan lain sebagainya.
  • Kesulitan untuk melakukan tugas di tempat kerja atau di rumah karena lampu tampak redup.
  • Kesulitan untuk membaca rambu-rambu jalan atau rambu lalu lintas, nama jalan, nama toko dan lainnya.

Perubahan yang terjadi pada penglihatan anda seperti yang tersebut di atas, bisa saja menjadi tanda low vision. Segera lakukan pemeriksaan dini untuk mencegahnya semakin parah. Semakin dini masalah ditangani, maka semakin besar peluang untuk dapat mengoptimalkan penglihatan anda.

Baca Juga: Lensa Orthokeratology yang Memiliki Banyak Keunggulan

Apa Penyebab Low Vision?

Penyebab low vision tidak hanya diakibatkan oleh pertambahan usia yang dapat mempengaruhi fungsi visual seseorang. Beberapa kondisi mata tertentu seperti degenerasi makula, glaukoma, retinopati diabetik, hingga katarak bisa menyebabkan low vision. Bahkan stroke dan cedera otak traumatis juga dapat mengakibatkan penurunan kemampuan visual yang berujung pada low vision. Penting untuk melakukan pemeriksaan penglihatan secara rutin guna mencegah permasalahan penglihatan yang dapat mempengaruhi kemampuan visual anda.

Bantuan untuk Penglihatan Rendah

Penting untuk selalu diketahui, memiliki penglihatan rendah atau low vision tidaklah sama dengan buta.  Seseorang dengan low vision mungkin memiliki titik buta atau titik kosong di tengah penglihatan yang membatasi kemampuan Anda untuk membaca atau melihat wajah orang. Namun, Anda masih dapat menggunakan penglihatan samping (atau periferal). Pada kasus lain anda mungkin memiliki masalah dengan penglihatan tepi (atau samping), tetapi masih melihat cukup jelas untuk membaca koran menggunakan penglihatan sentral. Melalui pemeriksaan menyeluruh, anda bisa memperoleh perawatan secara tepat untuk hasil maksimal.

Terapi dan rehabilitasi penglihatan rendah adalah alternatif untuk membantu penderita low vision. Dengan begitu, mereka akan tahu bagaimana menggunakan sisa penglihatan yang dimiliki dengan lebih maksimal. Ada banyak bantuan yang bisa membantu penderita low vision mulai dari  perangkat optik dan non optik serta pelatihan visual. Konsultasikan permasalahan visual anda pada spesialis mata untuk menemukan solusi terbaik.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.