Klinik Mata Bekasi – Penglihatan buram dapat disebabkan oleh kelainan refraksi atau penyakit tertentu yang memerlukan perawatan medis. Jika disebabkan oleh mata kering, alergi, atau ketegangan mata akibat penggunaan layar dalam waktu lama, pengobatan alami dan perubahan gaya hidup dapat membantu. Penglihatan buram adalah ketika penglihatan Anda terasa tidak fokus, sehingga sulit untuk melihat detail yang halus. Anda mungkin perlu menyipitkan mata untuk melihat lebih jelas. Sehingga, sangat penting untuk segera melakukan pengobatan mata dengan pergi ke klinik mata, salah satunya adalah dengan mendapatkan pengobatan Ortho K.

Penglihatan Anda dapat menjadi buram seiring dengan bertambahnya usia atau karena kondisi kesehatan tertentu. Anda mungkin juga mengalami penglihatan kabur saat bangun di pagi hari atau setelah menatap layar, seperti komputer atau tablet, dalam waktu yang lama. Meskipun ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk melindungi dan bahkan memperbaiki penglihatan buram tanpa perlu memakai kacamata atau menerima perawatan medis, hal ini pada akhirnya bergantung pada penyebabnya.

Jika Anda mengalami penglihatan buram yang semakin memburuk dari waktu ke waktu, sebaiknya temui spesialis mata untuk evaluasi mata.

Penyebab Penglihatan Buram yang Dapat Diobati Secara Alami

Beberapa penyebab penglihatan kabur dapat diobati secara alami dengan menggunakan pengobatan rumahan atau perubahan gaya hidup sederhana. Hal ini meliputi:

Mata kering

Penglihatan buram, terutama di pagi hari saat Anda bangun tidur, dapat disebabkan oleh mata yang kering. Tidur dengan kipas angin yang berhembus di malam hari atau tinggal di iklim yang kering dapat memperparah kondisi ini. Tidur dengan lensa kontak terpasang atau menatap layar komputer dalam waktu lama tanpa berkedip juga dapat menyebabkan mata kering dan penglihatan kabur.

Alergi

Alergi dapat membuat mata Anda gatal dan iritasi, yang mengakibatkan penglihatan kabur. Alergi mata juga dapat disebut konjungtivitis alergi. Gejala alergi lainnya dapat berupa pilek, hidung tersumbat, atau bersin-bersin.

Ketegangan mata karena penggunaan layar dalam waktu lama

Ketegangan mata dapat terjadi setelah melihat dan fokus pada sesuatu dalam waktu yang lama tanpa gangguan, seperti komputer, ponsel, atau tablet. Kondisi ini kadang-kadang disebut sebagai ketegangan mata digital atau sindrom penglihatan komputer.

Cuaca dingin

Suhu yang terlalu dingin dapat menyebabkan pembuluh darah di mata menyempit, sehingga penglihatan menjadi kabur. Udara dingin juga lebih kering daripada udara yang lebih hangat, dan mata yang kering juga dapat menyebabkan penglihatan kabur.

Baca Juga: Perawatan Efektif untuk Gangguan Penglihatan: Mulai dari Kacamata Hingga Pembedahan Mata

Penyebab yang Mungkin Memerlukan Perawatan Medis

Penyebab lain dari penglihatan buram kemungkinan besar memerlukan perawatan medis dan pengobatan alami atau pengobatan rumahan tidak akan membantu. Hal ini meliputi:

Kelainan refraksi

Kelainan refraksi adalah masalah mata yang umum terjadi. Kelainan refraksi meliputi:

  • hipermetropia (rabun dekat)
  • miopi (rabun jauh)
  • Silindris (penglihatan kabur atau terdistorsi)
  • presbiopi (kehilangan kemampuan untuk fokus pada benda-benda yang dekat), yang dapat terjadi secara alamiah seiring dengan bertambahnya usia.
  • Kelainan refraksi sering kali perlu dikoreksi dengan kacamata, lensa kontak, tetapi pembedahan dapat menjadi pilihan dalam beberapa kasus.

Infeksi (konjungtivitis)

Disebut juga mata merah muda, konjungtivitis adalah infeksi pada dinding luar mata. Konjungtivitis dapat menyebabkan mata gatal, nyeri mata, serta penglihatan kabur. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh virus, tetapi dapat juga disebabkan oleh bakteri atau alergi. Jika disebabkan oleh bakteri, Anda mungkin perlu menggunakan obat tetes mata antibiotik untuk membantu mengobati infeksi.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas tinggi.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.