VIO OPTICAL – Bayi yang baru lahir belum memiliki penglihatan yang jelas. Meski begitu, bayi yang baru lahir sudah bisa melihat keadaan di sekelilingnya begitu mereka terlahir. Mata bayi yang baru lahir juga sangat rentan mengalami masalah. Mulai dari masalah mata berair, kelopak mata berkerak hingga gangguan mata juling. Oleh karena itu, sebagai orang tua anda perlu untuk selalu memperhatikan perkembangan mata pada bayi. Serta memberikan perawatan perawatan ekstra untuk menjaga perkembangan mata anak tetap sehat.

Pada usia 1 bulan, mata bayi mulai bisa melihat warna dengan lebih jelas. Pada usia 1 bulan, bayi juga telah mampu untuk mengkoordinasikan kedua matanya secara bersamaan. Sehingga, bayi bisa melacak suatu objek bergerak dengan matanya. Bayi juga mampu untuk mengarahkan penglihatannya ke arah suatu cahaya.  Orang tua perlu untuk melatih kemampuan penglihatan bayi sejak mereka lahir. Cobalah untuk berinteraksi dengan si kecil pada jarak sekitar 30 cm dari wajah Anda. Serta ajaklah si kecil untuk berbicara dengan membuat berbagai ekspresi wajah yang berbeda untuk melatih kemampuan penglihatan si kecil.

Setiap orang tua perlu mengetahui tahapan perkembangan mata pada bayi yang sehat. Karena hal tersebut penting untuk memantau kondisi perkembangan kemampuan visualnya. Berikut ini tahapan perkembangan mata pada bayi yang harus diperhatikan, meliputi:

Bayi Baru Lahir Hingga Usia 1 Bulan

Saat bayi baru lahir, ia akan sangat peka terhadap cahaya terang. Bayi baru lahir juga dapat melihat sesuatu yang berada di sampingnya. Tapi pada usia ini penglihatan sentral bayi masih belum berkembang secara sempurna. Dalam beberapa minggu, retina mata bayi mulai berkembang. Pada tahap ini, bayi sudah mulai bisa melihat pola terang dan gelap, bentuk besar dan warna-warna cerah. Bayi juga akan mulai fokus pada suatu objek yang berada tepat di depannya.

Bayi Usia 1 Bulan

Di usia 1 bulan, bayi sudah bisa untuk melihat berbagai macam warna. Mulai dari  warna merah, oranye, kuning dan hijau. Bayi juga sudah bisa untuk menggerakkan kedua mata secara bersamaan. Mereka juga dapat melacak benda-benda yang ada di sekelilingnya. Perhatian bayi akan terus meningkat, hingga bayi sudah bisa untuk melakukan kontak mata.

Baca Juga: Aktivitas di Rumah yang Bisa Menjaga Kesehatan Mata

Bayi Usia 2 – 4 Bulan

Ketika memasuki usia 2 bulan, biasanya ia sudah bisa mengikuti objek bergerak dengan matanya. Baru pada usia 3 hingga 4 bulan, bayi sudah memiliki koordinasi mata-tangan yang cukup baik. Sehingga bayi sudah bisa untuk memukul benda bergerak yang ada di dekatnya. Jika pada usia ini mata si kecil belum bisa untuk melacak dan fokus pada suatu objek tertentu, maka dibutuhkan pemeriksaan mata.

Bayi Usia 5 – 8 Bulan

Pada usia 5 bulan, kemampuan penglihatan bayi dari jarak yang jauh sudah mulai berkembang dengan baik. Bayi sudah bisa untuk melihat benda dengan bentuk yang sempurna. Pada usia ini penglihatan warna si kecil juga sudah semakin baik. Pada tahapan usia ini, bayi sudah bisa untuk melihat dan mengenali orang lain dari jarak jauh. Si kecil juga sudah bisa untuk merespon orang lain dan mengingat objek yang dilihat, meskipun hanya sebagian saja. Kemampuan penglihatan bayi di usia ini sudah semakin meningkat untuk mengkoordinasikan mata dan tangan mereka ketika ia mulai merangkak.

Bayi Usia 9 – 12 Bulan

Pada usia 9 bulan hingga 12 bulan, bayi sudah bisa untuk belajar berdiri sendiri dan kemudian berjalan. Pada tahapan usia ini, tahap perkembangan mata bayi sudah semakin pesat. Sehingga bayi sudah dapat mengkoordinasikan mata dan  tangan dengan baik. Fokus mata bayi juga sudah sangat berkembang. Dimana si kecil sudah dapat melempar barang dengan tepat sasaran.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.