Klinik Mata Bekasi – Mata kuning terjadi ketika bagian putih mata (sklera) menguning (disebut scleral icterus). Ini adalah tanda penyakit kuning, yang merupakan gejala dari kondisi yang mendasari, yang sering kali terjadi pada hati. Mata Anda menguning ketika terjadi penumpukan bilirubin. Bilirubin adalah zat berwarna kuning jingga yang dibuat selama pemecahan normal sel darah merah. Biasanya zat ini dieliminasi oleh tubuh Anda. Tetapi jika proses ini melambat, bilirubin terakumulasi dalam jaringan Anda, termasuk mata, dan membuatnya menjadi kuning.

Penyakit yang dapat menyebabkan kadar bilirubin yang tinggi termasuk anemia, virus hepatitis, dan kerusakan hati akibat penggunaan alkohol yang berlebihan. Banyak bayi memiliki mata dan kulit kuning, yang disebut ikterus neonatal, pada beberapa hari pertama kehidupannya. Anda harus selalu memeriksakan diri ke klinik mata terbaik seperti VIO OPTICAL jika mata Anda menguning. Perawatan termasuk air mata buatan, berhenti minum, dan obat-obatan seperti obat antivirus.

Virus Hepatitis

Virus hepatitis menyebabkan hati Anda meradang. Ada beberapa jenis virus yang menyebabkan hepatitis (hepatitis A, B, C, dan lain-lain), meskipun gejalanya biasanya serupa. Anda dapat tertular hepatitis A dari mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi, yang mungkin terjadi saat bepergian.

Hepatitis B dan C menyebar melalui hubungan seks dan penggunaan jarum suntik secara bergantian dengan orang yang terinfeksi. Gejala hepatitis virus berkisar dari ringan hingga berat. Hepatitis virus yang parah dapat menyebabkan gagal hati dalam beberapa kasus. Ketika kerusakan hati berkembang dengan cepat, Anda mungkin juga mengalami kebingungan, kulit dan mata yang menguning secara tiba-tiba, dan masalah pembekuan darah.

Anemia

Anemia terjadi apabila kadar sel darah merah Anda, yang membawa oksigen ke jaringan tubuh Anda, terlalu rendah. Mata Anda dapat menguning jika anemia Anda disebabkan oleh sesuatu yang menyebabkan kerusakan sel darah merah. Ini disebut hemolisis. Hal ini dapat terjadi pada beberapa jenis anemia, seperti anemia sel sabit, anemia hemolitik autoimun, dan anemia yang disebabkan oleh infeksi (seperti malaria).

Mengobati anemia

Pengobatan tergantung pada jenis anemia yang Anda derita. Sebagai contoh, pengobatan anemia sel sabit dapat mencakup minum banyak air, menghindari pemicu seperti stres dan, pada kasus yang parah, transfusi darah. Anemia hemolitik autoimun mungkin memerlukan obat yang menekan sistem kekebalan tubuh Anda. Infeksi dapat diobati dengan obat-obatan seperti obat antimalaria untuk malaria.

Baca Juga: Perawatan Jangka Panjang: Memahami Apa itu Rabun Dekat pada Orang Dewasa

Kemungkinan Penyebab Lainnya

  • Sejumlah kondisi dapat menyebabkan mata kuning, termasuk:
  • Limfoma di sekitar mata
  • Infeksi atau penyakit hati
  • Kanker hati, pankreas, atau kandung empedu
  • Pankreatitis
  • Batu empedu
  • Jenis anemia lainnya

Kapan Harus Segera Memeriksakan Diri?

Anda harus segera pergi klinik mata VIO OPTICAL Anda jika:

  • Anda mengalami mata kuning dan gejala-gejala seperti lemas, demam, mual, muntah.
  • Anda merasa telah mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.
  • Memiliki riwayat penyalahgunaan alkohol
  • Kedua mata menjadi kuning.
  • Salah satu mata menguning dan belum kembali ke warna normalnya dalam waktu 24 hingga 48 jam.

Perawatan di rumah

  • Anda dapat mencoba air mata buatan untuk mengurangi iritasi.
  • Penyebab lain dari mata kuning harus diobati dengan mengatasi kondisi yang mendasari penyebabnya. Sebagai contoh, penderita anemia sel sabit harus menghindari pemicu, termasuk stres, infeksi, dan dehidrasi.
  • Penderita penyakit hati alkoholik harus berhenti minum alkohol dan dapat mengambil manfaat dari program rehabilitasi alkohol dan konseling.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO OPTICAL adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, seperti salah satunya adalah Ortho K untuk mengobati dan menghambat perkembangan mata minus.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.