Gangguan penglihatan cukup banyak jenisnya, seperti salah satunya mata malas. Kondisi gangguan penglihatan mata malas secara medis disebut dengan Amblyopia merupakan suatu kondisi gangguan pada penglihatan dan perkembangan saraf optik. Dimana kondisi ini berkembang ketika salah satu mata tidak dapat mencapai ketajaman penglihatan normal. Serta tidak memungkinkan perkembangan penuh stereopsis atau penglihatan 3D yang dimiliki seseorang. Mata malas biasanya mempengaruhi penglihatan atau fungsi visual dari mata yang terkena, menyebabkan penglihatan kabur bahkan dengan kacamata korektif. Kondisi ini juga umumnya muncul dengan keterampilan visual yang berkurang, persepsi kedalaman yang buruk, dan kesulitan membaca.

Kondisi mata malas bisa berkembang karena pengalaman penglihatan abnormal di awal kehidupan. Perkembangan kondisi ini akan mengubah jalur saraf antara lapisan tipis jaringan atau retina di bagian belakang mata dan otak. Kondisi mata yang lebih lemah dalam memfokuskan cahaya akan menerima lebih sedikit sinyal visual yang diperoleh mata. Akhirnya, kemampuan mata untuk bisa bekerja sama akan menurun secara signifikan, dan otak akan menekan atau mengabaikan masukan dari mata yang lebih lemah. Kondisi yang mengaburkan penglihatan anak atau menyebabkan mata juling atau berubah menjadi mata malas. Penyebab umum dari kondisi mata malas bisa meliputi:

  • Ketidakseimbangan otot (strabismus amblyopia)

Penyebab lazy eye yang paling umum adalah ketidakseimbangan otot yang memposisikan mata. Kondisi ketidakseimbangan pada mata ini dapat menyebabkan kondisi mata juling atau keluar, dan bisa mencegahnya untuk bekerja sama.

  • Ketajaman penglihatan yang berbeda antar mata atau ambliopia bias (refraktif)

Kondisi ini adalah terjadinya perbedaan yang cukup signifikan antara mata. Dimana kondisi ini seringkali terjadi karena rabun jauh atau kurva permukaan mata yang tidak rata (astigmatisme) yang dapat menyebabkan mata malas. Pada beberapa anak, mata malas disebabkan oleh kombinasi dari strabismus dan masalah refraksi.

  • Ambliopia deprivasi

Mata malas ini terjadi akibat adanya gangguan penglihatan yang terjadi pada mata bayi, misalnya katarak kongenital. Kondisi ambliopia deprivasi biasanya juga bisa langsung disembuhkan jika katarak pada salah satu mata bayi tersebut dibersihkan.

Baca Juga: Bahayakah Menggunakan Lensa Kontak Saat Tidur?

Selain itu, faktor risiko yang terkait dengan peningkatan risiko munculnya mata malas meliputi:

  • Lahir premature
  • Ukuran kecil saat lahir
  • Riwayat keluarga mata malas
  • Gangguan perkembangan

Dari sekian banyak masalah mata yang dapat menimpa anak-anak, mata malas bisa menjadi salah satu kondisi yang harus diwaspadai oleh setiap orang tua. Penyakit ini harus segera ditangani dengan baik agar penglihatan anak tidak mengalami kerusakan secara permanen. Kondisi mata malas ini bisa berakibat pada berkurangnya kualitas penglihatan yang dimiliki salah satu mata mereka. Kondisi ini merupakan masalah mata yang paling sering menimpa anak dan biasanya muncul saat si kecil berusia 0-7 tahun. Jika kondisi ini terdeteksi sejak dini, maka anak bisa menjalani terapi tertentu untuk meningkatkan kualitas penglihatannya di masa depan.

Anak yang menderita mata malas tidak selalu mengeluhkan penglihatannya yang berubah. Tidak jarang, mata malas baru terdiagnosis ketika anak melakukan pemeriksaan rutin di dokter mata saat usianya menginjak 3-5 tahun. Jika anda memiliki riwayat keluarga dengan masalah mata, misalnya mata malas, strabismus, katarak dan lainnya, lakukan pemeriksaan mata sedini mungkin. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir anda dan keluarga terkena masalah pada mata yang cukup serius.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata yang terpercaya dan profesional? Segera kunjungi Vio Optical Clinic yang menawarkan berbagai layanan kesehatan mata terbaik untuk anda dan keluarga. Kami memberikan layanan kacamata dan berbagai soft lenses dengan kualitas dan standar kesehatan terbaik. Vio Optical Clinic memiliki peralatan medis yang memadai dan canggih serta para staff professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Dapatkan layanan kesehatan mata terpercaya hanya bersama Vio Optical Clinic.