Low Vision – Kesehatan mata sangatlah penting untuk bisa menjalankan aktivitas dengan nyaman. Sebagai salah satu indera penting, mata memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan kita. Tanpa mata kita tidak dapat menikmati keindahan dunia dan segala sesuatu yang ada di dalamnya. Oleh karenanya, menjaga kesehatan mata harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar indera penglihatan kita bisa bekerja secara maksimal. Rutin melakukan pemeriksaan mata di dokter spesialis mata adalah upaya terbaik dalam menjaga kesehatan mata.

Pemeriksaan mata rutin menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan demi menjaga kesehatan mata. Pemeriksaan mata sendiri adalah serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui fungsi penglihatan yang dimiliki seseorang. Dimana dalam tes tersebut dilakukan pemeriksaan fokus penglihatan dan pemeriksaan jarak pandang. Selanjutnya, hasil tes tersebut dapat membantu menentukan apakah seseorang memiliki masalah penglihatan. Seperti kelainan refraksi atau kesalahan bias yang bisa meliputi rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme dan masalah penglihatan lainnya.

Dokter spesialis mata dapat membantu anda melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh. Dalam pemeriksaan mata terdapat serangkaian pemeriksaan mata, seperti fokus dan kualitas penglihatan. Kemudian pemeriksaan kondisi fisik mata dan pemeriksaan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan mata. Selama menjalani pemeriksaan mata tersebut, dokter mata juga akan menanyakan apakah terdapat keluhan pada mata atau keluhan terkait dengan penglihatan. Riwayat kesehatan mata keluarga mungkin juga ditanyakan, untuk mencegah risiko penyakit mata bawaan sejak dini.

Melakukan pemeriksaan mata rutin dapat membantu anda mengetahui risiko gangguan mata sejak dini. Dengan demikian tindakan pencegahan dan perawatan bisa dilakukan semaksimal mungkin untuk hasil yang lebih memuaskan. Anda perlu mengetahui kapan sebaiknya melakukan pemeriksaan mata. Karena penting sekali segera melakukan pemeriksaan mata untuk mencegah risiko penyakit mata berbahaya. Apabila anda merasakan keluhan berikut ini sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan mata.

  • Salah satu atau kedua mata membengkak
  • Mata merah dan terasa nyeri
  • Mata yang sering merasakan silau atau terasa lebih sensitif terhadap cahaya dari biasanya
  • Pandangan yang kabur dan buram
  • Penglihatan yang berbayang atau penglihatan ganda
  • Mata yang sering atau banyak mengeluarkan air mata
  • Mata yang terasa kering
  • Mengalami cedera pada mata
  • Mengalami sakit di sekitar area mata
  • Kelopak mata yang sulit dibuka atau sulit ditutup

Baca Juga: Pelajari tentang Terapi Ortho-K Aman untuk Penglihatan yang Lebih Jelas

Keluhan-keluhan yang disebutkan di atas bisa menandakan bahwa terdapat penyakit mata yang membutuhkan penanganan segera. Walau begitu, meski anda tidak merasakan adanya keluhan yang muncul pada mata, sangat dianjurkan untuk tetap melakukan pemeriksaan mata secara berkala. Seberapa sering anda perlu melakukan pemeriksaan dan konsultasi mata dengan dokter spesialis mata yaitu:

  • Pada usia balita setidaknya dilakukan pemeriksaan mata¬† sekali sebelum bayi berusia 3 tahun atau sesuai dengan anjuran dokter mata.
  • Anak-anak dan remaja perlu melakukan pemeriksaan mata setiap 1-2 tahun sekali.
  • Pada orang dewasa pemeriksaan mata perlu dilakukan setiap dua tahun sekali.
  • Pada lansia atau lanjut usia di atas 65 tahun pemeriksaan mata perlu dilakukan setiap satu tahun sekali.

Selain rutin melakukan pemeriksaan mata, menjaga kesehatan mata juga perlu didukung dengan menerapkan pola hidup sehat. Dimana pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Menggunakan alat pelindung mata saat bekerja atau beraktivitas di luar ruangan penting untuk menjaga mata dari paparan sinar UV yang dapat mengganggu kesehatan mata. Menerapkan kebiasaan yang baik selama melakukan aktivitas visual seperti membatasi waktu bekerja di depan layar komputer juga berperan penting demi menjaga kesehatan mata.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.