Pusat Terapi Mata – Mata adalah salah satu panca indera penting yang digunakan melihat segala keindahan yang ada di dunia. Sebagai indera penglihatan manusia, penting untuk menjaga kesehatan mata dengan baik. Sehingga, mata sebagai indera penglihatan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Karena mata yang sehat sangat penting dalam memberikan kualitas penglihatan yang baik bagi setiap orang.

Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata

Pentingnya menjaga kesehatan mata harus disadari dengan baik. Selain melakukan pemeriksaan mata secara rutin, kita juga harus menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi nutrisi penting untuk kesehatan mata juga dapat menjaga mata tetap sehat. Selain itu, anda juga perlu menerapkan kebiasaan yang baik saat melakukan aktivitas visual. Sebaiknya, anda menghindari untuk melakukan aktivitas visual dalam jarak dekat dengan waktu lama. Karena hal tersebut dapat membuat mata lelah hingga otot mata yang tegang.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga mata tetap sehat. Seperti menghindari paparan langsung sinar matahari (UV) karena dapat berdampak buruk pada kesehatan mata. Gunakanlah pelindung mata atau kacamata saat anda berada di luar ruangan untuk melindungi mata dari paparan sinar UV dan masuknya benda asing. Selanjutnya, anda juga harus memperhatikan aturan 20-20-20. Yaitu istirahatkan mata setiap 20 menit saat menatap layar gawai atau gadget dengan memalingkan mata selama 20 detik melihat objek sejauh 20 meter.

Jenis Permasalahan Mata yang Umum Terjadi

Terdapat berbagai jenis permasalahan mata yang dapat mempengaruhi kemampuan penglihatan seseorang. Seperti pandangan kabur, melihat bintik-bintik hitam, mata terasa silau saat melihat cahaya di malam hari, dan lain sebagainya. Pusat terapi mata dapat membantu siapa saja dengan permasalahan mata untuk memperbaikinya. Beberapa jenis permasalahan mata yang harus diwaspadai dan membutuhkan penanganan lanjut, yaitu:

  • Buta Warna, yaitu kondisi di mana seseorang tidak dapat melihat spektrum warna tertentu. Buta warna sendiri bisa dikelompokkan menjadi buta warna sebagian, yaitu tidak dapat melihat spektrum warna merah dan atau hijau. Dan buta warna komplit yaitu tidak dapat melihat seluruh spektrum warna, namun ini sangat jarang terjadi.
  • Rabun Jauh (Miopia), kondisi dimana segala sesuatu atau objek yang berada pada jarak jauh akan terlihat kabur. Resiko gangguan mata ini semakin tinggi pada mereka yang memiliki riwayat keluarga¬† menderita rabun jauh.
  • Rabun Dekat (Hiperopia), kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk melihat benda-benda yang letaknya cukup dekat. Gangguan mata ini adalah kebalikan dari rabun jauh, dimana segala sesuatu atau objek yang dekat akan tampak kabur atau buram.

Baca Juga: Pentingnya Pemeriksaan Mata Lengkap untuk Jaga Kesehatan Mata

  • Presbiopia, yaitu gangguan penglihatan yang berkaitan erat dengan penuaan. Dimana seseorang akan mengalami kesulitan untuk membaca tulisan sebagai salah satu tanda penuaan. Umumnya, kondisi ini mulai terjadi saat seseorang memasuki usia 40 tahun.
  • Astigmatisma (Silinder), yaitu pandangan pada jarak berapa pun yang kabur dan buram. terganggu. Kondisi ini bisa terjadi saat kornea memiliki bentuk yang tidak normal sehingga mengakibatkan terbentuknya banyak titik fokus pada retina.
  • Glaukoma, kondisi yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik di dalam mata. Gejala awal yang biasa sering muncul adalah hilangnya lapang pandang sebagian. Kondisi glaukoma yang memburuk dapat menyebabkan seseorang kehilangan penglihatannya.
  • Katarak, gangguan mata yang membuat penglihatan menjadi kabur secara perlahan. Ini disebabkan akibat protein yang menumpuk di dalam lensa mata karena faktor usia, sehingga membuat lensa menjadi keruh.
  • Ambliopia (Mata Malas), yaitu salah satu mata yang tidak dapat melihat dengan baik. Kondisi ini dapat terjadi karena mata juling atau gangguan ketajaman penglihatan pada salah satu mata.

Penting sekali menjaga mata kita tetap sehat untuk penglihatan yang jelas dan tajam. Segera periksakan mata apabila anda mengalami gejala atau tanda permasalahan mata. Pusat terapi mata profesional akan membantu anda memperbaiki masalah penglihatan dengan hasil yang lebih efektif.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.