Klinik Gangguan Mata – Mata adalah indra penglihatan yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan kita. Dimana mata merupakan organ penting dalam sistem visual yang bekerja dengan memfokuskan cahaya ke retina dan memprosesnya sebagai informasi visual menuju otak. Selanjutnya dapat menghasilkan penglihatan yang jelas. Penting sekali menjaga kondisi kesehatan mata agar sistem visual tetap bekerja secara maksimal.

Munculnya penyakit mata bisa berdampak pada penurunan kemampuan penglihatan seseorang. Penyakit mata sendiri merupakan gangguan kesehatan yang cukup umum terjadi dan dialami oleh banyak orang. Dimana keluhan yang sering dialami seperti mata merah, mata gatal, mata perih, gangguan penglihatan, pandangan kabur dan lainnya. Penyakit mata sendiri juga bisa menyerang siapa saja dari berbagai segi faktor usia dan berbagai faktor lainnya.

Ada banyak jenis gangguan kesehatan mata atau penyakit mata yang berdampak pada penglihatan. Penting sekali untuk mengenali penyakit mata tersebut agar bisa melakukan pencegahan. Klinik gangguan mata dapat membantu anda melakukan pemeriksaan penyakit mata. Beberapa penyakit mata paling umum di masyarakat yang perlu diketahui diantaranya yaitu:

Katarak

Katarak adalah penyakit mata yang menyebabkan lensa mata menjadi berawan dan keruh. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan penglihatan anda tampak kabur. Penderita katarak biasanya akan kesulitan untuk melihat di malam hari dan tidak bisa membedakan warna dengan jelas. Selain itu, penderitanya juga akan lebih peka terhadap cahaya.

Glaukoma

Glaukoma adalah gangguan kesehatan mata yang mengikis dan merusak saraf optik. Dimana saraf optik yang bertugas untuk menunjang penglihatan mengalami gangguan. Kerusakan yang terjadi pada saraf optik tersebut disebabkan oleh timbunan cairan dalam mata. Yang mana kemudian meningkatkan tekanan di dalam bola mata dan memicu risiko glaukoma.

Masalah Refraksi Mata

Masalah atau kelainan refraksi mata merupakan gangguan penglihatan yang cukup umum terjadi. Masalah refraksi mata dapat menyebabkan cahaya yang masuk ke mata tidak terpusat atau fokus langsung ke retina. Kondisi ini terdiri dari beberapa jenis gangguan penglihatan seperti rabun dekat, rabun jauh, astigmatisme, dan presbiopi.

Konjungtivitis (Mata Merah)

Konjungtivitis adalah peradangan atau infeksi yang terjadi pada selaput transparan (konjungtiva). Dimana selaput konjungtiva tersebut berfungsi untuk melapisi kelopak mata, dan menutupi bagian putih bola mata. Ketika pembuluh darah kecil yang terdapat pada bagian konjungtiva mengalami peradangan, maka akan terlihat warna merah. Yang mana warna merah tersebut menutupi bagian putih dari bola mata.

Baca Juga: Waktu yang Baik untuk Periksa Mata Rutin di Klinik Mata

Amblyopia (Mata Malas)

Amblyopia atau yang juga dikenal sebagai mata malas adalah gangguan mata yang sering terjadi pada anak-anak. Gangguan mata ini terjadi ketika penglihatan pada salah satu mata mengalami penurunan atau berkurang kemampuannya. Kondisi tersebut terjadi karena mata dan otak yang tidak dapat bekerja sama dengan baik.

Strabismus

Strabismus atau dikenal juga dengan sebutan mata juling adalah gangguan penglihatan akibat ketidaksejajaran bola mata. Ini adalah kondisi dimana terjadi ketidakseimbangan posisi pada kedua mata, sehingga mata akan terlihat juling. Ini terjadi akibat kurangnya koordinasi antara kedua mata, sehingga mata melihat ke arah yang berbeda dan tidak dapat fokus pada satu titik dengan bersamaan.

Buta Warna

Buta warna adalah penyakit mata yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang dalam melihat warna tertentu. Bahkan penderitanya tidak dapat membedakan beberapa jenis warna. Kondisi ini disebabkan oleh sel-sel warna di mata (sel kerucut) tidak berfungsi dengan baik. Kondisi paling parah dari buta warna adalah ketika seseorang hanya bisa melihat dalam bayangan abu-abu. Meski begitu, kasus tersebut sangatlah jarang terjadi.

Mata Kering

Mata kering merupakan kondisi dimana mata tidak mampu menghasilkan air mata dalam jumlah yang cukup. Dalam kondisi ini, anda akan merasa seperti ada sesuatu di dalam mata atau merasakan sensasi terbakar. Kondisi mata kering yang parah dapat menyebabkan kekeringan ekstrem yang berdampak pada penglihatan.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.