Gangguan penglihatan low vision seringkali membuat seseorang kesulitan dalam menjalani rutinitas dan aktivitasnya sehari-hari. Ini adalah istilah masalah visual yang mengacu pada penglihatan rendah dengan ketajaman visual yang buruk. Dimana kondisi ini tidak bisa sepenuhnya dikoreksi dengan menggunakan kacamata resep atau lensa kontak. Seseorang dengan gangguan penglihatan low vision umumnya masih memiliki penglihatan yang tersisa yang masih dapat dimaksimalkan untuk memperoleh manfaat visual yang lebih baik.

Ketahui Apa itu Low Vision?

Low vision merupakan masalah penglihatan yang membuat penderitanya sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kondisi ini tidak dapat diperbaiki dengan kacamata resep, lensa kontak, atau perawatan standar lainnya. Dimana penderita low vision mungkin memiliki ketajaman visual yang buruk dan kemampuan penglihatan yang rendah. Penderita low vision umumnya mengalami kesulitan terkait dengan tugas visual seperti saat membaca, menyetir, mengenali wajah orang, membedakan warna, hingga melihat objek dengan jelas. Sangat penting untuk segera melakukan pengobatan dengan tepat untuk mencegah kondisi low vision semakin memburuk.

Low vision atau penglihatan rendah merupakan istilah medis yang mengacu pada ketajaman penglihatan yang berada pada 20/70 atau lebih buruk. Dimana dalam kebanyakan kasus, pasien dengan low vision tidak dapat memperbaiki penglihatannya sepenuhnya. Low vision bisa meliputi kehilangan penglihatan sentral, penglihatan perifer, rabun senja hingga penglihatan kabur. Pasien dengan kondisi low vision membutuhkan perawatan yang dapat memaksimalkan penglihatan yang masih tersisa dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Dengan begitu penderita low vision bisa melaksanakan aktivitasnya secara mandiri tanpa bantuan orang lain.

Apa Penyebab Low Vision?

Terdapat banyak kondisi mata yang dapat menyebabkan timbulnya gangguan penglihatan low vision. Kondisi ini juga seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan atau penyakit yang dapat mempengaruhi kondisi mata. Penyebab paling umum timbulnya gangguan penglihatan low vision yaitu:

  • Degenerasi makula terkait usia atau AMD
  • Katarak
  • Glaukoma
  • Retinopati diabetik
  • Retinitis pigmentosa dan kondisi lainnya.

Low vision atau penglihatan rendah lebih sering terjadi pada orang dewasa dan lebih sering pada lansia. Masalah seperti cedera mata dan otak serta kelainan genetik tertentu juga dapat menyebabkan low vision.

Baca Juga: Ketahui Hal Penting Terkait dengan Orthokeratology

Bagaimana Pasien Bisa Memanfaatkan Sisa Penglihatan Secara Maksimal?

Jika Anda menderita low vision atau penglihatan rendah, maka perlu menemukan cara tepat untuk memaksimalkan penglihatan yang tersisa. Jika kondisi low vision anda masih belum parah, Anda mungkin dapat membuat perubahan kecil yang membantu anda menjalani aktivitas sehari-hari, seperti:

  • Menggunakan lampu yang lebih terang
  • Mengenakan kacamata anti silau
  • Menggunakan lensa pembesar untuk membaca dan aktivitas jarak dekat lainnya.

Namun, jika kehilangan penglihatan Anda menghalangi aktivitas sehari-hari, maka segera konsultasikan dengan dokter mata tentang rehabilitasi penglihatan rendah. Dokter dapat membantu Anda belajar bagaimana menjalani hidup dengan low vision. Ini bisa mencakup pelatihan tentang cara menggunakan alat pembesar untuk membaca. Kemudian panduan untuk mengatur rumah Anda sehingga Anda dapat bergerak dengan mudah. Serta berbagi sumber daya untuk membantu Anda mengatasi kehilangan penglihatan akibat low vision. Rehabilitasi penglihatan membantu anda memaksimalkan penglihatan yang masih anda miliki untuk kualitas hidup anda.

Penderita low vision juga perlu memperoleh alat bantu penglihatan rendah yang membantu mereka untuk tetap mandiri dan terus menjalani kehidupannya. Beberapa alat bantu low vision membantu dengan membuat segalanya tampak lebih besar dan lebih cerah. Adapun alat yang memungkinkan pasien untuk lebih mengandalkan audio dan pendengaran. Orang dengan low vision juga dapat mengatur ulang lingkungan mereka untuk membuat kehidupan sehari-hari lebih mudah bagi mereka.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.