Ortho-K – Sekarang ini ini ada lensa khusus yang digunakan untuk mengatasi masalah kelainan refraksi. Dimana lensa khusus tersebut dikenal sebagai lensa ortho-k. Lensa khusus ini memiliki cara penggunaan dan prosedur pemakaian yang berbeda dengan jenis lensa kontak biasa. Dimana lensa ortho-k berfungsi untuk memperbaiki penglihatan dan secara khusus dapat membantu mengurangi minus pada mata. Ketahui apa saja fungsi serta manfaat dari lensa pada pembahasan berikut ini.

Definisi Umum Ortho-K

Lensa ortho-k juga bisa disebut sebagai orthokeratology, yang mana merupakan prosedur non bedah untuk mengatasi permasalahan penglihatan. Prosedur ini menggunakan lensa khusus permeabel gas untuk membentuk kembali kornea. Lensa ortho-k digunakan di malam hari dan bekerja secara lembut untuk memperbaiki bentuk kornea secara signifikan. Dimana selanjutnya prosedur non bedah ini dapat menangani berbagai kesalahan refraksi terutama mata minus. Anda bisa memiliki penglihatan yang jelas, meski tanpa bantuan kacamata resep dan lensa kontak.

Fungsi Ortho-K Sebagai Solusi Koreksi Penglihatan

Lensa orthokeratology atau ortho-k memiliki fungsi untuk mengoreksi kelainan refraksi atau kesalahan bias. Lensa ini juga dapat membantu menghambat perkembangan miopia progresif yang diderita oleh anak-anak. Pemakaian lensa secara rutin akan memaksimalkan proses pembentukan kembali kornea mata. Yang mana akan mengubah kelengkungan kornea mata menuju bentuk normal. Sehingga dapat memperbaiki serta mengoreksi kelainan refraksi yang terjadi. Dengan begitu setiap orang memiliki penglihatan bebas tanpa perlu menggunakan alat bantu optik.

Siapa Saja yang Membutuhkan Ortho-K?

Ortho-k sebagai lensa permeabel gas direkomendasikan untuk mereka yang memiliki kelainan refraksi. ini juga bisa digunakan bagi penderita miopi, astigmatisma, hingga presbiopi. Bahkan lensa ortho-k juga ideal untuk anak-anak yang memiliki masalah penglihatan seperti miopia progresif. Pasien yang ingin mengatasi gangguan penglihatan dengan hasil yang efektif tanpa perlu operasi bisa memperoleh manfaat dari lensa ortho-k ini. Dimana ortho-k akan memberikan lebih banyak kebebasan kepada para penggunanya. Mereka bisa menikmati penglihatan yang lebih baik serta ketajaman visual yang baik tanpa perlu bergantung lagi pada lensa kontak dan kacamata resep.

Baca Juga: Pentingnya Menghentikan Perkembangan Mata Minus

Bagaimana Prosedur Ortho-K?

Bentuk kornea mata menentukan apakah gambar akan tampak terdistrorsi. Ketika kornea mata mengalami masalah seperti kelengkungan yang abnormal, tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap pemrosesan visual. Dimana gambar yang dilihat bisa nampak kabur, buram hingga berbayang. Disini ortho-k memiliki peran penting dalam memperbaiki bentuk kornea tersebut untuk kembali pada bentuk semula. Dengan demikian, kornea dapat menentukan penglihatan yang dilihat nampak jelas karena proses visual berlangsung dengan tepat.

Untuk melakukan prosedur ortho-k diperlukan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh. Dimana pemeriksaan kesehatan mata ini akan dilakukan sebelum memulai prosedur ortho-k. Dokter mata akan melakukan serangkaian tes untuk mengetahui apakah Anda cocok dan sesuai menggunakan terapi ortho-k. Ketika hasil evaluasi mata telah didapatkan, maka anda akan melakukan pemeriksaan kornea mata menggunakan topografi. Yang mana berfungsi untuk memetakan setiap detail kornea. Hal ini yang nantinya dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan lensa ortho-k.

Pemetaan kornea akan dilakukan dengan cara merefleksikan cahaya dari topografi yang direfleksikan pada permukaan bagian depan mata. Dari hasil pemetaan tersebut, maka diketahui ukuran serta bentuk kornea mata pasien. Pemeriksaan kornea mata ini memiliki tujuan agar lensa yang dibuat sesuai dengan kondisi pasien. Dengan begitu perawatan ortho-k bisa berjalan secara maksimal untuk hasil yang optimal.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.