Vio Optical Clinic – Apakah Anda mencurigai Anda atau orang yang Anda cintai menderita astigmatisme? Apakah Anda ingin mengetahui skala keparahan astigmatisme? Anda berada di tempat yang tepat. Silindris adalah kondisi mata umum yang terjadi ketika kornea atau lensa mata tidak melengkung sempurna, sehingga mempengaruhi cara cahaya masuk ke dalam mata Anda. Hal ini dapat menjadi penyebab penglihatan menjadi buram atau terdistorsi.

Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk fokus pada objek yang dekat dan jauh. Untungnya, kondisi ini dapat dikoreksi dengan kacamata, lensa kontak, bahkan hingga Ortho-K. Anda bisa melakukan berbagai upaya pengobatan terbaik dengan pergi ke klinik mata terbaik seperti VIO OPTICAL. Mengenali tingkat keparahan astigmatisme Anda, hal ini akan membantu Anda menanganinya secara efisien dengan pilihan pengobatan yang sesuai. Jadi, bersiaplah untuk menjelajahi dunia astigmatisme. Ulasan berikut ini akan memandu Anda melalui semuanya!

Jika Anda ingin mengetahui di mana menemukan pengukuran astigmatisme pada resep kacamata Anda, berikut ini adalah ringkasannya: Angka pertama pada resep Anda menunjukkan apakah Anda menderita rabun jauh (tanda minus) atau rabun dekat (tanda plus). Semakin besar angkanya, semakin kuat kekuatan lensa yang diperlukan untuk mengoreksi penglihatan Anda. Lalu ada CYL, yang menunjukkan tingkat keparahan astigmatisme Anda dalam dioptri. Terakhir, ada Axis. Nilai ini menunjukkan di mana posisi silindris Anda dalam derajat, mulai dari 0 hingga 180.

Mengenal Skala Keparahan Astigmatisme

Sangat penting untuk memahami tingkat keparahan kondisi Anda untuk menentukan terapi yang sesuai. Sumbu skala keparahan astigmatisme memiliki empat kategori: ringan, sedang, berat, dan ekstrem. Mari kita kenali mereka secara mendetail:-

  • Silindris Ringan: Silindris ringan kurang dari 1,00 dioptri. Ini adalah kondisi yang cukup standar. Silindris ringan sangat umum terjadi, dan gejalanya sangat ringan sehingga Anda mungkin mengalaminya dan tidak mengetahuinya. Kebanyakan orang memiliki kondisi ini.
  • Silindris Sedang: Silindris sedang berkisar antara 1.00 hingga 2.00 dioptri. Anda mungkin memerlukan terapi agar dapat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari dengan astigmatisme sedang.
  • Silinder Parah: Silinder parah berkisar antara 2.00 hingga 3.00 dioptri, dan merupakan kondisi yang cukup serius. Dokter mata Anda mungkin akan menyarankan kacamata korektif atau lensa kontak untuk menangani astigmatisme parah.
  • Silindris Ekstrem: Silindris yang melebihi skala Silindris parah disebut Silindris ekstrem. Seperti namanya, gejala-gejala tingkat keparahan astigmatisme ini bisa sangat ekstrem dan memerlukan perhatian medis segera.

Baca Juga: Mengapa Penglihatan Jadi Terganggu Setelah Mengalami Stroke?

Diagnosis Spesialis Mata

Untuk mengetahui apakah Anda menderita astigmatisme, spesialis memiliki beberapa trik. Trik tersebut adalah:

  • Bagan Mata: Pertama, Anda memiliki bagan mata klasik – Anda tahu, bagan mata dengan huruf E besar di bagian atas?
  • Phoropter: Lalu ada phoropter, yang seperti topeng mewah untuk mata Anda yang membantu spesialis menyesuaikan penglihatan Anda.
  • Autorefractor: Selanjutnya, spesialis mungkin akan menggunakan autorefractor, yang merupakan alat keren yang mengukur perubahan cahaya saat bergerak melalui kornea dan lensa Anda.
  • Keratometer atau Topografi Kornea: Keratometer atau topografi kornea membantu spesialis memetakan bentuk kornea Anda untuk mengetahui apakah kornea Anda menyebabkan penglihatan yang tidak lurus. Ini seperti sedikit petualangan mata di ruang praktek spesialis!

Tingkat Keparahan Astigmatisme seperti Apa yang Membutuhkan Kacamata?

Kebutuhan kacamata sebagian besar ditentukan oleh derajat silindris. Jika Anda memiliki silindris ringan, Anda mungkin tidak memerlukan kacamata sama sekali. Namun, misalkan astigmatisme Anda sedang hingga parah. Dalam hal ini, kacamata dapat membantu mengoreksi penglihatan Anda dan mengurangi kekaburan atau distorsi yang mungkin Anda alami. Sebaiknya Anda memeriksakan mata Anda ke spesialis spesialis mata terbaik seperti VIO OPTICAL untuk menentukan tindakan terbaik bagi kasus unik Anda.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO OPTICAL adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.