Ortho-K – Permasalahan visual seringkali menghambat aktivitas seseorang. Tidak terkecuali masalah kelainan refraksi yang dapat mempengaruhi ketajaman visual dan kemampuan visual seseorang. Meski masalah kelainan refraksi dapat dibantu dan dikoreksi dengan lensa korektif, namun pada sebagian kasus ini membutuhkan perawatan khusus. Sekarang ini ortho-k (orthokeratology) hadir sebagai solusi untuk memperbaiki masalah kelainan refraksi dengan hasil yang lebih efektif.

Apa itu Ortho-K (Lensa Malam)?

Ortho-k atau orthokeratology adalah sepasang lensa khusus yang digunakan sebagai perawatan bagi penderita kelainan refraksi. Berbeda dengan jenis lensa pada umumnya, lensa khusus ini hanya digunakan di malam hari saat tidur. Karena pemakaiannya yang hanya dilakukan di malam hari, membuat lensa ortho-k sering dijuluki dengan lensa malam. Lensa khusus ini dapat digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan penglihatan akibat kelainan refraksi, seperti miopi, hiperopia, astigmatisme hingga presbiopi.

Bagaimana Cara Kerja Lensa Ortho-K?

Ortho-k adalah lensa khusus yang hanya dipakai pada malam hari sebagai perawatan untuk mengatasi masalah kelainan refraksi. Saat dipakai di malam hari, lensa akan membentuk ulang kornea dengan memberikan sedikit tekanan pada kornea mata. Dengan demikian mampu memperbaiki ametropia, terutama pada kasus rabun jauh dan astigmatisme. Pada siang hari, pasien dapat melakukan aktivitasnya tanpa kacamata atau lensa kontak dengan bebas.

Lensa ortho-k dipakai di mata sebelum tidur untuk meratakan bentuk kornea. Dengan memberikan sedikit tekanan pada kornea, maka kelengkungan kornea akan kembali rata secara perlahan. Setelah memakai lensa di malam hari, bentuk kornea yang dikoreksi tetap ada selama berjam-jam bahkan setelah lensa dilepas. Kembalinya bentuk kornea yang normal, memungkinkan cahaya untuk fokus secara tepat pada retina. Hal tersebut yang kemudian membuat penglihatan anda kembali jelas tanpa perlu memakai kacamata resep atau lensa kontak lagi.

Lensa ortho-k memiliki lekukan khusus pada bagian dalam yang disesuaikan untuk setiap pasien. Desain ortho-k pada setiap pasien berbeda, ini tergantung pada kondisi pasien. Apakah pasien bersangkutan mengalami rabun, hiperopia atau astigmatis. Saat ortho-k dipakai di malam hari, lapisan terluar mata yaitu epitel kornea, menyesuaikan dengan bentuk lensa dengan bertahap. Setelah lensa digunakan selama tidur di malam hari, mata telah beradaptasi dengan lensa dan menghasilkan penglihatan yang normal. Efek tersebut dapat berlangsung sepanjang hari yang memungkinkan anda memiliki penglihatan bebas yang lebih tajam.

Baca Juga: Terapi Ortho-K Pengobatan Mata Minus Tanpa Operasi

Untuk Siapa Prosedur Ortho-K Dapat Digunakan?

Ortho-k adalah prosedur non bedah yang lebih aman dan nyaman sebagai koreksi penglihatan dengan hasil yang efektif. Lensa ini bisa digunakan oleh siapa saja dengan kelainan refraksi. pada umumnya, lensa ortho-k dapat memperbaiki masalah kelainan refraksi seperti miopia dengan derajat hingga -6,00 dioptri. Ini juga dapat digunakan pada penderita astigmatisme dengan nilai kelainan refraksi tidak melebihi silinder -2,50 dioptri. Lensa ortho-k atau lensa malam dapat digunakan untuk mengoreksi ametropia tanpa operasi yang menawarkan hasil efektif.

Karena lensa ortho-k hanya dipakai di malam hari, maka lensa tidak akan menghambat aktivitas anda. Hasilnya yang bisa anda rasakan begitu melepas lensa di pagi hari memungkinkan nada untuk tidak menggunakan alat bantu visual seperti kacamata resep  di siang hari. Pemakaian lensa ortho-k juga menjadi pilihan yang sangat cocok bagi mereka yang berolahraga, terutama olahraga air. Kemudian mereka yang sering berada di lingkungan berdebu, dan ketajaman visual yang baik menjadi syarat bagi profesinya. Ini adalah perawatan non invasif yang memberikan hasil efektif untuk memperbaiki masalah kelainan refraksi.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.