VIO OPTICAL – Kerusakan saraf yang terjadi pada penderita diabetes disebut neuropati diabetes. Kondisi ini merupakan komplikasi diabetes. Pada penderita diabetes, saraf tubuh dapat rusak akibat penurunan aliran darah dan kadar gula darah (glukosa) yang tinggi. Kondisi ini lebih mungkin terjadi apabila kadar gula darah tidak terkontrol dengan baik dari waktu ke waktu. Sekitar separuh penderita diabetes mengalami kerusakan saraf. Salah satunya adalah neuropati diabetik. Pastinya harus segera diobati dengan pergi ke klinik mata terbaik seperti VIO OPTICAL. Gejala sering kali tidak muncul hingga bertahun-tahun setelah diabetes didiagnosis.

Beberapa orang yang menderita diabetes yang berkembang secara perlahan-lahan sudah mengalami kerusakan saraf ketika pertama kali didiagnosis. Penderita diabetes juga berisiko lebih tinggi untuk mengalami masalah saraf lain yang tidak disebabkan oleh diabetes mereka. Masalah saraf lain ini tidak memiliki gejala yang sama dan akan berkembang dengan cara yang berbeda dari kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes.

Diabetes terus meningkat di seluruh dunia, dan merupakan penyakit serius seumur hidup yang dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan masalah saraf, mata, dan kaki yang berkepanjangan. Mari kita bahas tentang diabetes dan perbedaan antara tiga jenis diabetes. Jadi, apa sebenarnya diabetes itu dan dari mana asalnya?

Sebuah organ dalam tubuh Anda yang disebut pankreas memproduksi insulin, hormon yang mengontrol kadar gula darah Anda. Bila Anda memiliki terlalu sedikit insulin dalam tubuh Anda, atau bila insulin tidak bekerja dengan baik di dalam tubuh Anda, Anda dapat menderita diabetes, yaitu kondisi di mana Anda memiliki kadar glukosa atau gula yang sangat tinggi dalam darah.

Biasanya ketika Anda makan makanan, glukosa masuk ke dalam aliran darah Anda. Glukosa adalah sumber bahan bakar tubuh Anda. Pankreas Anda membuat insulin untuk memindahkan glukosa dari aliran darah Anda ke dalam otot, lemak, dan sel-sel hati, di mana tubuh Anda mengubahnya menjadi energi. Penderita diabetes memiliki terlalu banyak gula darah karena tubuh mereka tidak dapat memindahkan glukosa ke dalam sel lemak, hati, dan otot untuk diubah menjadi dan disimpan sebagai energi. Ada tiga jenis utama diabetes. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh hanya membuat sedikit atau tidak sama sekali memproduksi insulin.

Biasanya didiagnosis pada anak-anak, remaja, atau dewasa muda. Tetapi sekitar 80% penderita diabetes memiliki apa yang disebut diabetes tipe 2. Penyakit ini sering terjadi pada usia dewasa madya, tetapi dewasa muda, remaja, dan sekarang bahkan anak-anak sekarang didiagnosis dengan penyakit ini terkait dengan tingkat obesitas yang tinggi.

Pada Diabetes Tipe 2, sel-sel lemak, hati, dan otot Anda tidak merespons insulin dengan tepat. Jenis diabetes lainnya disebut diabetes gestasional. Ini terjadi ketika gula darah tinggi berkembang selama kehamilan pada seorang wanita yang tidak memiliki diabetes sebelumnya. Diabetes gestasional biasanya hilang setelah bayi lahir.

Baca Juga: Mengapa Mata Berair? Penyebab dan Tanda-Tanda Masalah Kesehatan Mata

Namun, tetap perhatikan. Para wanita ini berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 selama 5 tahun ke depan tanpa perubahan gaya hidup. Diabetes tipe 2 merupakan peringatan untuk fokus pada diet dan olahraga untuk mencoba mengendalikan gula darah Anda dan mencegah masalah. Jika Anda tidak mengontrol gula darah Anda, Anda dapat mengalami masalah mata, memiliki masalah dengan luka dan infeksi pada kaki Anda, memiliki tekanan darah tinggi dan masalah kolesterol, serta memiliki masalah ginjal, jantung, dan masalah dengan organ-organ penting lainnya.

Penderita Diabetes Tipe 1 perlu mengonsumsi insulin setiap hari, biasanya disuntikkan di bawah kulit dengan menggunakan jarum. Sehingga, tidak kalah penting untuk memeriksakan mata minimal setiap tahun sekali ke VIO OPTICAL. Beberapa orang mungkin dapat menggunakan pompa yang menyalurkan insulin ke tubuh mereka setiap saat.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO OPTICAL adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.