Hi, Healthy Peeps!

Tahu gak sih? Mata kita memiliki peranan penting baik dari segi penyebaran dan pencegahan Coronavirus / COVID-19.

Untuk mencegah risiko penyebaran COVID-19, hindarilah memegang mata, hidung, mulut secara langsung dengan tangan yang belum dibersihkan. Karena organ-organ tersebut yang paling rentan untuk terkontaminasi masuknya Coronavirus ke dalam tubuh.

Nah, sebagai Eyecare Professional, VIO ingin membagikan tips menjaga kesehatan mata agar terhindar dari Coronavirus / COVID-19 ini. Yuk simak tipsnya berikut ini!

  1. Mencuci tangan secara rutin

    *Kita harus rutin mencuci tangan ya, Healthy Peeps. Gunakan sabun cuci tangan dan air yang mengalir selama 20 detik khususnya sehabis dari tempat-tempat umum, setelah makan, menggunakan toilet, menggosok hidung, batuk, atau bersin.
    *Hindari memegang mata secara langsung. Hal ini berlaku juga untuk hidung dan mulut.
  2. Kurangi intensitas keluar rumah / Social Distancing

    *Hindari bersentuhan dengan orang yang sedang sakit
    *Tetaplah di rumah jika Anda sakit – kecuali untuk pergi pengobatan ke Dokter / Rumah Sakit
  3. Lindungi organ yang mudah terkontaminasi dengan virus / bakteri

    *Mata – Kamu bisa menggunakan kacamata saat ada kepentingan untuk keluar. Secara tidak langsung, kacamata akan mengurangi risiko untuk terkontaminasi dengan virus/bakteri yang mudah menular seperti COVID-19.Khususnya bagi orang dewasa yang sudah menggunakan kacamata baca, pasti memiliki kebiasaan yang menaruh kacamata (tak sedikit yang menaruhnya sembarangan) lalu dipakai tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini harus diperhatikan karena virus dan bakteri bisa saja hinggap pada kacamata yang jorok atau jarang dibersihkan.

    Yuk ikuti panduan membersihkan kacamata dari VIO yang baik dan benar. Simak videonya di bawah ini!

    *Hidung & Mulut – Jika Anda sakit khususnya yang berhubungan dengan saluran pernapasan, Anda dianjurkan untuk menggunakan masker juga untuk mengurangi risiko penyebaran virusnya.

  4. Bersihkan dan lakukan desinfektansi terhadap permukaan-permukaan barang yang sering kita sentuh setiap hari seperti meja, kursi, dll.

    Para pakar kesehatan menyatakan bahwa virus bisa hinggap berjam-jam bahkan berhari-hari di permukaan barang dari material apapun. Kita bisa mencegah virus itu bertebaran jika kita sering mendensifektan rumah dan sekitar secara rutin.

Sekian tips-tips untuk melindungi kesehatan mata dan tubuh secara keseluruhan dari Coronavirus / COVID-19. Tetap berjaga-jaga, jangan panik dan jagalah kebersihan dimanapun kita berada. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan YME.

PS: VIO Optical Clinic membuka layanan konsultasi secara online mulai dari jam operasional 09.00-21.00 Jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan mata, yuk hubungi VIO segera.