Meningkatnya penderita gangguan penglihatan yang dialami oleh seseorang, menyebabkan kebutuhan akan kacamata juga meningkat. Kacamata menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang yang memiliki masalah penglihatan seperti mata minus, mata plus, dan mata silinder. Namun, tidak sedikit orang yang masih kurang kesadaran untuk memilih kacamata di optik. Mereka seringkali memilih kacamata biasa yang memiliki harga relatif lebih terjangkau. Padahal, kacamata biasa yang dibeli tersebut tidak bekerja secara maksimal dalam membantu mengatasi gangguan penglihatan anda.

Kacamata merupakan alat bantu yang berfungsi untuk membantu seseorang agar dapat melihat suatu objek dengan lebih jelas. Ketika seseorang mengalami kelainan refraksi mata seperti minus, plus, dan silindris, maka mereka akan memiliki penglihatan yang buram. Sehingga, diperlukan alat bantu optik atau lensa korektif seperti kacamata untuk membantu mereka memiliki visi yang jelas. Dalam hal ini, kacamata memiliki standar untuk dapat digunakan sebagai alat bantu penglihatan sesuai dengan kondisi gangguan mata yang diderita seseorang. Standar atau kriteria kacamata yang baik tersebut diantaranya yaitu:

  • Lensa kacamata memiliki pelindung terhadap sinar ultraviolet (UV)
  • Lensa memiliki ukuran OD/R = 0, dan OS/L = 0
  • Lensa memiliki jarak antar pupil yang akurat
  • Frame kacamata dengan ukuran yang sesuai dengan lekuk kepala
  • Cat pewarna frame kacamata terbuat dari jenis bahan yang aman

Kriteria dan standar kacamata yang baik di atas biasanya anda dapatkan melalui optik yang menyediakan kacamata yang memenuhi standar. Pada optik kacamata dan lensa pada kacamata akan disesuaikan dengan kondisi mata anda. Berbeda dengan kacamata biasa yang dijumpai di pasaran, dimana kebanyakan belum memenuhi standar tersebut di atas dengan baik. Anda perlu untuk lebih cermat dalam memilih kacamata, karena kacamata biasa dengan harga murah dapat menyebabkan gangguan seperti:

  1. Menyebabkan Katarak

Kacamata biasa dengan harga murah biasanya tidak dilengkapi dengan lensa pelindung sinar UV-A dan UV-B. Padahal, hal tersebut sangat penting untuk menjaga mata. Dimana  mata yang terpapar sinar ultraviolet dapat menyebabkan lensa mata menjadi keruh akibat protein yang rusak. Kondisi tersebut akan memicu terjadinya katarak.

  1. Mata menjadi Rabun

Pada umumnya, lensa kacamata yang digunakan pada kacamata biasa yang murah merupakan kaca film biasa, bukan lensa minus, plus, atau silindris. Hal tersebut tentunya berpotensi menimbulkan bahaya, yang mana mata anda justru menjadi semakin rabun.

Baca Juga: Lensa Blue Control Ready Made Sama Blue Control Customize Bedanya Apa?

  1. Mata Mudah Lelah

Pada kacamata murah, jarak antar pupil pada lensa kacamata tidak seakurat kacamata optik. Kondisi tersebut dapat menimbulkan bahaya dimana mata menjadi mudah lelah dan, fokus mata tidak maksimal.

  1. Sakit Kepala

Kacamata murah tentunya memiliki kualitas yang tidak sebagus kacamata optik dengan harga yang sedikit lebih mahal. Kacamata murah yang sering dijumpai di pasaran umumnya memiliki potongan lensa yang asimetris dan frame yang mudah patah. Selain itu, interpuppillary distance yang tidak akurat seperti penjelasan di atas. Faktor-faktor tersebut akan berdampak pada timbulnya pusing yang berujung pada rasa sakit kepala.

  1. Iritasi Kulit

Bahaya memakai kacamata murah lainnya adalah dapat menyebabkan iritasi kulit. Frame kacamata yang digunakan umumnya terbuat dari bahan yang tidak higienis, serta cat yang digunakan bukanlah cat khusus. Sehingga tidak aman bagi kulit dan dapat menyebabkan iritasi.

Berbeda dengan kacamata biasa yang memiliki harga lebih murah, kacamata optik umumnya dibuat melalui prosedur pemeriksaan terlebih dulu. Pada layanan optik, anda akan mendapatkan prosedur pemeriksaan menyeluruh guna mengetahui kondisi kesehatan mata anda. Barulah, akan di resepkan kacamata yang sesuai dengan kondisi anda agar kacamata bekerja secara optimal. Tidak hanya itu, bahan yang digunakan dalam pembuatan frame juga berkualitas sehingga aman bagi kulit anda. Oleh karena itu, akan lebih bijak apabila anda menggunakan kacamata optik yang terjamin keamanannya dan kualitasnya.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata yang terpercaya dan profesional? Segera hubungi kontak person atau kunjungi Vio Optical Clinic yang menawarkan berbagai layanan kesehatan mata terbaik untuk anda dan keluarga. Kami memberikan layanan kacamata dan berbagai soft lenses dengan kualitas dan standar kesehatan terbaik. Vio Optical Clinic memiliki peralatan medis yang memadai dan canggih serta para staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Dapatkan layanan kesehatan mata terpercaya hanya bersama Vio Optical Clinic.