Ortho-K – Rabun jauh (miopia) merupakan gangguan penglihatan yang bisa mempengaruhi ketajaman visi seseorang. Ini menjadi gangguan penglihatan yang umum terjadi dan menjadi masalah bagi banyak orang. Meski lensa korektif (kacamata dan lensa kontak) bisa membantu penglihatan yang lebih jelas. Namun, tidak semua orang cocok dan sesuai dengan pilihan tersebut. saat ini telah hadir solusi non bedah yang memberikan hasil efektif sebagai koreksi rabun jauh, yaitu ortho-k. Simak penjelasan tentang ortho-k dan kegunaannya pada pembahasan berikut.

Apa itu Ortho-K?

Ortho-k adalah satu-satunya metode koreksi penglihatan yang tidak perlu memakai kacamata atau lensa kontak atau menggunakan prosedur operasi. Ini ditujukan untuk mendapatkan penglihatan yang jelas tanpa alat bantu optik. Ortho-k mampu meningkatkan kualitas serta kemampuan visual seseorang dengan pemakaian lensa khusus ortho-k saat tidur. Pada saat tidur, kornea akan beradaptasi dengan lensa sampai penglihatan benar-benar terkoreksi. Ketika bangun, lensa dilepas dan penglihatan yang baik dan jelas sepanjang hari bisa didapatkan.

Ortho-k umumnya digunakan untuk mengoreksi rabun jauh (miopia). Ini adalah cara efektif yang terbebas dari operasi dan menjadi pilihan tepat bagi orang yang ingin meninggalkan kacamata. Dan mereka yang tidak harus memakai lensa kontak sepanjang waktu lagi. Ortho-k juga direkomendasikan untuk mengoreksi penglihatan anak-anak. Dimana kemampuan visual bisa terus berubah pada tahap perkembangan visual anak hingga mereka dewasa atau di usia 20-an.

Bagaimana Cara Kerja Ortho-K?

Lensa ortho-k adalah lensa khusus yang memiliki kelengkungan pada bagian dalam yang disesuaikan untuk setiap pasien. Desain ortho-k tergantung pada kondisi pasien, apakah pasien menderita rabun, hiperopia atau astigmatisme. Saat dipakai di malam hari, lapisan terluar mata (epitel kornea), akan menyesuaikan dengan bentuk lensa. Secara perlahan, akan terjadi perubahan kelengkungan kornea yang kembali pada bentuk normal. Sehingga penglihatan yang benar-benar normal bisa didapatkan dengan pemakaian ortho-k secara rutin. Efek tersebut bisa berlangsung sepanjang hari dan memungkinkan anda menikmati penglihatan jelas tanpa perlu kacamata dan lensa kontak.

Baca Juga: Terapi Mata Minus Ortho-K untuk Kontrol Mata Minus

Sebelum pemasangan lensa ortho-k, Dokter mata akan memetakan dan mengukur permukaan kornea. Pengukuran ini dilakukan menggunakan alat yang disebut topografi kornea, dimana kemudian Dokter akan merancang lensa khusus untuk mata pasien. Pemetaan kornea dilakukan dengan cara memantulkan cahaya dari permukaan mata (kornea). Mesin tidak menyentuh mata Anda, dan tidak ada rasa sakit. Peta topografi kornea menunjukkan bentuk dan kurva kornea Anda secara akurat, sehingga memungkinkan penyesuaian bentuk lensa yang tepat.

Selanjutnya, lensa ortho-k mulai bekerja dengan meratakan bagian tengah kornea. Sehingga dapat mengubah cara cahaya dibelokkan saat memasuki mata. Lensa ortho-k akan dipakai semalaman pada saat tidur untuk membantu meratakan kornea. Dimana kemudian lensa tersebut dilepas pada pagi hari. Ketika lensa ortho-k dilepas, maka kornea akan tetap rata dan penglihatan telah diperbaiki tanpa perlu kacamata.

Siapa yang Dapat Menggunakan Ortho-K?

Ortho-k dapat digunakan untuk mengoreksi miopia dengan derajat 0,5 hingga 7 dioptri. Selanjutnya hiperopia dengan derajat 0,5 hingga 4 dioptri. Kemudian astigmatisme dengan derajat 0,5 hingga -5 dioptri. Dan untuk presbiopia dengan derajat yang ringan. Ortho-k juga bisa digunakan pada kombinasi dari kelainan refraksi miopia dan astigmatisme, atau hyperopia  dan astigmatisme, miopia dan presbiopia, dan lainnya. selain itu, ortho-k juga cocok untuk orang dewasa dari segala usia dan untuk anak-anak, yaitu untuk usia 6 tahun ke atas.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.