Low Vision – Ketajaman visual sangatlah penting agar seseorang dapat melihat dengan jelas. Namun, ketika seseorang mengalami gangguan low vision, ketajaman visual akan menurun secara signifikan. Dimana penglihatan anda menjadi buram dan kabur, sehingga berpengaruh terhadap kualitas hidup anda. Berbagai faktor dapat memicu timbulnya low vision seperti penyakit dan trauma akibat suatu kecelakaan. Penting sekali untuk menangani dengan baik gejala low vision yang mungkin saja timbul. Karena low vision dapat berakibat pada hilangnya kemampuan visual secara menyeluruh jika tidak segera diobati. Kenali penyebabnya dan lakukan deteksi secara dini agar anda terhindar dari low vision yang berpengaruh terhadap kualitas penglihatan anda.

Pengertian Low Vision

Low Vision adalah hilangnya ketajaman visual dan bidang visual yang membuat seseorang tidak mampu melaksanakan tugas-tugas kehidupan sehari-hari. Seseorang dengan low vision akan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti memasak, membaca, menulis, menjahit, menonton TV, berjalan, dan lainnya. Umumnya, ketajaman visual harus sama dengan atau kurang dari 0,3 (30% penglihatan) dan bidang visual sama dengan atau kurang dari 20º. Hilangnya ketajaman visual dapat mempengaruhi kedua mata, tetapi masih ada sisa visual yang berfungsi meskipun tidak optimal. Namun, berkat rehabilitasi visual dan kacamata khusus, anda dapat terus menikmati kehidupan yang mandiri. Low vision mengacu pada kehilangan penglihatan yang tidak dapat dikoreksi dengan perawatan medis atau bedah atau dengan kacamata konvensional.

Penyebab Low Vision

Low vision disebabkan oleh berbagai patologi yang dapat dikaitkan dengan usia, trauma, atau penyakit bawaan. Beberapa penyakit yang dapat memicu risiko low vision diantaranya:

  1. Degenerasi makula terkait usia
  2. Glukoma
  3. Retinopati diabetic
  4. Retinitis pigmentosa
  5. Miopia degenerative
  6. Ablasi retina
  7. Penyakit bawaan lainnya

Penyakit mata lebih sering terjadi pada orang tua. Namun, penuaan mata yang normal tidak menyebabkan penglihatan rendah. Karena penglihatan membutuhkan keterlibatan mata dan otak, penyakit yang memengaruhi otak, seperti stroke, juga dapat menyebabkan penglihatan rendah. Dan low vision yang timbul pada anak dapat disebabkan oleh salah satu kondisi yang sama yang menyebabkannya pada orang dewasa. Namun, ada beberapa kemungkinan penyebab low vision pada anak-anak seperti gangguan pada saat di kandungan dan faktor lainnya.

Baca Juga: Manfaat Optimal dari Lensa Orthokeratology Untuk Gangguan Penglihatan

Gejala Yang Mungkin Timbul Dari Low Vision

Kehilangan penglihatan menghasilkan efek seperti  kesulitan dalam tugas sehari-hari, hilangnya kemandirian, kesulitan menemukan atau mempertahankan pekerjaan, dan kesulitan komunikasi. Hal-hal tersebut dapat menjadi tanda awal bahwa anda mengalami gejala low vision. Lebih lanjut, gejala munculnya low vision dapat ditandai dengan:

  • Membaca dan menulis dengan jarak yang sangat dekat
  • Menonton televisi jarak dekat
  • Kesulitan mengenali wajah
  • Kesulitan mengenali makanan di piring
  • Kesulitan membedakan warna
  • Sering tersandung bila berjalan
  • Kesulitan menaiki tangga
  • Kesulitan berjalan sendiri di tempat asing

Penanganan Low Vision

Untuk dapat menggunakan penglihatan yang tersisa secara lebih efektif dan bisa beraktivitas secara mandiri, anda perlu untuk melakukan rehabilitasi visual. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan efek gangguan penglihatan yang timbul akibat low vision. Dalam rehabilitasi anda dapat menggunakan alat bantu untuk dapat melihat dengan jelas. Selain itu, anda juga akan mendapatkan terapi agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan mandiri.

Vio Optical Cllinic, menyediakan layanan kesehatan low vision treatment atau rehabilitasi mata. Sebagai salah satu cara yang efektif untuk dapat memaksimalkan penglihatan yang ada. Melalui penggunaan optical device seperti teleskop untuk melihat jauh lebih jelas, magnifier atau microscope untuk melihat dekat ataupun telemicroscope untuk melihat pada jarak menengah. VIO Optical Clinic menyediakan semua Low Vision Device untuk digunakan pada saat rehabilitas mata low vision, disesuaikan dengan kebutuhan penglihatan untuk dapat melihat dengan lebih jelas tanpa bantuan orang lain. Segera hubungi kami dan dapatkan layanan kesehatan mata terbaik bersama Vio Optical Clinic.