Terapi Mata Minus – Mata minus atau rabun jauh sudah bukan lagi merupakan hal yang asing kita dengar. Seiring jaman yang semakin berkembang dengan kecanggihan teknologi di segala bidang, penderita mata minus juga ikut meningkat. Meskipun tidak semata mata faktor penggunaan teknologi seperti smartphone maupun komputer berpengaruh terhadap resiko mata minus seseorang. Namun, tidak sedikit yang mengalami masalah mata minus karena kebiasaan menatap layar komputer ataupun handphone yang terlalu lama. Bahkan, gangguan kesehatan mata ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, akan tetapi juga oleh anak-anak. Untuk itu, kenali gejala mata minus dan hindari kebiasaan buruk yang memicu resiko terjadinya mata minus untuk mendapatkan mata yang sehat.

Memahami Mata Minus

Mata minus atau yang dikenal juga dengan istilah rabun jauh merupakan permasalahan penglihatan yang sangat umum terjadi. Diperkirakan jumlah orang yang mengalami mata minus mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Orang dengan mata minus mengalami kesulitan membaca rambu-rambu jalan dan melihat benda yang jauh dengan jelas. Akan tetapi orang dengan mata minus dapat melihat dengan baik dengan jarak yang sangat dekat. Kondisi ini akan mempengaruhi anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan, pada anak-anak kondisi mata minus juga berpengaruh terhadap hasil belajar mereka di kelas. Dimana anak-anak tidak dapat melihat dengan baik materi yang disampaikan oleh guru di papan tulis, sehingga hasil belajar anak dapat mengalami penurunan.

Mata minus atau rabun jauh merupakan kondisi mata ketika penglihatan tidak mampu melihat benda dalam jarak jauh, namun objek terlihat jelas pada jarak yang dekat. Mata minus atau rabun jauh juga bisa disebut dengan miopi. Tingkat keparahan mata minus sangat beragam dan berbeda-beda pada setiap orang yang mengalaminya. Secara umum, orang yang mengalami mata minus yang ringan tidak memerlukan penanganan secara khusus. Namun, apabila tingkat mata minus yang dialami sudah sangat parah maka diperlukan tindakan khusus agar tidak berisiko pada kehilangan penglihatan.

Baca Juga: Benarkah Vision Therapy Solusi Tepat untuk Mata Malas?

Penyebab Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh dapat disebabkan oleh bola mata yang terlalu panjang atau memiliki kornea yang melengkung terlalu curam. Hal ini berakibat pada fokus cahaya yang masuk ke mata bukan terletak pada retina. Namun cahaya yang masuk ke mata akan fokus di depan retina. Kondisi tersebut yang menyebabkan objek yang dilihat akan terlihat buram. Selain itu, mata minus juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti gangguan endokrin, kekurangan vitamin, keturunan, atau alergi. Mata minus atau rabun jauh juga dapat disebabkan oleh pertambahan usia. Ketika bertambahnya usia seseorang maka ukuran rongga bola mata juga ikut memanjang, lalu bola mata akan menyesuaikan diri untuk memanjang, sehingga fokus cahaya terjadi di depan retina, bukan di permukaan retina.

Tidak hanya itu saja, kebiasaan anda sehari-hari juga dapat memicu timbulnya mata minus atau rabun jauh. Salah satunya, terlalu lama menatap layar komputer ketika anda bekerja ataupun menyelesaikan tugas seolah. Mata yang terus bekerja dengan waktu lama untuk menatap layar komputer akan lelah dan meningkatkan resiko mata minus. Tidak bisa lepas dari gadget juga berpengaruh terhadap mata minus. Kebiasaan membaca di dalam ruangan yang redup dan kurang cahaya juga dapat menyebabkan timbulnya gejala mata minus. Selain itu, pola hidup dan gaya hidup yang kurang sehat juga memiliki peran dalam memicu resiko terjadinya mata minus atau rabun jauh.

Terapi Mata Minus

Dalam mengobati mata minus, biasanya anda disarankan untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai dengan tingkat mata minus anda. Penggunaan alat bantu optik tersebut bertujuan untuk membantu anda memiliki penglihatan yang bagus selama beraktifitas. Selain alat bantu optik terdapat pula prosedur ortho-k yang lebih mudah namun tetap efisien. Hanya dengan menggunakan lensa khusus di malam hari anda akan memiliki penglihatan yang jelas sepanjang hari. Lensa ortho-k akan dirancang khusus sesuai dengan dengan kornea mata anda. Ortho-k akan membentuk kemabli kornea menjadi bentuk yang normal dengan penglihatan yang jelas.

Apabila anda membutuhkan layanan kesehatan mata, maka Vio Optical Clinic adalah pilihan tepat sah hubungi kami di sini. Kami menyediakan berbagai layanan kesehatan mata mulai dari pemeriksaan hingga perawatan termasuk ortho-k dan lensa khusus untuk mata anda.