Low Vision – Pernahkah Anda mendengar istilah Low Vision? Low vision atau penglihatan rendah bukanlah kebutaan, tetapi suatu kondisi penglihatan dengan sedikit sisa penglihatan. Masalah ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan visi yang dimiliki seseorang. Dimana low vision bisa menjadi masalah yang serius di kemudian hari jika tidak sesegera ditangani dengan baik. Untuk itu, kenali apa itu low vision dan bagaimana low vision bisa terjadi.

Apa Itu Low Vision?

Low vision merupakan ciri orang yang mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari akibat perubahan penglihatan yang dapat membatasi aktifitas mereka. Seseorang dengan low vision biasanya memiliki ketajaman visual 0,3 atau kurang atau kehilangan bidang visual kurang dari 20 derajat. Penglihatan rendah atau low vision dapat ditandai dengan hilangnya ketajaman visual atau bidang visual. Selanjutnya hilangnya kepekaan terhadap kontras, kelainan warna dan penglihatan malam, serta peningkatan kepekaan terhadap cahaya. Ini adalah permasalahan dalam penglihatan yang bisa meningkat pesat terutama dengan peningkatan usia.

Penglihatan rendah (low vision) sebenarnya bukanlah kebutaan, tetapi keadaan di mana fungsi visual seperti penglihatan dan bidang visual tetap ada. Dimana kondisi ini disertai dengan penurunan ketajaman visual yang terjadi secara bertahap dan semakin buruk jika tidak mendapat penanganan tepat. Perawatan low vision adalah tentang apa yang membuat Anda kesulitan. Dan meresepkan alatbantu visual yang akurat sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang diinginkan. Perawatan low vision yang tepat penting untuk mencegah hal buruk yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Inilah Orthokeratology dan Manfaatnya untuk Penglihatan yang Lebih Baik

Penyebab Low Vision

Low vision umumnya berkaitan dengan masalah kesehatan mata ataupun penyakit yang berhubungan dengannya. Berikut ini beberapa penyebab munculnya los vision seperti:

1.    Glaukoma

Ini adalah penyakit di mana tekanan pada bola mata meningkat dan penglihatan memburuk. Atau bidang penglihatan menyempit, dan sering berkembang pada satu mata pada satu waktu. Pemeriksaan mata secara teratur penting dilakukan karena merupakan penyakit yang memerlukan deteksi dini, pengobatan dini, dan penanganan jangka panjang.

2.    Retinopati diabetik

Ini adalah penyakit menakutkan yang akhirnya bisa berujung pada kebutaan. Penanganan diabetes sangat penting dilakukan untuk mendeteksi diabetes secepat mungkin dan mempertahankan kontrol glikemik yang baik.

3.    Retinitis pigmentosa

Gejala penyakit ini sulit dilihat saat hari gelap (rabun senja). Saat penyakit berkembang, terjadi kelainan bidang penglihatan perifer dan penyempitan bidang penglihatan aferen, yang mempersempit seluruh bidang penglihatan.

4.    Degenerasi makula terkait usia

Ini adalah penyakit yang bisa berkembang selama bertahun-tahun. Ini ditemukan pada orang berusia di atas 50 tahun, dan ditandai dengan lebih umum di antara pria.
Gejala seperti bagian yang terdistorsi atau tidak terlihat muncul di tengah.

5.    Ablasi retina

Ini adalah penyakit di mana lubang kecil terbentuk di retina, dan air (badan vitreous cair) di bola mata masuk ke bawah retina melalui lubang ini, menyebabkan retina terkelupas. Bagian yang terkelupas membuat objek tidak terlihat, dan saat pengelupasan berlanjut ke bagian tengah di mana objek terlihat, penglihatan segera memburuk.

Penglihatan rendah atau low vision tidak dapat diperbaiki dengan kacamata, lensa kontak atau operasi. Hal yang bisa anda coba untuk lakukan adalah memperbaiki penglihatan yang sudah menurun dan memperbaiki sisa penglihatan lainnya. Seperti misalnya dengan mempelajari cara baru membaca dan menulis, dengan mengerjakan tugas yang berbeda, dan hal lainnya. Sangat penting bagi penderita low vision untuk segera memperoleh pengobatan dan terapi terkait.

Anda membutuhkan low vision treatment? Segera kunjungi Vio Optical Clinic, klinik kesehatan mata profesional dan terpercaya. Dengan layanan pemeriksaan mata yang lengkap serta staf profesional dan di dukung alat medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic low vision device seperti teleskop untuk melihat jauh lebih jelas, magnifier atau microscope ataupun telemicroscope untuk digunakan pada saat rehabilitas mata low vision. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda.