Klinik Mata JakartaKanker mata dapat berjalan pada siapa saja dan pada rentang usia berapa pun. Meski jarang terjadi, Anda sebaiknya mengetahui penyebab dan faktor risiko kanker mata berdasarkan jenisnya, agar Anda dapat laksanakan pencegahan sejak dini.

Salah satu bagian tipe kanker mata adalah menurut tempat awal tumbuhnya sel kanker atau sel ganas.

Kenali Penyebab Kanker Mata Berdasarkan Jenisnya

Selain dibedakan menurut tempat awal tubuhnya sel ganas, kanker mata terhitung dibagi jadi beberapa macam berdasarkan tipe sel yang beralih jadi ganas. Penyebab dan faktor risiko untuk tiap tiap tipe kanker mata ini berbeda-beda.

Beragam Penyebab Kanker Mata Menurut Jenisnya
Berikut ini adalah beberapa tipe kanker mata beserta penyebab dan faktor risikonya:

Melanoma intraokular
Melanoma intraokular merupakan tipe kanker mata yang sering berjalan pada orang dewasa. Kanker ini disebut bersama dengan melanoma uveal jika berjalan pada jaringan bola mata. Tanda-tanda lazim melanoma intraokular adalah penglihatan kabur atau terdapatnya bintik hitam pada iris (selaput pelangi pada bola mata).

Limfoma intraokular primer
Limfoma intraokular primer merupakan tipe kanker mata yang melibatkan sel darah putih terhitung limfosit di semua tubuh. Limfoma intraokular primer terhitung di dalam golongan limfoma non-Hodgkin.

Meski penyebab limfoma intraokular belum diketahui secara pasti, tipe kanker mata ini sering berjalan pada seseorang yang punya masalah sistem kekebalan tubuh, seandainya akibat HIV/AIDS, rheumatoid arthritis, atau mengkonsumsi obat-obatan penekan sistem imun.

Baca Juga :

Informasi Seputar Mata Palsu yang Perlu Anda Ketahui

Retinoblastoma
Retinoblastoma merupakan tipe kanker mata yang menyerang retina, dan biasanya berjalan pada anak-anak. Kanker ini berjalan akibat perubahan atau mutasi gen pada retina, namun apa penyebab mutasi ini belum dapat dipastikan.

Salah satu tanda yang dapat ditemui pada penderita retinoblastoma adalah warna putih di pupil (bulatan kecil berwarna hitam di tengah mata) disaat disinari. Tanda ini sering disebut “gambaran mata kucing”. Gejala lainnya adalah mata merah, bengkak, dan juga gerakan mata kanan dan kiri tidak selaras.

Tindakan Penanganan Kanker Mata
Pertama-tama, dokter bakal laksanakan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan diagnosa dan tahu tipe kanker mata yang terjadi. Setelah itu, penanganannya bakal disesuaikan bersama dengan jenis, lokasi, dan tingkat keparahan kanker mata, dan juga usia dan kondisi kesehatan pasien.

Pilihan penanganan untuk kanker mata pada lain adalah radioterapi, terapi laser, kemoterapi, imunoterapi, dan operasi.

Penyebab kanker mata berbeda-beda cocok bersama dengan jenisnya. Meskipun kanker mata tergolong penyakit yang jarang terjadi, namun Anda selamanya perlu berhati-hati dan jauhi banyak variasi penyebab dan juga faktor risiko kanker ini. Bila Anda mengalami masalah pada mata atau penglihatan, segeralah periksakan ke dokter spesialis mata.