Klinik Mata Bekasi – Penyakit katarak sudah tidak menjadi istilah yang asing lagi bagi sebagian besar orang Indonesia. Penyakit yang sering menyerang orang tua ini memang terbilang bahaya jika dibandingkan dengan penyakit lainnya. Sebelum Anda langsung memvonis diri sendiri terserang katarak, ada baiknya mencari tau terlebih dahulu. Misalnya seperti apa saja penyebab dan gejala katarak yang mungkin terjadi pada seseorang.

Sebenarnya, jika didefinisikan bahwa penyakit katarak ini merupakan suatu penyakit yang mana kondisi lensa mata seseorang terjadi perubahan. Yang ditandai dengan menjadi berawan dan keruh sehingga kondisi ini membuat Anda merasa sangat terganggu. Anda sebagai penderita katarak pasti akan merasa penglihatan tampak berasap dan terkadang gelap.

Awalnya, banyak penderita katarak yang tidak memiliki masalah dengan penyakit yang dideritanya, artinya tidak terlalu parah. Namun, lambat laun ternyata katarak dapat berkembang dan akhirnya menjadi parah. Penglihatan pasien akan menjadi sulit bahkan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti menyetir dan juga aktivitas rutin lainnya.

Apakah Penyakit Katarak Ini Umum Terjadi?

Jika Anda menjadi salah satu kalangan yang sering mengajukan pertanyaan apakah kondisi katarak ini umum terjadi, jawabannya adala iya. Tidak terkecuali untuk kalangan laki-laki dan perempuan, katarak ini bisa saja terjadi. Tetapi, pada umumnya kondisi penyakit ini tidak akan terjadi pada kalangan anak remaja dengan berbagai alasan dan juga faktor penyebabnya.

Karena, ada banyak catatan yang mencatat bahwa kondisi penyakit katarak ini hanya sering terjadi pada kalangan lanjut usia. Artinya, Anda yang sudah menjalani kehidupan dengan berbagai pencegahan dan pengobatan akan merasa khasiatnya nanti. Untuk menurunkan risiko terjadi katarak pada diri sendiri bisa dengan cara mengontrol risiko.

Baca juga : Tips Menggunakan Eye Make Up Agar Tidak Membahayakan Mata!

Caranya, hanya dengan berkunjung ke dokter terpercaya dan juga ahli di bidangnya. Jangan langsung mengambil kesimpulan sendiri dan mudah percaya dengan argumen dan pendapat orang lain akan hal ini. Karena, penyakit jika memang dibiarkan dan tidak diatasi dengan sempurna, bisa menjadi semakin parah dan akhirnya menyebabkan penyakit lain.

Ternyata Ini Tanda dan Gejala Penyakit Katarak

Katarak ternyata dapat terjadi pada satu bagian mata saja dan bahkan di kedua mata sekaligus, tergantung dari si pasien. Namun, ada beberapa tanda dan gejala lain yang dirasakan pada pasien yang memang mengalami katarak. Pertama, pandangan mereka akan terasa kabur, seperti berkabut dan juga warna di sekitar yang dilihat akan menjadi memudar.

Kedua, mungkin Anda yang masih muda sering mengalami hal ini yaitu ketika melihat lampu, matahari, dan juga cahaya lain akan merasa silau. Atau Anda juga dapat melihat lingkaran pada silaunya cahaya di sekeliling Anda. Namun, jika mengalami gejala ini, pastikan Anda tidak langsung beranggapan bahwa mengalami yang namanya katarak.

Untuk tanda atau gejala selanjutnya ialah pandangan menjadi ganda ketika melihat suatu benda. Untuk pengliatan di malam hari juga biasanya akan menurun kualitasnya. Jika Anda mengalami keadaan dimana sering menggonta-ganti kacamata, bisa jadi itu gejala awal dari katarak. Untuk itu, setiap kali merasa harus mengganti kacamata ada baiknya konsultasikan lagi dengan dokter mengenai hal itu.

Untuk penyebab utama yang sering dibicarakan ialah karena terjadi penuaan dan trauma yang akhirnya mengakibatkan perubahan pada jaringan mata. Untuk katarak yang terjadi karena penuaan bisa jadi karena dua hal, yaitu protein menggumpal pada lensa mata. Hingga alasan kedua ialah karena lensa menjadi lebih tebal dan fleksibel.

Penyebab ini pada akhirnya akan berkembang lambat laun terutama saat Anda sudah semakin menjadi tua. Sehingga membutuhkan penanganan dari dokter spesialis mata (ophtalmogist), yang akan melakukan beberapa pemeriksaan dan pengobatan katarak.