Ortho K – Permasalahan yang bisa memengaruhi kualitas penglihatan, haruslah segera ditangani. Masalah terkait dengan kualitas penglihatan bisa berpengaruh terhadap setiap aktifitas yang dilakukan. Sangat penting untuk tetap menjaga fungsi penglihatan agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Saat ini, telah muncul solusi revolusioner bagi masalah penglihatan khususnya yang diakibatkan oleh kesalahan refraktif. Orthokeratology atau yang disingkat dengan ortho-k adalah metode non bedah yang bertujuan untuk memperbaiki kesalahan refraktif yang anda alami. Ini adalah solusi bagi penderita miopi, astigmatisme dan presbiopi guna memperoleh visi yang jelas.

Kenali Ortho-K dan Fungsinya

Ortho-k adalah teknik yang terdiri dari aplikasi lensa kontak khusus yang akan dikenakan saat tidur, yang dirancang khusus untuk memperbaiki cacat penglihatan tertentu. Lensa ini akan mulai bekerja saat anda tidur, lensa dengan lembut membentuk kembali permukaan depan mata (kornea). Ini bertujuan untuk memperbaiki kesalahan refraktif guna bisa melihat dengan jelas keesokan harinya, setelah melepas lensa saat bangun. Lensa ortho-k dapat menggantikan kacamata atau lensa kontak siang hari untuk tujuan koreksi penglihatan. Baru-baru ini, lensa yang dapat dipakai bahkan dalam kasus astigmatisme parah telah dikembangkan. Dan bahkan ortho-k telah dikembangkan untuk dapat melakukan koreksi pada rabun jauh.

Melalui lensa ortho-k, mereka yang menggunakan kacamata dan lensa kontak selama siang hari, tidak perlu menggunakannya lagi. Ini dikarenakan, proses dalam memperbaiki kesalahan bias di malam hari akan bertahan di keesokan harinya. Sehingga, untuk bisa melihat dengan jelas di siang hari tidak perlu lagi menggunakan kacamata atau lensa kontak. Penggunaan ortho-k memiliki efek pencegahan miopia dan telah digunakan untuk menghambat perkembangannya secara efektif.

Baca Juga: Bagaimana Mata Minus Itu dan Terapi Apa yang Bisa Dilakukan

Bagaimana Ortho-K Memperbaiki Miopi?

Permukaan kornea ditutupi oleh epitel kornea, yaitu jaringan yang terus berkembang biak dan mempertahankannya. Jika benda asing bersentuhan dengan epitel kornea, epitel kornea di area kontak dihambat dari proliferasi, dan epitel kornea di sekitarnya memiliki efek mendorong proliferasi. Kornea berubah bentuk dengan memakai lensa ortho-k karena tekanan proksimal ini pada epitel kornea.

Daya bias kornea menyumbang sekitar 2/3 dari daya bias seluruh mata, dan daya bias rata-rata adalah 43 dioptri. Ini berarti bahwa ketika cahaya yang masuk ke mata terfokus pada retina, cahaya paling banyak tertekuk di kornea. Oleh karena itu, perubahan kecil pada kornea dapat berpengaruh besar pada nilai bias. Misalnya, mengubah ketebalan kornea sekitar 6 mikron mengurangi miopia sebesar 1 diopter. Ortho-k akan membantu kornea yang cacat perlahan terbuka dan kembali ke bentuk aslinya. Setelah sekitar 3 hari, bentuk kornea dan penglihatan hampir kembali ke keadaan semula.

Manfaat Ortho-K

Orthokeratology atau ortho-k diindikasikan untuk tujuan memperbaiki kesalahan refraksi seperti miopia, hiperopia, astigmatisme, dan presbiopia. Serta memperlambat perkembangan miopia di masa kanak-kanak. Efek lensa orthokeratology atau ortho-k berlangsung satu hari, maksimal dua hari. Selama ini, pasien dapat melihat dengan baik tanpa adanya bantuan kacamata atau lensa kontak. Untuk hasil terbaik, lensa ortho-k harus dipakai setiap malam.

Ortho-k akan meningkatkan penglihatan tanpa operasi laser sejak hari pertama penggunaannya. Lensa ini terbuat dari bahan yang cocok untuk dipakai malam hari dan disesuaikan dengan setiap pemakainya. Ini merupakan sistem yang efektif untuk segala usia, dimana setiap orang bisa mendapatkan penglihatan bebas dari kacamata atau lensa kontak. Keuntungan penting lainnya yang ditawarkan oleh lensa kontak ortho-k adalah ini merupakan perawatan non-invasif dan reversibel. Yang mana berarti bahwa jika subjek ingin menghentikan pelabuhan kapan saja, dalam beberapa hari, semuanya kembali ke tahap awal.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.