Low Vision – Seseorang dengan low vision, tidak dapat melihat dengan cukup baik dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari. Bahkan mereka yang mengalami gejala low vsion tidak bisa sembuh hanya dengan kacamata normal , obat-obatan ataupun operasi. Penderita low vision akan mengalami kesulitan dalam keseharian mereka karena perubahan fungsi visual yang terbatas. Dimana ketajaman visual akan menurun pada sebagian besar penglihatan yang dimiliki mata seseorang. Seseorang dengan low vision memiliki ketajaman visual yang sama dengan atau kurang dari 0,3 atau hilangnya bidang visual kurang dari 20 derajat. Oleh karena itu, gangguan penglihatan low vision membuat penglihatan buram dan kabur.

Mengenal Gejala Low Vision

Low vision dapat ditandai dengan hilangnya ketajaman visual atau bidang visual pada sebagian penglihatan seseorang. Hilangnya sensitivitas kontras, kelainan dalam penglihatan warna dan penglihatan malam, dan peningkatan sensitivitas terhadap cahaya seringkali dialami penderita low vision. Ada banyak tanda atau gejala low vision yang mungkin saja anda alami. Berikut ini gejala umum apabila seseorang mengalami gangguan low vision.

  • Kesulitan untuk membaca terutama dengan ukuran huruf yang sedang dan kecil
  • Kesulitan untuk menulis, cenderung menulis dengan huruf yang besar
  • Kesulitan dalam berjalan atau mengenali marka jalan, terutama pada lingkungan baru dan tempat publik
  • Kesulitan untuk menonton TV
  • Kesulitan dalam mengenali wajah seseorang
  • Kesulitan melihat satu benda atau objek dan warna warna tertentu dengan baik

Tidak hanya gejala umum seperti yang telah diuraikan di atas, low vision juga berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang. Dimana seseorang mungkin mengalami kesulitan dalam menggunakan peralatan rumah tangga dan peralatan sehari-hari lainnya dengan baik. Dengan low vision, anda mungkin mengalami kesulitan memilih atau menggabungkan warna untuk berpakaian. Lampu mungkin lebih redup daripada sebelumnya, bekerja atau melakukan pekerjaan rumah mungkin lebih sulit. Maka dari itu, low vision yang tidak terdeteksi secara dini akan memengaruhi kualitas hidup anda sehingga menjadi menurun.

Baca Juga:

Diagnosis Low Vision

Low vision dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti penyakit yang diderita. Beberapa faktor yang menyebabkan low vision adalah glukoma, cacat lahir, diabetes, retinopeti diabetic, degenerasi makula, keturunan dan penuaan. Sedangkan untuk mendiagnosis low vision, berbagai tes dapat dilakukan untuk menentukan pengukuran parameter seperti berikut :

  • Tutup dan jarak ketajaman visual
  • Kesalahan bias
  • Sensitivitas kontras
  • Kecepatan baca
  • Bidang visual
  • Penglihatan warna
  • Sensitivitas cahaya

Tidak ada pencegahan khusus dalam kasus low vision, akan tetapi anda dapat mengambil langkah terapi dalam meningkatkan kemampuan visual. Low vision tidak dapat dikoreksi dengan kacamata, lensa kontak, ataupun operasi, yang bisa dilakukan adalah menggunakan alat bantu dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Anda dapat meningkatkan ketajaman visual yang telah berkurang, misalnya dengan belajar cara-cara baru membaca dan menulis, melakukan tugas yang berbeda, dan lain sebagainya.

Pentingnya Deteksi Dini Low Vision

Low vision adalah gangguan penglihatan dan lapang pandang menetap setelah melalui tindakan pengobatan dan atau operasi maksimal. Gangguan kesehatan seperti katarak, glaucoma, kelainan kornea, retina, saraf mata, dan efek samping obat merupakan penyebab gangguan penglihatan seperti low vision. Sebanyak 80 persen dapat dicegah atau diobati dengan obat, operasi, kacamata standar, dan lensa kontak. Diperlukan adanya sebuah edukasi dan sosialisasi untuk dapat melakukan deteksi dini terhadap gejala kelainan penglihatan dan kesehatan mata. khususnya bagi anak-anak yang masih belum peduli dengan keadaan atau kondisi kesehatan yang dialami. Karena, gangguan penglihatan seringkali berawal ketika mereka pada usia anak-anak. Sehingga diperlukan peran aktif orang tua dalam melakukan pengawasan serta mendeteksi setiap gangguan kesehatan mata yang mungkin saja dialami anak.

Pemeriksaan kesehatan mata secara rutin menjadi penting bagi setiap orang guna memiliki kemampuan visual yang baik. Apabila anda membutuhkan layanan kesehatan mata, maka segera datang ke Vio Optical Clinic dan hubungi mereka di halaman ini. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata termasuk low vision treatment dengan layanan yang professional.