Low Vision – Banyak penyandang low vision yang mengalami kesulitan melakukan aktivitas hidup sehari-hari. Seperti misalnya memasak, berbelanja, menonton televisi, membaca, dan mengurus kebutuhan pribadinya. Para penderita low vision memiliki kekhawatiran untuk dapat mempertahankan pekerjaan, bersosialisasi dalam lingkungan dan melakukan aktivitas lainnya. sosial. Bahkan ada sebagaian yang merasakan depresi karena penglihatan mereka yang mulai berkurang secara signifikan. Untuk itu, penting sekali mengenali kondisi low vision dan melakukan penanganan yang tepat.

Apa itu Low Vision?

Low vision mengacu pada gangguan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki dengan kacamata standar, perawatan medis atau bedah. Bahkan kehilangan penglihatan dini atau kecacatan visual bisa terjadi akibat kondisi ini. Rehabilitasi low vision dapat meningkatkan kualitas hidup bagi penyandang low vision. Beberapa indikasi munculnya low vision yaitu:

  • Ketajaman visual yang kurang dari 20/40
  • Hilangnya sensitivitas kontras
  • Munculnya skotoma
  • Kehilangan bidang visual

Pentingnya Rehabilitasi Low Vision

Ada banyak alat bantu low vision dan strategi lain yang terbukti untuk mengatasi low vision. Sehingga dapat membantu penyandang low vision memaksimalkan sisa penglihatan mereka dan mempertahankan kemandirian mereka. Rehabilitasi low vision membutuhkan upaya multidisiplin yang didukung oleh berbagai subspesialis. Dimana dokter mata memainkan peran penting dalam mengidentifikasi pasien dengan low vision. Dimana kemudian merujuk mereka untuk terapi rehabilitasi bagi penderita low vision.

Penting sekali untuk melakukan pengukuran ketajaman visual secara akurat sebelum memulai rehabilitasi. Bahkan dalam rentang ketajaman visual yang lebih rendah, Anda memerlukan pengukuran yang tepat karena dapat menghargai fungsi mata. Hal ini juga perlu untuk mengidentifikasi persyaratan kelayakan dan merekomendasikan perangkat dan intervensi yang dibutuhkan.

Kemampuan pasien untuk menyelesaikan objek tidak hanya bergantung pada ukuran, tetapi juga kontras atau perbedaan pencahayaan antara objek dan area sekitarnya. Kehilangan kontras dapat mempengaruhi kemampuannya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Mengukur sensitivitas kontras membantu memberikan deteksi dini penyakit dan dapat memandu rekomendasi untuk rehabilitasi yang tepat.

Baca Juga: Orthokeratology Sebagai Cara Efektif Untuk Koreksi Miopi

Untuk dapat mengoptimalkan kinerja visual, pastikan untuk mengambil refraksi yang akurat. Pasien dengan low vision memiliki prevalensi yang tinggi dari kesalahan refraksi yang tidak dikoreksi dengan kacamata. Menguji kemampuan bidang penglihatan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan untuk orientasi dan mobilitas.

Manajemen Low Vision

Kehilangan penglihatan akibat low vision dapat mempengaruhi setiap aspek kehidupan sehari-hari. Ini dapat membuat pasien dengan gangguan penglihatan menjadi frustrasi dan putus asa. Menemukan cara efektif untuk dapat meningkatkan kemandirian, meningkatkan konektivitas sosial sangatlah dibutuhkan. Beberapa mekanisme yang paling umum untuk mengatasi low vision adalah sebagai berikut:

  • Gunakan warna yang kontras, seperti misalnya, gunakan taplak meja berwarna gelap dengan piring berwarna putih agar tepi meja dan makanan terlihat lebih jelas.
  • Labeli semua perabot.Label atau stiker tebal dengan berbagai bentuk akan mudah dikenali.
  • Membuatnya lebih besar.Banyak perusahaan menawarkan perangkat dengan tampilan layar besar dan tombol yang lebih besar dan lebih mudah untuk dibedakan satu sama lain.
  • Letakkan barang-barang di tempat yang tepat, sehingga lebih mudah ditemukan dengan cepat.

Selain itu, penggunaan alat bantu low vision bisa memudahkan anda dalam melakukan aktivitas. Untuk mencegah kondisi low vision yang semakin memburuk, lakukan pemeriksaan dan evaluasi ketajaman visual secara rutin.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.