Orthokeratology – Orthokeratology atau biasa disebut ortho-k, adalah metode yang digunakan untuk mengoreksi miopia (rabun jauh) atau astigmatisme. Metode ini dilakukan dengan memakai lensa kontak permeabel gas yang kaku semalaman, sehingga tidak diperlukan lensa korektif pada siang hari. Berbeda dengan penggunaan lensa konvensional yang harus digunakan setiap dibutuhkan. Lensa ortho-k hanya perlu digunakan di malam hari saat tidur. Anda bisa melihat dengan normal tanpa bantuan alat optik sepanjang hari. Pelajari lebih lanjut ulasan mengenai orthokeratology berikut ini.

Mengenal Lensa Orthokeratology

Lensa orthokeratology dirancang secara khusus menggunakan lensa gas permeable (GP) untuk dimasukkan pada waktu tidur dan dikenakan saat Anda tidur. Sepanjang malam, lensa membentuk kembali kornea Anda dengan lembut sehingga penglihatan Anda menjadi jelas keesokan harinya. Koreksi ini bersifat sementara, dan idealnya tidak ada kacamata atau lensa kontak yang diperlukan pada satu atau dua hari berikutnya. Untuk bisa mempertahankan ketajaman visi yang baik setiap hari, anda perlu memakai lensa ini setiap malam.

Kandidat untuk Orthokeratology

Orthokeratology sangat cocok untuk orang dengan rabun jauh yang bukan kandidat yang tepat untuk operasi koreksi penglihatan, seperti anak-anak. Individu dari segala usia dengan mata yang sehat dapat mencoba ortho-k, yaitu karena dapat dihentikan kapan saja tanpa efek permanen pada mata. Orang yang membutuhkan koreksi penglihatan dan terlibat secara teratur dalam olahraga atau bekerja di lingkungan yang sangat berdebu dan kotor juga akan menghargai kenyamanan ortho-k.

Hasil Penglihatan dari Orthokeratology

Tingkat keberhasilan untuk ortho-k umumnya lebih tinggi untuk resep penglihatan yang lebih ringan. Tujuan ideal adalah memberikan penglihatan 20/20 tanpa perlu kacamata atau lensa kontak di siang hari. Lebih dari 65% pasien ortho-k mencapai ketajaman visual 20/20. Lebih dari 90% pasien ortho-k mencapai penglihatan 20/40 atau lebih baik (ini adalah persyaratan hukum untuk mengemudi tanpa koreksi penglihatan di sebagian besar negara bagian). Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter mata untuk mengetahui apakah resep penglihatan anda dalam jangkauan untuk melakukan perawatan ortho-k yang berhasil.

Baca Juga: Ortho-K, Lensa Khusus untuk Perbaiki Masalah Penglihatan yang Efektif

Apa Manfaat Orthokeratology?

Bagi anda yang memilih untuk tidak memakai kacamata atau lensa kontak, maka orthokeratology adalah pilihan perawatan yang cocok untuk anda. Seseorang yang merasa lensa kontak regular tidak nyaman dan tidak menyukai menggunakan kacamata maka orthokeratology adalah alternatif yang bisa diterapkan. Orthokeratology ini sangat bagus untuk situasi di mana penglihatan tanpa adanya bantuan alat optik merupakan aset atau kebutuhan. Seperti misalnya, pasien yang berpartisipasi dalam kegiatan olahraga yang bisa memiliki kebebasan visual tanpa harus bergantung pada kacamata atau lensa kontak konvensional.

Orthokeratology juga dapat memberikan visi tanpa bantuan bagi para profesional yang pekerjaan sehari-harinya membutuhkannya. Seperti misalnya pilot, petugas polisi, pemadam kebakaran, atau pekerjaan apa pun yang membutuhkan ketajaman visual yang lebih baik. Pemakaian lensa orthokeratology ini bermanfaat bagi siapa saja yang biasanya mengandalkan kacamata atau lensa kontak untuk bisa memiliki penglihatan fungsional. Dengan meningkatkan ketajaman penglihatan alami secara signifikan, ortokeratologi dapat memberikan keuntungan dalam semua aspek kehidupan sehari-hari.

Apa Pengaruh Orthokeratology?

Dengan perawatan orthokeratology, kebanyakan pasien mencapai perbaikan dalam penglihatan mereka yang memungkinkan mereka melihat dengan jelas tanpa kacamata atau lensa kontak. Ketajaman visi akan membaik selama beberapa hari atau minggu dengan pemakaian rutin. Hasil terbaik terjadi pada orang dengan rabun jauh atau astigmatisme ringan hingga sedang. Umumnya, ortho-k dapat mengoreksi miopia hingga -6.00 dioptri. Jumlah kelainan refraksi yang dapat ditangani secara efektif dengan orthokeratology berbeda-beda untuk setiap pasien.

Orthokeratology adalah perawatan penglihatan yang dapat digunakan pada segala usia. Faktanya, saat ini, ortho-k adalah satu-satunya metode paling efektif untuk memperlambat miopia progresif pada anak-anak. Jika anak Anda menderita miopia, ortho-k layak dipertimbangkan sebagai cara untuk memperlambat atau mengendalikan perkembangan kondisi tersebut. Manfaat utama lain dari ortokeratologi adalah sepenuhnya dapat dibalik dan bebas dari risiko pembedahan. Kemampuan untuk meningkatkan penglihatan dan kualitas hidup pasien dengan orthokeratology adalah salah satu alternatif yang baik.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.