Klinik Mata Jakarta – Eye floaters adalah bintik-bintik kecil atau untaian atau awan yang bergerak melintasi penglihatan Anda. Bintik-bintik ini dapat melayang di seluruh bidang penglihatan Anda dan terlihat lebih menonjol ketika Anda melihat sesuatu yang terang. Biasanya, bintik-bintik ini tidak mempengaruhi penglihatan Anda. Namun, jika ukurannya besar, maka akan terlihat seperti bayangan pada beberapa jenis cahaya. Floaters menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Floaters biasanya tidak akan hilang dengan sendirinya, tetapi biasanya tidak memerlukan pengobatan.

Seiring waktu, otak Anda akan beradaptasi, dan Anda tidak terlalu menyadarinya. Namun, jika sampai mengganggu aktivitas sehari-hari Anda bisa melakukan vision therapy untuk mengatasinya.

Gejala apa saja yang berhubungan dengan floaters?

Eye floaters dapat muncul sebagai:

  • titik hitam atau abu-abu
  • gumpalan
  • garis berlekuk-lekuk, untaian atau ‘cacing’
  • sarang laba-laba
  • cincin

Apa yang menyebabkan mata berbayang?

Hal ini disebabkan adanya perubahan dari waktu ke waktu pada vitreous yang ada dalam mata Anda atau yang melekat pada retina. Serat kolagen kecil di dalam vitreus akan menggumpal dan membentuk bayangan di atas retina. Bayangan inilah yang dapat Anda lihat.

Bagaimana cara mendiagnosis floaters?

Jika floaters mata Anda mengganggu Anda, bicarakan dengan spesialis Anda. Spesialis akan memeriksa mata Anda untuk mencari tahu apa yang menyebabkan mata Anda mengambang. Spesialis mungkin akan merujuk Anda ke spesialis mata yang dapat memeriksa bagian belakang mata Anda secara lebih dekat, sehingga akan ditemukan vision therapy yang tepat untuk mata Anda.

Kiat untuk Melindungi Kesehatan Mata Anda

Meskipun beberapa penyakit mata tidak dapat dicegah, ada beberapa kiat umum untuk melindungi penglihatan dan menjaga kesehatan mata Anda.

Lakukan pemeriksaan mata yang komprehensif

Sebagian orang menunggu hingga mereka menyadari adanya masalah pada penglihatan mereka untuk melakukan pemeriksaan mata. Namun, sangat penting bagi kesehatan mata Anda untuk mengunjungi spesialis mata, spesialis spesialis mata, atau spesialis mata setiap dua tahun sekali. Hal ini terutama jika Anda berusia 65 tahun ke atas.

Baca Juga: Apa Tujuan Terapi Low Vision Dilakukan?

Pertahankan pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat sangat penting untuk kesehatan mata Anda. Nutrisi yang terdapat dalam sayuran dan protein – seperti lutein dan asam lemak omega-3 – dapat membantu mencegah masalah penglihatan dan mengurangi risiko degenerasi makula. Pertimbangkan untuk memasukkan sayuran hijau, salmon, dan buah jeruk ke dalam menu makanan Anda. Makanan ini tidak hanya dapat meningkatkan penglihatan Anda, tetapi juga dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan.

Minum lebih banyak air

Air sangat penting bagi kesehatan manusia, dan bukan hanya untuk hidrasi. Minum air putih juga dapat membantu mengeluarkan racun dan kotoran berbahaya dari tubuh Anda. Kantung mata dapat terbentuk akibat penumpukan racun. Meningkatkan asupan air dapat membantu tubuh Anda merasa lebih baik dan meningkatkan kesehatan mata Anda.

Kenakan kacamata pelindung

Jika Anda aktif secara fisik atau berolahraga, pertimbangkan untuk mengenakan kacamata pelindung untuk melindungi mata dari cedera. Pelindung mata saat memperbaiki rumah, berkebun, atau melakukan tugas rumah tangga juga dapat mengurangi risiko kotoran dan serpihan yang memengaruhi penglihatan Anda.

Istirahatkan mata Anda

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer, mata Anda dapat melemah atau menjadi tegang dari waktu ke waktu. Praktikkan aturan 20-20-20 untuk mengistirahatkan mata Anda saat bekerja di depan komputer. Anda bisa melihat sesuatu yang berjarak setiap 20 menit, setidaknya 20 kaki selama 20 detik.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.