Low Vision – Penglihatan sangatlah penting bagi setiap orang dalam menjalani kehidupan. Mata yang merupakan indera penglihatan memiliki peran yang sangat penting dan krusial bagi setiap orang. Dalam melakukan setiap aktivitas ataupun kegiatan sehari-hari, seseorang bergantung pada penglihatan yang bagus dan jelas. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mata melalui beberapa langkah yang baik dan tepat sangatlah diperlukan. Pentingnya penglihatan bagi setiap orang, mengharuskan anda untuk memelihara mata agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang sekarang ini mengalami gangguan kesehatan mata. gangguan tersebut berpengaruh terhadap kualitas penglihatan seseorang. Sehingga, mereka cenderung mengalami penurunan fungsi penglihatan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang ada. Apabila anda seringkali tidak bisa melihat objek atau benda di sekitar anda dengan jelas, kesulitan mengenali huruf berukuran normal bisa jadi anda mengalami low vision. Low vision merupakan gangguan pada mata yang dapat menurunkan fungsi penglihatan sehingga tidak dapat bekerja dengan baik.

Kenali dengan Baik Apa itu Low Vision

Low vision merupakan kemampuan mata untuk melihat sebagian atau kurang awas. Salah satu bentuk gangguan penglihatan yang tidak dapat dibantu dengan penggunaan kacamata. Dalam kasus low vision terdapat satu kerusakan pada sistem penglihatan. Dimana seseorang yang menderita low vision kehilangan sebagian penglihatannya dan masih memiliki penglihatan sisa yang dapat ditingkatkan bila difungsikan dengan benar.  Kualitas penglihatan dan jarak pandang menjadi menurun, sehingga memiliki keterbatasan dalam melihat objek atau benda yang ada di sekitarnya. Bahkan, penderita low vision tidak dapat mengenali huruf berukuran normal, mereka cenderung membaca ataupun menulis dengan huruf yang berukuran besar. Berikut ini gejala-gejala yang ditunjukkan apabila seseorang mengalami low vision:

  1. Membaca dan menulis dengan jarak yang sangat dekat.
  2. Menonton televisi jarak dekat.
  3. Kesulitan mengenali wajah.
  4. Kesulitan mengenali makanan di piring.
  5. Kesulitan membedakan warna.
  6. Sering tersandung bila berjalan.
  7. Kesulitan menaiki tangga.
  8. Kesulitan berjalan sendiri di tempat asing

Apabila anda sering mengalami hal tersebut di atas, maka kemungkinan besar anda mengalami low vision. Dengan mengetahui gejala low vision secara dini, anda dapat meminimalisir segala resiko yang dapat merugikan. Gejala low vision yang tidak ditangani dengan baik, dapat menimbulkan permasalahan lainnya. Penglihatan akan semakin buruk, sehingga anda tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri. Bahkan menurunnya fungsi penglihatan akibat low vision berakibat pada berkurangnya produktivitas seseorang.

Baca Juga: Mata Minus pada Anak Dapat Diatasi dengan Ortho Keratology

Resiko Low Vision Pada Anak

Tidak sedikit anak-anak yang mengalami masalah penglihatan, seperti buram, gelap dan terbatasnya penglihatan. Masalah penglihatan tersebut mengacu kepada low vision yang dapat menurunkan fungsi penglihatan secara bertahap. Anak-anak tidak bisa melihat dengan baik tulisan di papan tulis ataupun membaca buku dengan baik. bahkan, gejala yang dibiarkan dapat berakibat lebih buruk. Penglihatan anak menjadi terbatas, dia tidak bisa mengenali benda atau objek di sekitar bahkan wajah seseorang. Dampak buruk yang terjadi bisa saja memicu hilangnya fungsi penglihatan. Untuk itu, penting sekali peran orang tua dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan begitu, dapat diketahui sesegera mungkin apabila terjadi sesuatu yang menimbulkan masalah pada anak.

Namun anda tidak perlu khawatir, kondisi akibat low vision bisa membaik. Dengan metode khusus dan pelatihan maka penglihatan anak bisa semakin meningkat dan berfungsi dengan baik kembali. Dengan terapi serta pelatihan khusus yang dilakukan secara rutin, maka dapat memberikan hasil yang optimal. Melalui low vision treatment, anak akan berlatih dan menjalani terapi mata yang membantu memulihkan fungsi penglihatan.

Anda bingung mencari tempat yang cocok untuk melakukan low vision treatment? Jangan khawatir, karena Vio Optical Clinic hadir dengan pelayanan yang berkualitas. Kami memiliki staff professional dan peralatan medis canggih dan lengkap yang memberi anda pelayanan maksimal. Pemeriksaan secara menyeluruh guna menemukan solusi terbaik bagi kesehatan mata anda. Percayakan kesehatan mata anda dan keluarga bersama Vio Optical Clinic dengan menghubungi kami di halaman ini.