Klinik Mata BekasiPenyakit terhadap kornea mata bisa timbul bersama dengan bermacam gejala yang kemungkinan kerap disepelekan dan diabaikan. Hal ini kerap berakhir bersama dengan rusaknya kornea yang lebih berat dan bisa mengganggu manfaat penglihatan. Agar lebih waspada, yuk pahami apa saja gejala penyakit yang bisa timbul terhadap kornea mata.

Kornea mata adalah susunan bening terhadap sisi terluar yang memelihara mata berasal dari paparan bakteri, kotoran, dan partikel-partikel berbahaya lain. Selain itu, susunan ini terhitung berperan untuk menyaring sinar UV yang masuk ke di dalam mata. Letak kornea berada paling luar, supaya rentan terhadap banyak ragam gangguan.

Kenali Gejala dan Penyakit-Penyakit terhadap Kornea Mata – Alodokter

Berbagai Gejala Gangguan Kornea Mata
Gejala problem terhadap kornea mata biasanya berupa:

  • Kemerahan
  • Rasa sakit
  • Penglihatan kabur
  • Keluarnya air mata
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Bila tergolong ringan, problem terhadap kornea biasanya bisa hilang bersama dengan sendirinya. Namun, Anda senantiasa direkomendasi untuk memeriksakan diri ke dokter andaikata mempunyai gejala tersebut. Ada kemungkinan bahwa gejala-gejala tersebut merupakan sinyal berasal dari situasi lain yang lebih berbahaya.

Apa Saja Penyakit yang Dapat Menyerang Kornea Mata?
Berikut beberapa penyakit yang bisa menyerang kornea mata, meliputi:

Keratitis
Keratitis adalah peradangan terhadap kornea mata yang bisa disebabkan oleh reaksi alergi, infeksi dan cedera. Mata merah, berair, penglihatan buram, sampai sensitivitas berlebih terhadap sinar adalah gejala yang bisa ditimbulkan keratitis. Pengobatan untuk keratitis pun berbeda, bergantung berasal dari penyebab dan tingkat keparahannya.

Untuk keratitis noninfeksi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang berfungsi untuk meredakan gejalanya. Sementara untuk keratitis yang disebabkan oleh infeksi, dokter akan memberikan obat sesuai bersama dengan penyebabnya, layaknya obat antivirus, antijamur atau antibiotik.

Herpes simpleks terhadap mata
Herpes ini disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks I (HSV I). Virus ini bisa mengakibatkan peradangan terhadap kornea mata, supaya penglihatan jadi terganggu.

Baca Juga :

Pengguna Lensa Kontak Harus Tahu Risikonya

Untuk menghindar perkembangannya jadi situasi yang lebih berat, dokter kemungkinan akan meresepkan obat antivirus atau obat tetes mata yang berbentuk antiperadangan.

Herpes zoster terhadap mata
Penyakit ini berlangsung terhadap seseorang yang sudah pernah terkena cacar air. Meski sudah pulih berasal dari cacar air, virus herpes zoster akan senantiasa berdiam di di dalam saraf tulang belakang. Pada situasi tertentu, virus ini bisa aktif lagi dan menjalar sampai ke mata, supaya mengakibatkan luka dan peradangan terhadap kornea mata.

Walaupun luka akibat herpes zoster ini bisa hilang bersama dengan sendirinya, tapi obat antivirus dan tetes mata antiradang kemungkinan akan diresepkan dokter sebagai usaha untuk mengatasinya.

Selain ketiga penyakit di atas, ada pula penyakit degenerasi atau penurunan manfaat kornea, layaknya keratokonus yang ditandai bersama dengan penipisan dan perubahan bentuk kornea, serta distrofi kornea yang mengakibatkan perubahan susunan kornea, biasanya mengenai bersama dengan faktor penuaan. Penyakit-penyakit ini bisa mengakibatkan problem yang berkesinambungan terhadap kornea mata.

Mencegah Penyakit terhadap Kornea Mata
Kabar baiknya, penyakit terhadap kornea mata ini bisa dicegah bersama dengan beberapa cara sederhana, seperti:

  • Menelusuri riwayat problem kornea mata di dalam keluarga.
  • Melakukan vaksinasi untuk menghindar infeksi terhadap kornea mata.
  • Menjaga kebersihan mata dan lensa kontak.
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan kadar vitamin A dan asam lemak omega 3.
  • Mengenakan kacamata hitam untuk menghindar pengaruh tidak baik akibat paparan sinar matahari.
  • Mengenakan pelindung mata sementara lakukan aktivitas yang bisa membahayakan mata.
  • Menghindari tidur bersama dengan lensa kontak yang masih terpasang.

Perlu diingat, penyakit yang menyerang kornea mata tidak boleh diobati sembarangan. Apabila Anda mengalami persoalan terhadap kornea mata, segera periksakan diri ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat.