Klinik Mata Jakarta – Mata minus merupakan salah satu kelainan yang seringkali dialami oleh mata. Memiliki penyakit satu ini, berarti ada yang salah dengan penglihatan Anda. Tentunya dibutuhkan penanganan yang tepat agar penglihatan Anda bisa kembali normal. Entah itu dengan terapi, ataupun dengan hal lainnya. Tapi sangat direkomendasikan bagi Anda untuk berkonsultasi pada ahli optik terkait hal ini.

Hanya saja, sebagai awam Anda juga harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dari penyakit mata satu ini. Pasalnya jika Anda mengetahui penyebabnya, mungkin Anda bisa mengantisipasi terjadinya kelainan tersebut. Kalaupun Anda sudah terlanjur mengalami kelainan mata satu ini, Anda masih bisa memberitahukannya pada orang-orang terdekat Anda agar tidak mengalami hal serupa.

Dikuti dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa faktor penyebab kelainan mata minus. Ada yang memang karena kebiasaan, atau bahkan dipicu oleh faktor keturunan. Penasaran apa saja faktor penyebab dari mata minus ini? Langsung saja, simak paparannya dibawah ini.

Faktor Utama dari Mata Minus Adalah Keturunan Atau Genetik

Faktor utama yang menjadi penyebab mata minus adalah keturunan atau genetik pada keluarga Anda. Jika Anda memiliki riwayat minus pada orang tua, Anda berpotensi untuk mengalaminya pula. Malah potensi Anda untuk terkena minus ini jauh lebih besar lagi. Berdasarkan penelitian, mereka yang memiliki riwayat mata minus dari orang tuanya berpotensi 40 persen lebih besar dibandingkan mereka yang tidak.

Baca juga : Apakah Mengkonsumsi Wortel Bisa Mengurangi Mata Minus?

Karenanya mereka yang memiliki riwayat mata minus seperti ini harus lebih ekstra hati-hati dalam menjaga kondisi kesehatan mata mereka. Pastikan untuk tidak terlalu sering membaca di tempat yang redup dan terus mengkonsumsi makanan yang menunjang kesehatan mata Anda. Bila diperlukan, lakukan pemeriksaan pada dokter spesialis.

Kebiasaan Membaca Menjadi Faktor Pemicu Mata Minus Terbesar Kedua

Faktor lain yang memicu terjadinya mata minus adalah kebiasaan membaca. Akan tetapi hal ini bukanlah menjadi faktor penyebab yang paling utama. Biasanya mata minus akan menjangkiti mereka yang sering membaca pada kondisi yang redup. Cahaya sangat diperlukan bagi mata untuk fokus terhadap apa yang Anda baca. Jika cahaya redup, mata Anda akan bekerja dengan lebih keras.

Hal lain yang juga memicunya adalah jika Anda membaca dengan jarak yang terlalu dekat. Pastikan untuk menghindari hal ini. Jika Anda membaca dengan jarak yang terlalu dekat, mata akan sama sama bekerja dengan lebih keras. Daya akomodasi mata akan terkuras dan hal ini sangat beresiko serta bisa menyebabkan mata minus.

Faktor Ketiga Adalah Jarang Beraktivitas Luar Ruangan

Faktor lain yang memicu terjadinya mata minus adalah karena Anda terlalu sering berada di dalam ruangan dan jarang beraktifitas di luar. Percaya atau tidak, aktifitas di luar ruangan memberikan intensitas cahaya yang berbeda. Hal ini akan memberikan asupan cahaya yang cukup dan lebih baik bagi mata Anda.

Jika Anda terlalu sering beraktifitas di dalam ruangan tanpa mengimbanginya dengan aktifitas di luar ruangan, akan terlalu besar resiko mata Anda menjadi minus. Sebaiknya seimbangkan aktifitas Anda untuk menjaga kualitas penglihatan tetap baik.

Itulah sedikit penjelasan yang bisa kami jelaskan pada kesempatan kali ini. Bagi Anda yang masih memiliki mata normal, pastikan Anda senantiasa menjaga kesehatan mata di setiap hari. Pasalnya mengenakan kacamata minus dan lensa kontak bukanlah pilihan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi pada dokter ahli untuk menghindari resiko lain yang tidak diinginkan.