Low Vision – Menjaga penglihatan yang jelas merupakan hal penting bagi setiap orang. Hal tersebut di dasari oleh peran penting yang dimiliki mata sebagai indra penglihatan. Setiap segi kehidupan membutuhkan peran dari mata untuk melihat. Oleh sebab itu, kesehatan mata adalah hal yang penting untuk dijaga. Gangguan kesehatan mata akan mempengaruhi seseorang dalam melakukan aktifitas. Salah satu jenis gangguan kesehatan mata yang mungkin saja anda alami adalah low vision. Low vision merupakan keterbatasan pandangan yang dialami oleh seseorang. Selain itu, low vision juga merupakan satu di antara sekian banyak penyakit yang mengganggu penglihatan.

Apa Itu Low Vision?

Low vision adalah kondisi visual dimana seseorang mengalami pengurangan penglihatan yang signifikan. Salah satu bentuk gangguan penglihatan yang tidak dapat dibantu dengan menggunakan kacamata. Low vision tidak dapat membaik dengan menggunakan koreksi dengan kacamata, lensa kontak, dan bahkan perawatan atau pembedahan farmakologis. Seseorang yang mengalami low vision akan kesulitan dan memiliki ketidakmampuan untuk menghasilkan penglihatan yang bagus. Seorang dianggap memiliki low vision ketika memiliki ketajaman visual yang kurang dari 0,3 di mata terbaik, atau bidang visual yang kurang dari 20 derajat.

Terdapat banyak penyebab low vision, penyebab yang paling utama adalah Karen adanya penyakit mata. penykit tersebut dapat meliputi Degenerasi Makula, Glaukoma, Retinopati Diabetik, Retinitis Pigmentosa, Myopia Magn tumor dan infeksi. Tidak hanya itu, faktor penyebab lainnya yaitu kecelakaan, cedera neurologis, kelainan bawaan, penyakit menular, kekurangan vitamin A, trauma tumpul dan tajam, serta efek samping obat tertentu. Selain penyebab, anda juga perlu mengetahui gejala low vision agar dapat menanganinya dengan baik. Gejala yang di timbulkan oleh low vision diantaranya:

  • Kesulitan dalam membaca dengan lancar
  • Kesuitan untuk menggunakan komputer atau tablet
  • Kesulitan dalam menulis
  • Kesulitan untuk menonton televise
  • Kesulitan untuk mengenali wajah
  • Kesulitan dalam berkendara terutama di malam hari
  • Pada anak-anak akan mengalami kesulitan belajar membaca atau melihat materi yang disajikan di kelas.

Baca Juga: Solusi Kesehatan Mata Terbaik dengan Ortho Keratology

Pengobatan Low Vision

Perawatan untuk low vision tergantung pada penyakit mata yang mendasarinya dan tingkat keparahan kondisinya. Beberapa penyakit yang dapat memicunya adalah degenerasi makula basah, katarak, dan glukoma. Apabila hal tersebut yang menjadi penyebab maka Dokter dapat meresepkan obat injeksi untuk mengobati pasien dengan AMD basah. Obat-obatan yang disuntikkan ini tidak hanya dapat mencegah kehilangan penglihatan lebih lanjut, tetapi juga dapat meningkatkan penglihatan. Sedangkan untuk pasien dengan katarak dapat menjalani operasi untuk mengganti lensa keruh mereka dengan lensa intra-okuler. Obat tetes juga dapat menjadi terapi perawatan agar mata dapat melihat dengan jelas kembali.

Orang-orang dengan low vision dapat beraktifitas secara mandiri dengan bantuan alat bantu low vision. Beberapa alat bantu low vision bekerja dengan membantu seseorang untuk dapat melihat dengan jelas ataupun dengan bantuan navigasi untuk berjalan. Selain itu, melakukan pengaturan ulang lingkungan mereka di tempat kerja dan di rumah untuk membuat kehidupan sehari-hari lebih mudah. Mereka yang memiliki low vision dapat membawa pena setiap saat untuk membantu dalam membaca agar lebih mudah. Bagi penderita low vision juga dapat menggunakan alat bantu untuk mempermudah dalam kehidupan sehari-hari. Alat bantu tersebut meliputi magnifier, teleskop, ataupun portable digital magnifier.

Apabila anda membutuhkan low vision treatment, maka Vio Optical Clinic adalah pilihan yang tepat buat anda dan hubungi mereka di sini. Vio Optical memberikan pelayanan kesehatan yang professional dengan peralatan canggih yang lengkap. Vio Optical menyediakan berbagai perawatan kesehatan mata yang tepercaya.