Terapi Mata Minus – Mata sebagai jendela dunia haruslah dijaga. Gangguan penglihatan seperti mata minus, bisa berakibat pada penglihatan yang kurang jelas. Mata minus yang juga disebut dengan rabun jauh dan myopia telah menjadi gangguan penglihatan serta masalah visual yang paling umum terjadi. Tanda mata minus yang paling sering terjadi adalah kesulitan melihat objek yang jauh dengan jelas. Gejala mata minus bisa mulai terlihat dan muncul pada usia anak-anak. Sangat penting untuk segera melakukan perawatan agar kondisi mata minus tidak memburuk.

Kenali Apa itu Mata Minus?

Mata minus atau dikenal juga dengan rabun jauh merupakan salah satu kelainan  refraksi. dimana kondisi ini dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk melihat dengan jelas suatu objek dan benda yang letak yang berada jauh. Mata minus juga menjadi masalah kelainan refraksi dan gangguan penglihatan yang paling sering dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Dimana kondisi mata minus ditandai dengan masalah penglihatan yang buram atau tampak kabur saat melihat sebuah objek jarak jauh.

Kondisi mata minus bisa terjadi ketika bentuk bola mata yang terlalu memanjang atau kornea yang terlalu melengkung. Dimana kemudian kondisi tersebut menyebabkan fokus cahaya yang kurang tepat. sehingga cahaya yang masuk ke mata terfokus di depan retina dan tidak terfokus tepat pada retina mata. Masalah fokus tersebut yang selanjutnya mempengaruhi kemampuan seseorang melihat objek yang jauh. Umumnya, dibutuhkan alat bantu visual seperti kacamata atau lensa kontak. Alat bantu visual tersebut diperlukan untuk koreksi penglihatan dan membantu anda melihat dengan jelas.

Ketahui Apa Saja Ciri-Ciri Mata Minus?

Pada penglihatan normal, cahaya yang masuk ke mata akan terfokus tepat di retina. Dengan demikian anda bisa melihat dengan jelas. Namun, pada kondisi mata minus yang merupakan salah satu jenis kelainan refraksi, cahaya justru terfokus di depan retina mata. Sehingga, benda atau objek yang letaknya jauh akan tampak buram dan terlihat kabur. Penglihatan yang kabur dan buram saat melihat objek yang jauh adalah tanda mata minus yang paling umum terjadi pada kebanyakan orang. Selain itu, ciri-ciri mata minus lainnya seperti:

  • Harus menyipitkan mata atau menutup sebagian kelopak mata untuk bisa melihat suatu objek yang jauh dengan jelas.
  • Mata terasa perih dan lelah ketika harus memandang sesuatu terlalu lama.
  • Sakit kepala.
  • Kesulitan untuk melihat dengan baik saat mengendarai terutama di malam hari (rabun senja).

Baca Juga: Cegah Gangguan Amblyopia Memburuk dengan Vision Therapy

Begitu anda menemukan tanda mata minus, sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan. Dengan deteksi dini maka anda bisa melakukan perawatan mata minus dengan lebih optimal sehingga hasilnya juga lebih efektif.

Solusi Mata Minus dengan Orthokeratology

Sebuah solusi revolusioner untuk masalah mata minus saat ini telah tersedia, yaitu dengan orthokeratology. Dimana ini merupakan sepasang lensa kontak khusus yang digunakan untuk mengatasi masalah kelainan refraksi seperti mata minus. Lensa orthokeratology memiliki cara penggunaan yang berbeda dengan lensa kontak biasa pada umumnya. Lensa ini tidak hanya berfungsi untuk memperbaiki penglihatan, melainkan juga ditujukan untuk mengurangi minus pada mata. Ini dapat mengoreksi kelainan refraksi (pembiasan), khususnya mata minus dengan cara mengubah bentuk kornea mata.

Lensa orthokeratology dapat mengubah kelengkungan dan memodelkan kembali bentuk kornea mata. Dengan begitu dapat memperbaiki kelainan refraksi seperti mata minus. Sehingga, cahaya yang masuk ke dalam mata bisa terfokus dengan tepat pada retina mata. Dan menghasilkan penglihatan yang jelas meski pada objek yang letaknya jauh. Bahkan dengan orthokeratology anda dapat melihat secara jelas tanpa penggunaan alat bantu visual lagi. Anda bisa menjalani aktivitas dengan nyaman karena telah memiliki penglihatan yang baik dan ketajaman visual yang meningkat.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.