Terapi Mata Minus – Mata kita memiliki fungsi yang sangat penting sebagai indera penglihatan. Memelihara kesehatan mata penting untuk menjaga penglihatan tetap terjaga. Munculnya gangguan mata bisa menyebabkan terganggunya fungsi penglihatan seseorang. Mata minus atau rabun jauh merupakan salah satu permasalahan penglihatan yang paling umum terjadi. Dimana kondisi mata minus yang parah bisa menghambat aktivitas bahkan menurunkan kualitas hidup seseorang. Oleh karena itu, penting sekali melakukan pencegahan agar mata minus tidak bertambah parah.

Ketahui tentang Mata Minus

Mata Minus adalah salah satu jenis kelainan mata yang sering terjadi. Bahkan kasus mata minus semakin meningkat dan bertambah jumlah penderitanya. Mata minus ditandai dengan munculnya beberapa gejala seperti penglihatan buram atau tampak kabur pada saat melihat objek jarak jauh. Ketahui ciri – ciri mata minus yang harus diwaspadai, seperti:

  • Seringkali mendekatkan objek yang akan dilihat
  • Seringkali memicingkan mata untuk memaksanya agar fokus ke suatu objek dengan jarak tertentu
  • Mata menjadi lebih mudah lelah
  • Pandangan sering kabur
  • Pandangan terasa tidak nyaman terutama saat mengendarai kendaraan di malam hari
  • Sering mengalami sakit kepala karena mata yang sering berkontraksi
  • Menjadi lebih sering mengedipkan mata atau sering menggosok mata
  • Seringkali tidak sadar terhadap keberadaan benda yang jauh

Ketahui Faktor yang Dapat Mempengaruhi Mata Minus

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko mata minus. Penting untuk menghindari faktor risiko tersebut untuk mencegah risiko mata minus yang tinggi. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko mata minus seperti:

  • Terlalu lama menatap layar gadget dengan jarak yang terlalu dekat yang mengkaibatkan mata menjadi tegang dan lelah. Sehingga meningkatkan risiko mata minus apabila kebiasaan tersebut sering dilakukan.
  • Menatap layar gadget dengan pencahayaan kurang yaitu dengan lampu redup atau gelap. Hal tersebut bisa menyebabkan mata terpapar sinar biru dari gadget sehingga pupil akan melebar dan otot mata akan bekerja lebih ekstra untuk bisa fokus. Akibatknya risiko mata minus semakin tinggi.
  • Faktor genetik, dimana mata minus seringkali diturunkan dari keluarga. Jika salah satu ataupun kedua orang tua anda memiliki riwayat mata minus maka resiko untuk memiliki mata minus juga semakin tinggi.
  • Faktor lingkungan, seperti kebiasaan beraktivitas di dalam ruangan. Hal tersebut dapat mempengaruhi jarak pandang yang pendek secara terus menerus, sehingga meningkatkan resiko mata minus.

Baca Juga: Cegah Gangguan Mata untuk Memelihara Kesehatan Mata

Ketahui Cara Mengurangi dan Menurunkan Mata Minus

Penting sekali untuk segera melakukan tindakan pengobatan dan perawatan mata minus yang tepat. sehingga anda bisa mengurangi serta menghambat perkembangan mata minus agar kondisinya tidak semakin parah. Karena mata minus bisa bertamabah parah seiring waktu jika tidak memperoleh perawatan yang tepat. Salah satu cara menghambat perkembangan mata minus bisa dilakukan dengan menggunakan lensa korektif. Penggunaan lensa korektif dapat membantu anda melihat jelas tanpa harus memaksa mata untuk bekerja keras dalam memfokuskan cahaya.

Penggunaan lensa korektif seperti kacamata atau lensa kontak bertujuan agar mata minus tidak semakin parah. Lensa korektif tersebut bekerja dengan membantu mengarahkan fokus cahaya agar jatuh tepat di retina. Dengan begitu, penglihatan yang diperoleh dengan menggunakan lensa korektif menjadi lebih jelas. Selain lensa korektif, ada juga lensa kontak khusus orthokeratology sebagai pilihan tepat terapi mata minus. Lensa kontak khusus ini dapat menyerap gas dan membentuk kembali kelengkungan kornea untuk memberikan penglihatan yang lebih baik.

Orthokeratology atau disebut juga dengan ortho-k adalah salah satu perawatan paling efektif untuk mengurangi dan menurunkan mata minus. Ini adalah prosedur non-invasif dengan menggunakan lensa kontak khusus yang disesuaikan untuk menurunkan mata minus secara signifikan. Lensa ortho-k adalah pilihan efektif untuk memperbaiki kelainan refraksi, sehingga anda memiliki penglihatan yang lebih baik.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.