Vision Therapy – Presbiopia adalah kondisi dimana seseorang kehilangan kemampuan fokus yang normal pada mata yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Kebanyakan orang akan mulai memperhatikan efek dari Presbiopia beberapa saat setelah menginjak usia 40 tahun. Ketika seseorang mulai mengalami kesulitan untuk melihat cetakan huruf kecil dengan jelas seperti membaca buku, adalah tanda anda mulai mengalami Presbiopia. Anda bisa memiliki risiko terkena Presbiopia, bahkan jika Anda belum pernah mengalami masalah penglihatan sebelumnya. Kondisi ini akan menghampiri anda seiring bertambahnya usia, yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan mata sejak dini untuk meminimalisir risikonya.

Apa itu Presbiopia?

Presbiopia adalah kondisi ketika mata secara bertahap mulai kehilangan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan jelas dari dekat. Sebenarnya hal tersebut adalah keadaan yang normal dari proses penuaan. Seseorang mungkin akan mulai melihat buram akibat Presbiopia segera setelah memasuki usia 40 tahun. Mereka akan mulai menemukan bahwa diperlukan untuk memegang bahan bacaan lebih jauh untuk bisa melihatnya dengan jelas. Meskipun Presbiopia adalah perubahan normal di mata seiring bertambahnya usia, seringkali Presbiopia merupakan kondisi ketajaman yang menurun secara signifikan. Ini juga menjadi penyebab utama gangguan penglihatan yang mengurangi kualitas hidup dan produktivitas seseorang.

Gejala Presbiopia

Saat seseorang mengalami Presbiopia, mereka harus memegang smartphone dan objek lainnya jauh dari mata untuk melihatnya dengan lebih jelas. Ketika anda memindahkan sesuatu objek lebih jauh dari mata Anda, maka ukurannya akan menjadi lebih kecil. Jika Anda masih dapat melihat objek dekat dengan cukup baik, Presbiopia dapat menyebabkan sakit kepala, ketegangan mata, dan kelelahan visual. Yang mana bisa membuat membaca dan tugas-tugas penglihatan dekat lainnya menjadi kurang nyaman dan lebih melelahkan.

Presbiopia akan berkembang secara bertahap yang ditandai dengan gejala kecenderungan untuk menahan bahan bacaan lebih jauh untuk membuat huruf lebih jelas. Penglihatan yang kabur dan buram pada jarak membaca normal dan mata lelah atau sakit kepala setelah membaca atau melakukan pekerjaan yang dekat. Gejala-gejala tersebut mungkin lebih buruk jika Anda lelah atau berada di area dengan pencahayaan redup.

Baca Juga: Low Vision dan Kendala Besarnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Apa Penyebab Presbiopia?

Presbiopia adalah proses yang terkait dengan usia. Ini ditandai dengan adanya penebalan yang terjadi secara bertahap dan hilangnya tingkat fleksibilitas lensa alami di dalam mata. Perubahan usia akan membuat lensa menjadi lebih keras dan kurang elastis seiring dengan berjalannya waktu. Perubahan usia juga bisa memengaruhi kondisi serat otot yang mengelilingi lensa. Dengan tingkat elastisitas yang lebih rendah, mata anda akan sulit untuk bisa fokus pada objek yang dekat. Untuk bisa membentuk gambar, mata akan mengandalkan kornea dan lensa guna memfokuskan cahaya yang dipantulkan dari objek. Semakin dekat objeknya, maka akan semakin lentur lensa mata anda.

Lensa mata tidaklah sama seperti kornea, ini lebih fleksibel dan bisa berubah bentuk dengan bantuan otot yang melingkar yang mengelilinginya. Saat Anda melihat sesuatu dari kejauhan, otot melingkar mengendur. Saat Anda melihat sesuatu di dekatnya, ototnya menyempit, memungkinkan lensa yang relatif elastis melengkung dan mengubah daya fokusnya. Presbiopia disebabkan oleh pengerasan lensa mata Anda, yang terjadi seiring dengan penuaan.

Faktor Risiko Presbiopia

Faktor-faktor tertentu dapat membuat seseorang lebih mungkin untuk mengembangkan Presbiopia, termasuk:

  • Usia

Usia adalah faktor risiko terbesar untuk Presbiopia. Hampir semua orang mengalami Presbiopia setelah usia 40 tahun.

  • Kondisi medis lainnya

Menjadi rabun jauh atau memiliki penyakit tertentu seperti diabetes, multiple sclerosis atau penyakit kardiovaskular dapat meningkatkan risiko Presbiopia dini.

  • Narkoba

Obat-obatan jenis tertentu bisa dikaitkan dengan gejala Presbiopia termasuk antidepresan, antihistamin, dan diuretik.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.