Terapi Mata Minus – Mata minus merupakan sebuah kondisi ketika mata dapat secara jelas melihat obyek yang dekat namun akan buram saat melihat obyek jarak jauh. Istilah awam untuk menyebut mata minus adalah rabun jauh, sedangkan istilah medis yang sering digunakan adalah miopi atau miopia. Mata minus tidak terjadi secara mendadak karena perkembangan kondisi ini terjadi secara perlahan, meski ada pula yang berkembang sangat cepat. Mata minus umumnya dapat memburuk di usia anak-anak serta remaja. Jadi saat penglihatan mulai kabur saat melihat suatu obyek yang jauh, kemungkinan besar mata minuslah yang terjadi.

Penyebab Mata Minus

Ada dua bagian mata yang berfungsi memfokuskan gambar, yaitu kornea mata (permukaan bening depan mata) dan lensa (bagian mata yang berada di belakang pupil mata). Normalnya, kedua bagian mata tersebut kelengkungannya sangat halus. Dengan kelengkungan itu, bagian kornea dan lensa mata membiaskan cahaya yang masuk ke mata. Cahaya yang terbiaskan membuat gambar dengan tingkat ketajaman fokus yang tinggi langsung pada retina mata. Hanya saja, mata minus dapat terjadi bila seseorang memiliki kornea mata yang terlalu melengkung atau bola mata yang terlalu panjang.

Bila kondisi bola mata serta kornea mata demikian adanya, hal ini berpengaruh pada masuknya cahaya ke mata yang pada akhirnya tidak fokus. Penglihatan menjadi buram karena kesalahan bias. Ini adalah kondisi ketika suatu obyek tepat di depan retina bukan langsung fokus ke retina. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mampu meningkatkan potensi seseorang mengalami mata minus.

  1. Faktor Genetik 

Faktor keturunan berperan besar pada mata minus seseorang, khususnya jika salah satu ataupun kedua orangtua mengalami.

  1. Faktor Pekerjaan atau Aktivitas 

Orang-orang dengan aktivitas banyak menulis, membaca, serta sering bekerja di depan layar komputer meningkatkan risiko mata minus. Bahkan bermain games di smartphone serta menonton TV dapat menjadi faktor risiko juga.

  1. Faktor Lingkungan 

Orang-orang yang jarang menikmati waktu luangnya di luar ruangan dan lebih sering berada di dalam ruangan mampu meningkatkan risiko mata minus.

Baca Juga: Keajaiban dari Vision Therapy untuk Kondisi Mata Strabismus

Pilihan Koreksi Atau Perawatan Untuk Mata Minus

Semua sistem koreksi dan pengobatan mata minus, berusaha untuk dapat memfokuskan gambar pada retina. Hal ini dapat dilakukan menggunakan lensa divergen atau memodifikasi struktur mata untuk mencapai efek yang sama. Slain hal tersbut, terdapat beberapa alternative yang bisa digunakan untuk terapi mata minus yaitu:

1.    Penggunaan kacamata

Kacamata untuk mata minus tetap menjadi pilihan pertama sebagai koreksi dan yang paling banyak digunakan. Anda dapat memilih kacamata untuk mata minus sesuai dengan tingkat mata minus yang dialami. Harus dilakukan pmriksaan terleebih dahulu, apakah anda memiliki 1 atau 2 dioptri mata minus. Ataukah anda memiliki lebih dari 4 atau bahkan 10 dioptri.

Dalam tingkat yang rendah, anda dapat memilih bingkai tanpa khawatir tentang ukuran, desain atau jenis kacamata (tempel, logam atau udara terbuka). Akan tetapi pada tingkat yang tinggi anda perlu berpikir tentang bagaimana kacamata akan terlihat dengan lensa yang dipasang. Karena ketebalan lensa kacamata ditentukan oleh tingkat mata minus yang anda alami.

  1. Lensa kontak

Lensa kontak dibuat sesuai kelengkungan mata Anda, menyediakan luas dan jangkauan pandang yang lebih maksimal sehingga lebih sedikit menyebabkan gangguan dan distorsi penglihatan dari kacamata. Lensa kontak tidak akan mengganggu gerak-gerik Anda selama berolahraga atau bekerja. Lensa kontak tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca dan tidak berkabut saat cuaca dingin.

  1. Orthokeratology

Orthokeratology adalah prosedur yang dapat dilakukan untuk koreksi kelainan penglihatan dengan cara mengatur ulang bentuk kornea. Pengaturan ulang bentuk kornea ini dilakukan dengan pemakaian lensa kontak yang nantinya akan mempengaruhi kelengkungan kornea.

Apabila anda membutuhkan layanan kesehatan mata, Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik untuk anda. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh. Dengan dilengkapi peralatan medis canggih dan lengap serta staff professional. Hubungi kami di Vio Optical Clinic yang siap untuk memberikan pelayanan kesehatan mata secara optimal untuk anda.