Ortho K – Sejauh ini, ada banyak cara untuk memperbaiki masalah dan gangguan penglihatan yang dialami oleh seseorang. Berbagai gangguan penglihatan akibat kesalahan refraksi,mengakibatkan penglihatan seseorang menjadi buram. Seringkali kacamata dan lensa kontak digunakan untuk meningkatkan ketajaman visual untuk dapat melihat dengan jelas. Lensa yang digunakan memiliki jenis bahan berbeda, yaitu lensa kontak permeabel gas lunak dan kaku. Salah satu lensa yang populer dalam koreksi penglihatan adalah orthokeratology atau ortho-k. Lensa yang memiliki banyak kelebihan dimana dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan penglihatan.

Apa Itu Ortho-K?

Orthokeratologi adalah pembentukan ulang kornea menggunakan lensa kontak khusus (mirip dengan kawat gigi). Proses ini telah ada selama lebih dari 20 tahun dan sekarang menjadi semakin populer di kalangan masyarakat luas. Efek kekuatan hidrostatik yang dimiliki ortho-k memungkinkannya untuk memperbaiki miopia dan astigmatisme selama anda tidur. Berbeda dengan tindakan bedah atau operasi, jaringan kornea tidak berubah secara permanen namun anda dapat memiliki ketajaman visual yang baik. Lensa ortho-k hanya dipakai pada malam hari, dan hasilnya bisa anda rasakan pada besoknya dengan visual yang lebih jelas. Oleh karena itu, lensa ortho-k juga dikenal dengan istilah lensa malam.

Bagaimana Ortho-K Bekerja?

Lensa ortho-k yang dirancang khusus, secara Perlahan dan bertahap akan membentuk kornea sebagai tindakan dalam koreksi penglihatan. Dalam hal ini, seseorang yang mengalami miopia hingga sekitar -4,5 D dan 2,5 D dan astigmatisme dapat menikmati manfaat yang ditawarkan ortokeratologi. Bahkan lebih dari 75% seseorang dengan miopia yang menggunakan ortho-k untuk menghambat serta menghentikan perkembangan miopia. Lensa khusus ini juga ideal untuk anak-anak untuk mengendalikan miopia.

Baca Juga: Maksimalkan Ketajaman Visual Akibat Miopia dengan Terapi Mata Minus

Dengan lensa kontak khusus, yang hanya digunakan pada malam hari ketika anda tidur, bentuk kornea mata dapat berubah kembali normal. Kemampuan tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan penglihatan yang dialami seperti miopi. Lensa yang digunakan adalah lensa stabil yang dirancang khusus, yang biasanya diganti setiap tahun, dalam beberapa kasus penggantian diperlukan lebih sering. Perawatan Ortho-K adalah teknik non-bedah dan dilakukan oleh ahli optik berkualifikasi dengan keahlian khusus. Ada dukungan bahwa pengobatan Orto-K dapat digunakan untuk tujuan membatasi perkembangan miopia. Ini bisa menjadi alternatif untuk bedah gangguan penglihatan, bagi mereka yang ingin menghindari kacamata atau lensa kontak di siang hari atau ketika berlatih olahraga.

Apakah Manfaat Ortho-K ?

Jenis koreksi penglihatan ini memungkinkan untuk mempertahankan ketajaman di siang hari. Selama proses tidur, retina berubah, zona optisnya menjadi lebih sempit. Lensa ortho-k juga baik digunakan untuk anak-anak, pasien dengan bentuk miopia progresif. Metode ini juga sering dipilih oleh orang-orang dalam profesi tertentu: atlet, militer, pembangun dan lainnya. Karena lensa malam sangat tembus oksigen dan lebih besar dari lensa konvensional, kenyamanan pemakaiannya lebih tinggi secara spontan. Dengan lensa malam, tampilan yang baik dimungkinkan di siang hari dan di malam hari. Dengan memakainya dalam semalam, penglihatan lebih jelas dan anda juga dapat memperoleh manfaat seperti:

  • Tidak ada lagi batasan dalam profesi di mana kacamata adalah penghalang
  • Tidak ada lagi batasan saat bekerja di layar
  • Tidak ada lagi batasan dalam bidang olahraga, terutama kegiatan di dalam dan sekitar air
  • Tidak ada lagi batasan untuk orang dengan jam kerja shift
  • Tidak ada lagi pembatasan di udara yang sangat kering dan buruk

Untuk mendapatkan lensa ortho-k yang bagus, segera hubungi dan kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata menyeluruh yang didukung para staff professional. Vio Optical Clinic juga dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih dan lengkap.