Klinik Mata Bekasi – Memiliki mata yang sehat tentunya merupakan keinginan setiap orang. Setiap hari kita melakukan perawatan dan berbagai trik agar mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Akan tetapi, hal yang membuat mata sehat atau tidak sehat ternyata bukan itu saja. Ada faktor faktor lain yang membuat fungsinya tidak maksimal.

Seperti misalnya pada penderita diabetes, banyak penderita penyakit satu ini yang kemudian mengalami penurunan fungsi penglihatan. Ini bukan pendapat melainkan fakta. Disamping penyait diabetes, ada hal lain yang diyakini bisa memberikan dampak yang kurang baik terhadap kesehatan mata. Hal tersebut adalah kehamilan.

Di negeri ini banyak muncul pendapat kalau kehamilan ternyata bisa mengurangi fungsi penglihatan dan membuat mata kering. Benarkah hal ini? Adakah penjelasan secara medis mengenai hal tersebut? tentu saja hal ini  harus dianalisa dengan baik. Pasalnya setiap hal yang berbau medis tidak boleh dijelaskan dengan pendapat melainkan dengan penelitian akurat yang bisa dipertanggungjawabkan.

Mata Kering Biasanya Terjadi Pada Trimester Ketiga Kehamilan

Percaya atau tidak, mayoritas mata kering pada ibu hami ini biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Kadang hal ini juga disertai dengan gangguan pada kehamilan lainnya seperti nyeri punggung, mudah lelah, dan lain lain. Mata kering atau dry eye syndrome ini biasanya juga tidak bersifat permanen dan bisa hilang dengan sendirinya.

Baca juga : Kenali Faktor Penyebab Mata Minus

Namun hal ini beresiko memancing konjungtivis hingga lebih parahnya yakni pembengkakan kornea apabila dibiarkan saja. Ada beberapa gejala mata kering yang dirasakan oleh ibu hamil. Salah satunya adalah mata merah, gatal seperti ada pasir, dan kelopak mata yang jauh lebih lengket ketika bangun pagi. Bahkan ada juga yang matanya mudah berair. Sudah tentu hal ini sangat mengganggu penglihatan Anda.

Penyebab Mata Kering dan Gangguan Penglihatan Pada Ibu Hamil

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mata kering dan gangguan penglihatan pada ibu hamil. Hal tersebut adalah perubahan kapasitas hormon androgen. Pada saat wanita hamil, produktivitas hormon satu ini mengalami pengurangan yang sangat signifikan. Hal inilah yang memicu terjadinya mata kering ini. Biasanya kondisi ini akan terus berlanjut selama masa kehamilan.

Hal lain yang memicu terjadinya mata kering pada ibu hamil ini adalah penurunan produksi air mata. Kondisi ini juga dipicu oleh perubahan hormon. Pada saat hamil, biasanya produksi air mata oleh kelenjar air mata menjadi menurun. Hal inilah yang membuat mata wanita hamil menjadi lebih kering. Seringkali hal ini membuat mata wanita hamil lebih sensitif terhadap cahaya.

Pemicu terjadinya mata kering dan gangguan mata pada wanita hamil adalah perubahan kelenjar minyak pada ibu hamil. Perubahan produksi ini terbukti menghambat produksi lipid dan kelenjar minyak dalam tubuh. Dampaknya, tentu saja kelembaban menjadi berkurang. Ini sangat berpengaruh terhadap produksi air mata. Akibatnya mata akan terasa gatal pada saat Anda berkedip.

Hal lain yang memicu terjadinya mata kering pada ibu hamil adalah konsumsi obat-obatan. Beberapa jenis obat seperti misalnya obat mual bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya mata kering pada ibu hamil, salah satu contohnya adalah obat mual. Obat mual ini sangat berpengaruh terhadap produksi kelenjar air mata dan bisa sebabkan keringnya mata ibu hamil.

Mungkin itu saja sedikit penjelasan yang bisa kami paparkan mengenai pendapat tersebut di atas. Pastikan Anda senantiasa menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kualitas penglihatan Anda bisa tetap terjaga. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter ahli jika Anda merasa ada yang salah dalam penglihatan Anda.