Klinik Mata Jakarta – Pernahkah Anda mengenakan penutup mata dan berpura-pura tidak bisa melihat? Anda mungkin akan menabrak banyak hal dan bingung ke arah mana Anda pergi. Tetapi jika Anda harus melakukannya, Anda bisa menyesuaikan diri dan belajar untuk hidup tanpa penglihatan Anda. Banyak orang yang telah melakukan hal tersebut. Mereka telah menemukan cara untuk belajar, bermain, dan bekerja, meskipun mereka mengalami kesulitan melihat atau tidak dapat melihat sama sekali. Juga tidak lupa untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin, hingga bisa menemukan pengobatan pada Eyecare terbaik seperti VIO OPTICAL.

Bagaimana Penglihatan Kebutaan?

Mata dan otak Anda bekerja sama untuk melihat. Mata terdiri dari banyak bagian yang berbeda, termasuk kornea, iris, lensa, dan retina. Semua bagian ini berkesinambungan untuk memfokuskan cahaya dan gambar. Mata Anda kemudian menggunakan saraf khusus untuk mengirimkan apa yang Anda lihat ke otak Anda, sehingga otak Anda dapat memproses dan mengenali apa yang Anda lihat. Pada mata yang bekerja dengan baik, proses ini terjadi hampir seketika. Ketika proses ini tidak berjalan sebagaimana mestinya, seseorang dapat mengalami gangguan penglihatan, atau kebutaan. Masalahnya dapat mempengaruhi satu mata atau kedua mata.

Ketika Anda membayangkan menjadi buta, Anda mungkin membayangkan kegelapan total. Namun, sebagian besar orang yang mengalami kebutaan masih dapat melihat sedikit cahaya atau bayangan. Mereka hanya tidak dapat melihat dengan jelas. Orang yang masih dapat melihat, tetapi masih membutuhkan banyak bantuan, kadang-kadang disebut “buta secara hukum”.

Apa yang Menyebabkan Kebutaan?

Masalah penglihatan dapat terjadi sebelum bayi lahir. Terkadang, bagian mata tidak terbentuk sebagaimana mestinya. Mata seorang anak mungkin terlihat baik-baik saja, tetapi otak mengalami kesulitan dalam memproses informasi yang mereka kirimkan. Saraf optik mengirimkan gambar ke otak, jadi jika saraf tidak terbentuk dengan benar, otak bayi tidak akan menerima pesan yang dibutuhkan untuk melihat. Kebutaan dapat bersifat genetik (atau diturunkan), yang berarti masalah ini diturunkan kepada anak dari orang tua melalui gen.

Kebutaan juga dapat disebabkan oleh kecelakaan, jika ada sesuatu yang melukai mata. Itulah mengapa sangat penting untuk melindungi mata Anda ketika Anda bermain olahraga tertentu, seperti hoki. Beberapa penyakit, seperti diabetes, dapat merusak penglihatan seseorang dari waktu ke waktu. Penyakit mata lainnya, seperti katarak, dapat menyebabkan gangguan penglihatan atau kebutaan, tetapi biasanya menyerang orang lanjut usia.

Baca Juga: Apakah Lensa Ortho K Bisa Mengobati Mata Minus Secara Permanen?

Apa yang Dilakukan Spesialis?

Seorang anak yang memiliki masalah serius dengan penglihatannya mungkin akan menemui spesialis mata. Seorang spesialis yang berspesialisasi dalam masalah mata. Bahkan bayi pun dapat mengunjungi spesialis mata jika orang tua mereka merasa bahwa mereka mungkin mengalami kesulitan melihat. Penglihatan sebaik ini disebut penglihatan 20/20, meskipun beberapa orang dapat melihat lebih baik dari itu. Angka-angka tersebut berubah tergantung pada seberapa jelas seseorang dapat melihat. Semakin besar atau dekat sesuatu agar dapat dilihat, semakin buruk penglihatan seseorang.

Bayi dan anak kecil tidak akan dapat menggunakan bagan mata, tetapi spesialis dapat memeriksa penglihatan mereka dengan melakukan tes penglihatan khusus atau sesuatu yang sederhana seperti meletakkan mainan di depan anak untuk melihat apakah ia dapat fokus pada mainan tersebut. Spesialis mata pada klinik mata berkualitas seperti VIO OPTICAL juga akan memeriksa mata anak dengan menggunakan obat khusus dan pencahayaan yang memungkinkan anak untuk melihat ke dalam bola mata. Spesialis mata akan memeriksa setiap bagian mata untuk memeriksa adanya masalah, seperti katarak (kekeruhan pada lensa mata). Setelah spesialis mengetahui apa yang menyebabkan masalah penglihatan, ia dapat mulai merencanakan cara mengobatinya.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO OPTICAL adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.